Konversi ke Format SVG

Dalam dunia gambar vektor, format file SVG (hush, bukan SPG lho ya (idiot) ) merupakan salah satu format yang disukai mengingat cukup banyak aplikasi yang mendukung penggunaan format ini. Dunia open source malahan termasuk yang paling getol mendukung format ini.

Masalahnya, seringkali saat kita sedang bekerja membuat gambar vektor, khususnya bila berkolaborasi dengan orang lain, file yang kita terima bukan dalam format SVG. Katakanlah kita mendapat tugas dari orang lain atau mengunduh gambar dari internet dan file yang akan digunakan hanya tersedia dalam format AI atau EPS.

Lalu bagaimana? Kalau Anda kaya raya, belilah perangkat lunak pengolah grafis macam Adobe atau Corel. File-file itu hampir pasti bisa dibuka di Adobe atau Corel. Tapi nampaknya solusi ini jelas bukan solusi populer. :mrgreen: Mbajak? Jangan ah! (kepruk)

Kalau duit jadi isu sensitif, gunakan InkScape yang free. Tapi masalahnya, file non-SVG seringkali tidak bisa dibuka di InkScape.

Trus gimana dong?

Tenang-tenang. Ada solusinya.

Salah satu solusi yang bisa ditawarkan adalah konversi file secara online. Untuk melakukan konversi dari file AI/PDF ke SVG, Anda bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh Texterity di sini. Anda tinggal mengupload file AI/PDF yang akan dikonversi, lalu hasilnya akan dikirimkan via email.

Situs lain yang menyediakan layanan serupa adalah Neevia Technology. Anda bisa melakukan konversi berbagai macam format file ke dalam format PDF, EPS, JPG, PNG, PostScript, BMP, dan lain-lain. Daftar format yang didukung ditampilkan di sini. Sayangnya situs ini tidak menyediakan konversi langsung ke SVG.

Kalau konversi secara online tidak Anda sukai, alternatif lain yang tersedia adalah menggunakan perangkat lunak Scribus. Dengan Scribus, Anda bisa mengimport beberapa macam format file (termasuk di antaranya EPS dan PSD) dan mengekspornya kembali ke dalam format SVG.

Silakan mencoba. (dance)

Follow me on social media:

Similar Posts

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.