Ada cukup banyak keuntungan menarik yang akan Anda dapatkan ketika traveling atau bepergian menggunakan kereta api. Mulai dari fasilitasnya yang nyaman, dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan tidak mainstream, harganya murah, dapat dipesan kapan saja, serta berbagai keuntungan lainnya. Jadi tidak heran jika banyak orang memilih melakukan traveling Indonesia dengan kereta api. Berikut adalah beberapa tips untuk kamu yang ingin melakukan kegiatan tersebut secara nyaman dan aman.

Photo by charlotte on Unsplash

Tentukan Destinasi Wisata Yang Akan Dipilih 

Sebelum kegiatan traveling dimulai, ada baiknya jika kamu memeriksa berbagai destinasi wisata menarik yang akan dikunjungi. Pastikan berbagai destinasi wisata tersebut mudah diakses menggunakan kereta api.

Misalnya saja kamu saat ini tinggal di Jakarta, mungkin kamu bakal tertarik mengunjungi beberapa destinasi wisata keren seperti Bandung, Malang, Yogyakarta, dan beberapa kota menarik lainnya di Indonesia.  Dengan adanya daftar seperti ini, kamu akan mudah membuat list itinerary atau jadwal keberangkatan dan rute kereta yang telah dipilih. Dalam hal ini, kamu juga perlu menganggarkan jarak, waktu, dan juga biaya yang akan dikeluarkan. 

Pesan Tiket Sejak Jauh-jauh Hari 

Setelah kamu memutuskan dan mengetahui destinasi wisata yang akan dikunjungi, serta menentukan juga kereta yang akan digunakan, maka hal berikut yang sebaiknya dilakukan adalah memesan tiket kereta sejak jauh-jauh hari.

Seperti kita ketahui bersama, jadwal kereta yang ada saat ini dapat dipesan sejak 30 hari sebelum keberangkatan (ada perubahan sejak September 2019 karena tadinya bisa dipesan 90 hari sebelum keberangkatan). Dengan demikian, kamu dapat menyusun rencana, sekaligus memesan tiket, guna mengurangi resiko kehabisan tiket. Selain itu, keunggulan memesan tiket kereta sejak jauh hari adalah lebih leluasa dalam memilih kelas, dan juga kursi kereta.  

Pesan Melalui Penyedia Tiket Online Terpercaya   

Langkah yang paling penting dalam memperoleh tiket kereta api yang tepat adalah dengan membeli atau memesan tiket di tempat yang juga tepat.

Saat ini ada cukup banyak jasa travel online atau jasa pembelian tiket online, kamu tinggal memilih salah satu yang paling kamu percaya, dan pastinya sudah bekerja sama dengan pihak KAI.

Dengan memilih penyedia jasa yang tepat, akan membuat kamu mudah memperoleh berbagai macam informasi tentang perkeretaapian, mulai dari kelas kereta, nama kereta, jam keberangkatan, harga tiket kereta, dan berbagai informasi lainnya. Artinya kamu bakal mudah memilih salah satu jenis kereta, atau bahkan memesan beberapa tiket kereta api seperti yang telah disusun di awal.     

Pilih Jenis Kereta dan Tempat Duduk

Memesan tiket sejak jauh-jauh hari memang terbilang sangat menguntungkan, mengingat persaingan para pembeli tiket yang tidak terlalu banyak.

Hasilnya, berbagai macam jenis kereta, kelas kereta, harga kereta, tempat duduk dan yang lainnya, dapat kamu pilih dengan lebih leluasa. Tentunya berbagai macam informasi tersebut dapat kamu sesuaikan dengan budget yang telah dianggarkan sebelumnya. 

Sedikit tips tambahan untuk kamu yang ingin melakukan traveling Indonesia menggunakan kereta, jika rute bepergian hanya pendek saja, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan kereta api kelas ekonomi.

Sedangkan untuk perjalanan yang relatif panjang, sebaiknya gunakan kelas eksekutif, agar perjalanan terasa semakin nyaman. Pemilihan letak kursi dapat disesuaikan dengan selera dan kenyamanan kamu.

Jika kamu ingin menikmati pemandangan yang indah sepanjang perjalanan, sebaiknya pilih tempat duduk yang dekat dengan jendela. Sebaliknya, jika kamu ingin lebih leluasa saat di dalam gerbong kereta, sebaiknya pilih tempat duduk yang dekat dengan lorong gerbong. 

Memilih Metoda Pembayaran yang Mudah

Salah satu keuntungan membeli tiket melalui penyedia jasa tiket online adalah kemudahan dalam sistem pembayaran, bahkan menyediakan berbagai alternatif metoda pembayaran.

Penyedia jasa tiket online umumnya mempunyai sistem pembayaran yang beragam dan juga mudah untuk digunakan, mulai dari transfer ATM, transfer antar bank, kartu kredit, atau membayar di salah satu minimarket, bahkan hingga menggunakan aplikasi keuangan tertentu.

Sebaiknya, pilihlah salah satu sistem pembayaran yang dapat dilakukan segera, agar tiket kereta incaran aman di tangan, tidak keburu diambil orang lain. 

Manfaatkan Fitur-fitur Unggulan

Layanan penyedia tiket transportasi online sering memberikan berbagai macam promo. Kamu dapat memanfaatkan promo yang tepat melalui fitur unggulan aplikasinya.

Umumnya promo ini akan langsung dikirimkan ke pengguna, bisa melalui email, SMS, atau notifikasi yang muncul pada aplikasi, sehingga para pengguna akan memperoleh informasi tentang promo secara cepat, dan dapat menggunakan promo tersebut secara cepat. 

Pesan tiket kereta api sebelum traveling menggunakan jasa tiket online seperti ini dinilai sangat mudah, praktis, efisien dan juga murah, mengingat biaya yang harus dibayar sudah mencakup berbagai macam hal, sehingga kamu tidak perlu membayar biaya tambahan lainnya. 

Follow me on social media:
Tips Traveling Indonesia Dengan Kereta Api
Tagged on:     

3 thoughts on “Tips Traveling Indonesia Dengan Kereta Api

  • 16/11/2019 at 6:07 am
    Permalink

    Sekarang pesen tiket KAI H-30 pak

    Reply
    • 16/11/2019 at 11:06 am
      Permalink

      Oh iya, terima kasih banyak untuk koreksinya. Sudah saya ralat

      Reply
    • 16/11/2019 at 1:46 pm
      Permalink

      Mantap oom info nya

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.