10 Tahun Menulis

Bulan September 2000, tercatat sejarah baru di dunia buku komputer Indonesia. Buku perdana karya seorang penulis newbie hadir menyemarakkan dunia IT Indonesia. Buku itu adalah STJ (Singkat Tepat Jelas) VBScript. Karya siapa lagi kalau bukan karya saya sendiri. :mrgreen:

Bulan September ini berarti sudah 10 tahun berlalu sejak buku saya pertama itu terbit. Dan selama itu banyak suka-duka yang saya jalani. Inilah beberapa catatan perjalanan 10 tahun pengalaman saya di dunia tulis-menulis.

Buku pertama saya yang terbit adalah naskah ketiga yang saya kirimkan ke penerbit. Naskah pertama dan kedua saya kirimkan kepada dua penerbit berbeda, sama-sama ditolak, tetapi respon yang diberikan berbeda. Penerbit pertama menolak tetapi memberikan kritik dan saran yang membangun. Penerbit kedua menolak begitu saja tanpa alasan jelas.

Naskah pertama saya rombak total sesuai dengan kritik dan saran dari penerbit pertama dan saya kirimkan kembali ke penerbit tersebut. Dan naskah itulah yang melahirkan buku pertama saya. Anda juga tahu, penerbitnya adalah Elex Media Komputindo. Sejak saat itu seluruh buku saya diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.

Aktivitas saya menulis buku akhirnya membawa saya untuk juga menulis di tabloid dan majalah IT. Sekarang saya menjadi kontributor tetap untuk Tabloid PCplus dan Majalah INFO Komputer.

Menjadi ngetop akibat menulis buku juga merupakan konsekuensi logis. (ninja) Saya banyak mengisi workshop dan seminar bertema IT. Dan workshop serta seminar itu lingkupnya tidak cuma di Jogja, tetapi keliling pulau Jawa bahkan sampai ke luar Pulau Jawa. Pengalaman jalan-jalan saya yang terjauh adalah ke Manado.

Karena nun-jauh ke Manado, otomatis alat transportasi yang dipakai adalah pesawat terbang. Dan boleh dibilang itu adalah pengalaman pertama terbang setelah dewasa, mengingat sebelumnya pernah terbang tapi masih balita.

Mencicipi siaran di Radio-pun pernah saya cicipi. Yang belum pernah itu masup tipi. (hassle)

Dari royalti yang dihasilkan, cukup banyak berkat yang saya peroleh. Mulai dari memperluas rumah (naik ke atas, lantai 2)  (haha) hingga meremajakan mobil, kendati bukan mobil baru.

Kini sepuluh tahun sudah kiprah saya di dunia penulisan buku komputer. Dan sepertinya saya sudah bertekad untuk segera meninggalkan dunia yang sudah membesarkan nama saya itu *halah nggaya* (idiot) Ya, mungkin memang tidak total, setidaknya buku-buku Microsoft Office masih menjanjikan royalti yang cukup :p

Tetapi saya harus realistis, persaingan kini makin ketat. Makin banyak penulis dan penerbit baru lahir. Repotnya, saya juga harus melawan “makelar naskah” yang dalam satu kurun waktu tertentu bisa langsung menerbitkan banyak judul sekaligus.

Jujur saja, memang saya ingin berbagi ilmu melalui buku yang saya tulis. Tetapi tentu tidak salah bukan kalau saya berharap mendapatkan imbal balik berupa royalti. Saya harus menghidupi keluarga saya dengan uang bukan? Tidak cukup dengan idealisme saja.

Jadi, setelah 10 tahun keju itu saya nikmati terus, lama-lama habis juga. Saatnya keluar, masuk lagi ke labirin, dan mencari keju yang lain. Memang sulit karena zona nyaman itu sudah demikian mencengkeram. Tapi saya harus bisa. Mohon doa restu dan dukungan teman-teman ya.

Follow me on social media:

Similar Posts

15 Comments

  1. duh senengnya bisa ketemu blog penulis buku yang pernah saya plototin yag alhamdulillah sekarnag masih belum ngerti bener tapi tetap semangant belajar…bukunya “Kiat Praktis Menguasai ActionScript 2.0 Flash MX 2004”

  2. pak yahya, kalau tips dan trik agar diterima penerbit ada atau tidak?
    mbok itu dibukukan hehehe
    sekadar usul 😀

  3. dan karna kamu jg om saya sempat nulis 3 judul buku dalam waktu setahun, thank’s ya sir

    tapi cukup sampai disitu, saya tidak lanjutkan lagi. (headspin)

    Akibat dari rasa tidak puas dengan finasial/bayaran jika ide, temuan, trik, kita tulis jd sebuah buku, jika kita coba banding dengan menjadikannya sebuah e-book dan dijual online , dengan catatan thema yg bermutu. (coffee)

    Dengan konsekuensi waktu melek lebih banyak, kalau kayak om yahya yg katanya benatr lagi meninggalkan dunia mending jangan ditiru

  4. harsu ya sih sepuluh tahun melunis harus ya sih kasih pengharggan kali ya sih yayaya lah kasih uang kali sih yayaya lahs ih minimal sikitra 35 juta kali ya sih yayayaya lah sih yayaya

  5. Wah ternyata Bapak punya blog ya.
    STJ: VBScript, ini buku pengantar saya ke dunia pemrograman. Amat sangat berkesan dengan penyajian yang sederhana namun mengena. Jujur, sampai saat ini saya masih belum mendapati buku pengantar pemrograman sebaik buku Bapak tersebut. Meskipun saat ini saya berpindah ke bahasa lain, namun prinsip-prinsip logika pemrograman saya dapatkan dari buku Bapak.
    Saya berharap agar buku Bapak dapat dicetak ulang, atau apabila Bapak berkenan, dapat disebarluaskan dalam bentuk softcopy dengan lisensi bebas. Terima kasih.

    1. Terima kasih. Saya bersyukur jika buku saya bermanfaat.
      Soal cetak ulang atau softcopy, saya harus berkoordinasi dulu dengan penerbit

Leave a Reply

Your email address will not be published.