Setelah sekian lama, akhirnya saya sempat posting lagi. :)
Kali ini saya mengamati cara orang menyebutkan nomor handphone. Karena panjang (paling tidak 10 digit), orang akan memenggal penyebutan nomor handphone dan apabila ditulis, biasanya diberi spasi atau tanda hubung.
Nah, kebanyakan orang akan memenggal nomor handphone mereka seperti ini: 081 XXX XXX atau 085 XXX XXX. Sebenarnya tidak salah sih, memang tidak ada hukum yang mengatur hal tersebut, bukan?
Namun hal tersebut membuat saya risih (dan mungkin juga tidak cuma saya). Dengan cara pemenggalan seperti itu, agak sulit untuk “mengenali” operator yang digunakan. Bukankah lebih baik jika menyebutkan (atau menuliskan) empat digit pertama dari nomor tersebut baru kemudian dipenggal? Jadi nantinya pemenggalan tersebut akan menjadi seperti ini: 0811 XXX XXX, 0812 XXX XXX, 0813 XXX XXX, dan seterusnya. (Jumlah huruf x tidak mewakili jumlah angka sebenarnya, hanya sebagai penanda bahwa ada angka yang harus dituliskan di situ).
Sekarang, operator yang “melekat” pada ciri nomor handphone tersebut jadi lebih terlihat jelas, bukan? Selain itu, pemenggalan seperti itu terlihat lebih “intelek” dan “cerdas”.
Barangkali pemenggalan dengan cara pertama bisa dimaklumi kalau membuat nomor yang digunakan jadi terlihat cantik, misalnya saja 081 333 444 555.

Follow me on social media:

4 Comments

Xammy · 19/10/2006 at 4:49 am

Betul sekali pak Yahya.
Saya lebih suka mengingat nomor HP dengan format 08xx-xxx-xxxx.
08xx adalah nomor operator, dengan pilihan yang terbatas, akan lebih mudah diingat. xxx berikutnya adalah kode area operator, jadi ada kemungkinan sequence yg sama untuk 7 digit awal.

ugieyogyakarta · 17/11/2006 at 1:29 pm

Walah, saya malah baru tahu kalo mengingat nomor HP dengan cara memenggal 4 digit pertama kelihatan intelek. Padahal, saya memang sudah melakukan yang demikian sejak awal punya HP. Apa dulu emang intuisi saya sebagai seorang intelek muncul dengan sendirinya ya? He… he… he…. Guyon aja Pak. Salam kenal Pak Yahya.

Anonymous · 13/01/2007 at 1:22 pm

huahuahua … intelek !!?? kalo yg ini ; 08xx abcd abcd gimana ?
Gak perlu dipenggal di digit ke-3 juga udah cantik :D

kalo yg begini 08 5678 5678, juga 0 8888 168 168.
kepaksa donk dipenggal di digit ke 1 dan 2, yg punya nomer gak perlu intelek, cukup punya duit pasti bangga nyebutin angkanya.

tapi emang betul sih, kalo nomenya berantakan paling enak nyebutin 08xx yyy zzzz atau 08xx yyyy zzzz

yg paling parah 08xx yy abc abc, cantik sih, cuman makan tempat satu suku kata lagi :D

Mariyon J S · 10/07/2008 at 10:13 am

Aslmualaikm,
bang yahya, saya prnh bli buku karangn bang yahya. Yg brjdul “NGEBLOG dg wordpress itu gampang”.
Saya msh bingung dlm pmbuatan blog’y.
Bisakh bang yahya menjelaskn’y lbh d princi lg. Mungkin bsa dg brkomunikasi lwt email.
Trimakash
wslmualaikm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *