Insurtech Permudah Masyarakat Membeli Asuransi, Ini Manfaat dan Contoh-contohnya

Perkembangan financial technology (fintech) yang berfokus pada industri keuangan membuat pengelolaan keuangan menjadi makin mudah, termasuk juga industri asuransi yang semakin dimudahkan dengan kehadiran insurtech (insurance technology). Lewat smartphone, saat ini para konsumen bisa mengakses segala kebutuhan asuransi mereka.

Sekadar informasi, insurtech merupakan sebuah kolaborasi antara produk asuransi dengan teknologi untuk membantu masyarakat mengakses perlindungan asuransi, baik itu asuransi kesehatan, asuransi jiwa atau asuransi mobil dengan lebih cepat, mudah dan terjangkau.

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan perubahan pola perilaku konsumen, insurtech – terutama sejak masa pandemi COVID-19 seperti saat ini – semakin mempermudah dan memperluas akses masyarakat terhadap asuransi. Hal ini berjalan seiring dengan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran asuransi dalam menjalani hidup.

Saat membahas insurtech, kamu setidaknya perlu memahami pengertian asuransi dan berbagai pilihan produknya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Misalnya tentang pilihan asuransi jiwa untuk mereka pencari nafkah utama atau kepala keluarga.

insurtech

Mengenal Lebih Dalam Insurtech

Insurtech atau singkatan dari insurance dan technology secara singkat merupakan asuransi yang menggunakan teknologi untuk meningkatkan proses operasi dan industri asuransi secara keseluruhan. Insurtech membuat masyarakat mempunyai akses lebih mudah dan cepat terhadap asuransi.

Beberapa masalah umum yang sering dialami perihal asuransi antara lain adalah sulitnya memperoleh asuransi, proses klaim yang rumit, serta premi yang sulit dijangkau oleh masyarakat. Insurtech diharapkan bisa mengatasi masalah-masalah tersebut. 

Manfaat Insurtech

Dengan kehadiran insurtech, konsumen akan semakin mudah untuk mengakses dan mengoperasikan berbagai aspek asuransi, mulai dari pendaftaran asuransi hingga proses klaim.

Di samping itu, konsumen juga bisa melihat, membandingkan, serta menganalisis penawaran yang ada. Dengan begitu, program yang akan diambil akan lebih tepat sasaran.

Dari segi keamanan, konsumen dan perusahaan penyedia asuransi juga tak perlu khawatir dengan insurtech, karena dengan perkembangan teknologi saat ini, perusahaan penyedia asuransi tentunya akan memaksimalkan keamanan saat transaksi, termasuk juga menjaga kerahasiaan para konsumen.

Contoh Penyelenggaraan Insurtech

Berikut beberapa contoh bentuk penyelenggaraan InsurTech :

1. InsurTech Aggregator/ Marketplace

Aggregator ini secara langsung menawarkan produk dan layanan asuransi kepada konsumen. Melalui Aggregator, calon Tertanggung dapat membandingkan harga, ketentuan, kebijakan dari berbagai produk dan layanan perusahaan asuransi.

Perusahaan InsurTech Aggregator tidak melakukan kegiatan underwrite, mengeluarkan kebijakan asuransi dan atau kontrak asuransi, namun hanya menyediakan platform untuk memfasilitasi transaksi (pasif).

Contoh aggregator antara lain: Lifepal.co.id, Cekaja.com, Rajapolis.com, Pasarpolis.com, Premikita.com, Bukalapak.com, Tokopedia.com, dan lainnya.

2. InsurTech Intermediaries – Brokers/Agents

Merupakan aggregator yang telah memiliki izin broker/agen asuransi yang harus memiliki perjanjian dengan perusahaan asuransi terkait wewenang dan tanggung jawab serta hak dan kewajibannya.

Intermediaries menjalankan bisnis (aktif) bertindak untuk para pihak dalam memberikan saran dalam memilih asuransi sesuai kebutuhan Tertanggung dan mengatur transaksi asuransi.

Contoh intermediaries adalah Futureready.com, Cekpremi.com dan www.premi.co.id.

3. The Full Stack InsurTech

Perusahaan yang memiliki izin penyelenggaran asuransi dan telah membangun platform digitalnya untuk memberikan pelayanan dan pengalaman unik kepada pelanggannya mulai dari promosi produk, penjualan, analisis risiko, pelayanan transaksi pembayaran langsung premi maupun klaim.

Contoh model Full Stack InsurTech antara lain website perusahaan asuransi yang dapat diakses oleh calon Tertanggung yang dapat memenuhi kebutuhannya dengan cara melakukan pembelian asuransi atau mengajukan klaim asuransi secara online.

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.