Nokia telah berhasil merebut perhatian publik kala meluncurkan produk terkini mereka beberapa saat lalu, yaitu Nokia 6. Meski hanya dipasarkan secara terbatas di Tiongkok, setidaknya telah menandai come back mereka ke peta persaingan ponsel dunia. Sejak itu pula banyak penggemarnya yang menunggu apakah Nokia 6 akan segera diikuti dengan produk berikutnya? Rupanya tak perlu terlalu lama menunggu karena sepertinya HMD (perusahaan yang memproduksi ponsel Nokia) telah mempersiapkan sebuah ponsel Nokia baru, yaitu Nokia P1. Hembusan berita ini memang terlalu lemah untuk sebuah kepastian tapi terlalu kencang untuk disebut sebuah rumor. Jadi sepertinya memang layak ditunggu apakah benar Nokia P1 produk flagship Nokia berikutnya.

Kira-kira, seperti apa bentuk serta spesifikasi Nokia P6 ini?

Model Nokia P1 bisa dilihat melalui “bocoran” berupa video yang diunggah oleh Concept Creator.

 

 

Nampak depan, modelnya sepintas lalu mengingatkan pada Zenfone 3. Beda yang paling mencolok tentu saja pada bagian bawah karena Nokia meletakkan sensor sidik jari di sana. Belum diketahui apakah sensor sidik jari tersebut bisa menggantikan juga fungsi tombol Home atau tidak. Yang jelas, posisi sensor sidik jari di situ memang sedang trend saat ini.

Bezel logam Nokia P1 terlihat sangat cantik dan berkesan premium. Tombol power dan volume nampak tipis dan elegan. Mudah-mudahan bukan cuma cantik saja penampakannya, namun juga nyaman dioperasikan.

Melihat modelnya yang premium, bisa dipastikan Nokia P1 akan dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni. Meski masih perlu dikonfirmasi lebih lanjut, namun kemungkinan besar Nokia P1 akan dimotori oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 835, 2.3GHz Quadcore. Sudah bisa dibayangkan betapa kencang performanya.

Prosesor sekencang itu akan menjadi sedikit mubazir bila tidak dilengkapi dengan RAM yang memadai dan sepertinya HMD sadar betul akan hal itu, sehingga gosipnya Nokia P1 akan dilengkapi RAM 6 GB.

Seperti produk Nokia pendahulunya, termasuk saat “berubah wajah” menjadi Microsoft Lumia, kamera selalu menjadi salah satu feature yang diandalkan untuk menarik pembeli. Nokia P1 inipun demikian. Kamera belakangnya memiliki resolusi 24 mega pixel, sangat-sangat memadai untuk sebuah kamera ponsel.

Kamera yang keren tersebut diimbangi dengan layar beresolusi 2K, sehingga cocok digunakan baik saat mengintip objek yang akan difoto maupun untuk melihat hasil foto. Selain itu pastilah nyaman digunakan untuk nonton video.

Dengan spesifikasi yang “mengerikan” seperti di atas, berharap saja baterai 3500 mAh yang memperkuatnya tidak gampang tewas. Namun melihat track record prosesor Qualcomm belakangan ini, mereka berhasil memadukan performa garang dengan manajemen daya yang baik, sehingga baterai tetap irit.

Kira-kira seperti inilah spesifikasi lengkap Nokia P1.

Spesifikasi Nokia P1

Perkiraan harga Nokia P1 adalah 700-800 USD. Berminat? Semoga kelak masuk ke Indonesia ya.

Follow me on social media:

4 Comments

Jarwadi MJ · 07/02/2017 at 6:18 am

US$ 800 adalah harga yang amat mahal, heuheu
mengalahkan harga iphone 7

LhaGeek · 07/02/2017 at 6:54 am

Kalau rumor ini bakal jadi nyata, wah nokia bisa jadi raksasa yang kembali bangun dari tidurnya. Betul begitu kan om???

    Oom Yahya · 07/02/2017 at 6:58 am

    Betul, saya setuju. Asal berani memberi harga kompetitif, saya pikir gak akan lama pasti sudah masuk ke papan atas lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.