Kalau ditanya, aplikasi apa yang paling populer digunakan untuk melakukan presentasi? Pasti sebagian besar bakal menjawab PowerPoint. Gak heran, PowerPoint ini sedemikian populernya, sepaket dengan Word dan Excel.

Lalu pasti sebagian besar juga sering melihat orang melakukan presentasi menggunakan remote control, jadi bisa berjalan-jalan selama melakukan presentasi, tidak terpaku harus dekat dengan notebooknya. Ada banyak peranti USB yang bisa dimanfaatkan sebagai remote control presentasi.

Namun jika ingin nampak lebih keren lagi, mengapa tidak menggunakan ponsel sebagai remote control presentasi? Bisa presentasi sambil sekaligus pamer ponsel, hehe (upss)

Sebagai sesama produk Microsoft, tentu paling gampang menggunakan Lumia sebagai remote control. Bagaimana caranya?

Pertama-tama, pastikan komputer atau notebook yang akan digunakan untuk melakukan presentasi memiliki koneksi Bluetooth. Kalau Lumia khan sudah pasti ada fasilitas Bluetoothnya. Jadi remote control ini nantinya akan beraksi melalui koneksi Bluetooth.

Nah, sekarang download aplikasi bernama Office Remote melalui Windows Store. Ini nih linknya. Agar aplikasi tersebut bisa berkomunikasi dengan Microsoft Office yang ada di PC/notebook, maka perlu ditambahkan sebuah add-in pada Microsoft Office yang bisa diperoleh di sini.

Sekarang, bila Microsoft Office dijalankan, akan muncul sebuah tab baru di Ribbon, yaitu Office Remote. Isi tab itu cuma satu tombol saja, yaitu tombol Office Remote. Tombol tersebut terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Jika bagian atas diklik, fitur Office Remote akan diaktifkan, sedangkan bila bagian bawah yang diklik, akan muncul menu berisi tiga buah item, yaitu Turn On (atau Turn Off, tergantung apakah saat itu fitur Office Remote sudah on atau belum), Install On My Windows Phone, dan Learn More. Tentunya mudah untuk memahami arti masing-masing item.

OK, kini aktifkan Bluetooth di Lumia bila belum aktif (bila perlu pastikan sudah pairing dengan komputer yang digunakan) dan jalankan aplikasi Office Remote. Mula-mula Office Remote akan mendeteksi ada berapa file Office yang terbuka dan mempersilakan penggunanya untuk memilih file mana yang akan dikendalikan dengan Office Remote.

Lumia Office Remote

Bila sebuah file PowerPoint dipiilh, maka otomatis tampilan slide show file tersebut akan ditampilkan dan presentasi siap dijalankan. Pada layar Lumia akan muncul dua tanda panah yang digunakan untuk menggerakkan langkah slide presentasi maju atau mundur.

Lumia Office Remote

Seperti biasa, opsi-opsi lebih lanjut tersedia dengan mengetuk tombol-tombol yang ada di bagian bawah layar. Yang menarik, ada tombol laser di sana. Jika tombol tersebut diketuk, layar Lumia akan menampilkan slide yang saat itu sedang tampil di layar monitor atau proyektor dan bila Anda mengetukkan jari ke layar Lumia, maka pada bagian yang diketuk akan muncul bulatan warna merah seolah-olah pointer laser diarahkan ke sana.

Aplikasi Office Remote ini juga bisa berlaku untuk dokumen Word atau spreadsheet Excel. Untuk dokumen Word, Anda bisa melakukan navigasi dokumen dan melakukan zoom. Sedangkan untuk Excel, Anda bisa melakukan navigasi spreadsheet, melakukan zoom, serta mengelola Slicer, PivotTable, dan Filter.

Follow me on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.