Memilih Teks untuk Quote Reply Email di Gmail

Satu hal yang rada nyebelin kalau kita berbalas-balasan email, apalagi lewat sebuah mailing list, adalah quote dari email sebelumnya yang panjangnya bisa lebih panjang daripada isi emailnya sendiri.

Salah satu sebabnya adalah karena kita tidak terbiasa memilih quote yang penting saja saat melakukan reply tapi langsung main reply saja sehingga seluruh email sebelumnya “terangkut” pada reply kita.

Nah, ada baiknya mulai sekarang kita membiasakan diri untuk memilih teks tertentu saja sebagai quote email sebelumnya yang akan dimasukkan pada reply. Kebetulan Gmail memiliki fitur untuk memudahkan proses ini. Caranya? (thinking)

Silakan buka Gmail lalu masuk ke Settings dengan mengklik ikon roda gigi yang ada di bagian kanan atas dan memilih item menu Settings. Berikutnya klik link Labs.

Kalau sudah, sekrol ke bawah dan cari “Quote Selected Text”. Aktifkan fitur ini dengan mengklik Enable. Klik tombol Save Changes untuk memastikan fitur ini aktif.

Sekarang, kalau terima email, lakukan seleksi dulu teks email yang akan dijadikan quote (teks email tersebut diblok, pake mouse juga bisa), setelah itu baru klik tombol Reply.

Teks yang diseleksi tadi akan dijadikan quote pada reply. Sedangkan teks-teks yang lain akan dibuang.

Semoga bermanfaat dan semoga kita makin terbiasa memilih quote tertentu saja sebagai email balasan. (scenic)

 

Follow me on social media:

Similar Posts

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.