4 Langkah Mudah YouTuber Dapatkan Uang di Internet

4 Langkah Mudah YouTuber Dapatkan Uang di Internet

Saat ini sudah banyak sekali cara mudah mendapatkan uang dari internet. Salah satu yang sedang tren ialah menjadi seorang YouTuber, istilah untuk pengguna internet yang kerjaannya membuat video, kemudian diunggah di situs populer YouTube.

YouTube sendiri merupakan situs gratis untuk menonton dan berbagi video yang dikelola oleh Google. Siapa pun bisa membuat video secara bebas dan diunggah di YouTube, asal terkoneksi internet atau memiliki paket internet. Menariknya, kamu bisa mendapatkan uang dari video-video yang diunggah itu. Kok bisa?

Ini karena video-video yang kamu unggah akan disisipi iklan yang sumbernya dari Google Adsense atau klien yang ingin beriklan. Pengiklan akan datang padamu, ketika videomu banyak dicari, ditonton, dan diikuti. Jadi, kamu harus tahu trik membuat video yang banyak disukai, hingga cara menghasilkan uang sebagai YouTuber. Misalnya dengan mengikuti 5 langkah mudah di bawah ini:

4 Langkah Mudah YouTuber Dapatkan Uang di Internet
Sumber: scootleusa.com

 

1. Ketahui Jenis Video yang Bisa Menghasilkan Uang

Saat ini ada cukup banyak jenis video yang berpotensi menghasilkan uang. Ada yang berupa Video Original, yaitu video hasil ciptaan sendiri yang direkam dengan kamera khusus atau smartphone. Isinya bisa tentang tips, tutorial, rekaman cerita, film pendek, dan sebagainya. Misalnya kamu membuat tutorial membeli pulsa online yang mudah dan cepat.  Atau misalnya berisi tips yang bermanfaat, misalnya tips anti overcharge (charge berlebihan) pada baterai ponsel.

Bentuk lainnya adalah Video Slide, merupakan video yang berasal dari kumpulan foto atau potongan video yang diedit dari beberapa sumber. Contohnya seperti slide foto, review film, musik, dan lain-lain.

Sangat dianjurkan kamu mengunggah video karya sendiri yang unik, kreatif, dan menarik. Kategorinya bisa tentang olahraga, hobi, kecantikan, peristiwa, musik, dan lain-lain. Syaratnya hanya tidak menyalahi kebijakan dari YouTube dan Google Adsense. Selain itu, disarankan video yang diunggah berdurasi minimal 3 menit, karena lebih lama itu lebih baik.

Baca Juga
Mantle dan FreeSync dari AMD Mengubah Segalanya

 

2. Buat Akun YouTube dan Mulai Mengunggah Video

Langkah kedua buatlah akun YouTube dengan email Google milikmu. Jika tidak punya email di Gmail, sebaiknya dibuat terlebih dahulu. Setelah terdaftar di YouTube, kamu perlu mengatur tampilan akun seperti membuat nama Channel, menambahkan gambar untuk icon, cover, dan pengaturan lainnya. Ini untuk membuat akun kamu tampil unik dan lebih menarik.

Jika akun sudah siap, unggah video milikmu sebanyak-banyaknya. Penghasilan besar dari YouTube tergantung jumlah penonton videomu. Sedangkan banyaknya penonton dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas videomu. Semakin banyak video berkualitas yang diposting, maka semakin besar peluang mendapatkan banyak uang.

Wajib diperhatikan, video yang kamu unggah tidak melanggar hak cipta. Jika terdeteksi melanggar, maka usahamu akan sia-sia. Kamu tidak akan diizinkan menampilkan iklan Google Adsense. Proses unggah video juga akan memakan waktu dan kuota, jadi pastikan jaringan internet lancar, serta pulsa tersedia.

 

3. Mendaftar ke Google Adsense

Sebenarnya ada sejumlah cara mendapatkan uang dari video YouTube yang diunggah. Salah satu yang populer ialah menggunakan Google Adsense. Ketika Channel videomu banyak di view, biasanya akan ada undangan langsung dari Google Adsense. Jika tidak mendapatkan undangan, kamu bisa mendaftar secara mandiri.

Tata cara menghubungkan YouTube dan Google Adsense bisa dicari di internet. Sebelum mendaftar, sebaiknya kamu memastikan telah memiliki sejumlah video dengan banyak view. Cukup sulit mendapatkan uang sesuai harapan, ketika jumlah video dan view masih sedikit.

 

4. Tingkatkan Popularitas Channel YouTube Milikmu

Terus tambah video berkualitas dan tingkatkan view di Channel YouTube kamu dengan berbagai cara. Kamu perlu selalu terkoneksi internet, untuk memantau perkembangan view dan respon penonton. Jika kuota habis gunakan Traveloka pulsa untuk mengisi saldo dengan cepat, mudah, dan murah. Kamu juga bisa meniru cara YouTuber sukses yang mendapatkan penghasilan besar di bawah ini:

  • Rajin mengunggah video berkualitas yang bermanfaat, unik, dan menarik.
  • Fokus mengunggah video dengan tema tertentu dan sesuai minatmu. Contohnya kamu hobi bermain gitar, fokuslah mengunggah video yang berhubungan dengan gitar. Ini akan membuat Channel YouTube kamu mudah dikenali.
  • Promosikan video dan Channel YouTube kamu. Di akhir video jangan lupa ajak penonton menjadi subscriber Channel YouTube kamu, untuk meningkatkan view. Kamu juga bisa promosi ke Facebook dan social media lainnya.
Baca Juga
Obatapa, Sebuah Aplikasi Informasi Obat

Operator tertentu, misalnya Simpati, menyediakan paket khusus social media atau streaming video. Barangkali bisa dipertimbangkan penggunaan operator yang menyediakan paket khusus tersebut agar tak menguras banyak kuota.

 

5. Pentingnya Topik dan Keyword

Selain tema yang unik, kreatif, dan menarik, kamu perlu memikirkan topik-topik yang sifatnya abadi. Sangat dianjurkan mengunggah video yang sifatnya abadi, seperti tutorial membeli pulsa di Traveloka, cover lagu kesukaan, dan sebagainya. Topik abadi akan membuat videomu selalu dicari.

Lalu, jangan lupa memakai keyword yang banyak dicari untuk judul unggahan video. Teknik membuat judul menarik dengan keyword ini sangat beragam dan temukan trik terbaiknya lewat search engine.

Butuh kreativitas, strategi, dan waktu untuk sukses mendapatkan banyak uang sebagai YouTuber. Prosesnya ini tergolong mudah tapi tidak instant. Untuk itu lakukan dengan ketekunan dan kesabaran, hingga memperoleh hasil sesuai harapan.

Follow me on social media:

3 Replies to “4 Langkah Mudah YouTuber Dapatkan Uang di Internet”

    1. Ya memang harus sabar, tidak hanya YouTube sih, semua yang sifatnya usaha ya harus sabar :D
      Semoga sukses ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *