Tips Membuka Coffee Shop dengan 6 Panduan Ini

Usaha kedai kopi atau coffee shop saat ini menjadi bisnis kuliner yang diminati banyak orang. Ini karena usaha coffee shop ini menjadi bisnis yang menjanjikan.

Perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu alasan dibalik menjanjikannya usaha coffe saat ini. Kini, kopi tidak lagi identik dengan minuman orang tua atau kalangan pecinta kopi saja. Tetapi berbagai kalangan mulai anak-anak muda hingga orang dewasa juga menyukai kopi.

Apalagi dengan hadirnya inovasi berbagai varian minuman kopi atau biasa dikenal dengan kopi kekinian, makin membuat kopi menjadi minuman favorit saat ini.

Tak hanya dari minuman, cara orang menikmati kopi pun kini telah berubah. Jika biasanya orang-orang membuat kopi di rumah, dan menikmatinya juga di rumah, maka saat ini banyak orang lebih memilih membeli minuman kopi di coffee shop. Bahkan, juga menikmati minum kopi di coffee shop sambil bersantai atau ngobrol dengan teman, rekan kerja maupun klien bisnis.

tips membuka coffee shop
Foto oleh Nafinia Putra dari Unsplash

Apalagi sebelum adanya pandemi Covid-19, minum kopi di coffee shop ini tidak lagi sebagai tren, tetapi seperti sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan atau kaum urban. Coffee shop tidak hanya menjadi tempat minum kopi, tetapi tempat hang out, bersantai atau bekerja dan mencari inspirasi, yang tentunya sambil menikmati sajian kopi. Hal ini yang kemudian membuat usaha coffee shop menjamur di mana-mana.

Munculnya pandemi Covid-19 berdampak terhadap usaha coffee shop ini karena adanya pembatasan mobilitas orang-orang termasuk minum di tempat di coffee shop. Hal ini pun membuat usaha coffee shop juga harus melakukan penyesuaian.

Namun, seiring kasus Covid-19 yang mulai turun dan terkendali, peluang usaha coffee shop ini kembali terbuka lebar.

Apalagi saat ini, banyak orang yang bekerja tidak dari kantor, sehingga pilihan bekerja sambil minum kopi di coffee shop masih sangat diminati. Karena besarnya peluang tersebut, membuat usaha coffee shop ini bisa kamu pilih menjadi rintisan bisnis kamu.

Beberapa Keunggulan Usaha Coffee Shop

1. Pangsa pasar luas

Tren minum kopi yang terus meningkat, membuat pangsa pasar usaha coffee shop ini tidak hanya dari para penyuka kopi saja, tetapi juga berbagai kalangan mulai anak muda hingga orang dewasa, menengah ke bawah maupun menengah ke atas.

Karena itu, peluang kamu mendapat keuntungan besar dari usaha coffee shop ini terbuka lebar, jika kamu mengetahui tips membuka coffee shop dengan benar.

2. Bahan baku dan produksi mudah

Bahan baku yang kamu butuhkan untuk membuka usaha coffee shop ini cukup mudah yakni kopi yang banyak tersedia di pasar. Selain itu, proses produksi minuman kopi juga sederhana karena tidak melalui berbagai proses produksi yang rumit.

3. Keuntungan menjanjikan

Keunggulan membuka usaha coffee shop, salah satunya peluang mendapatkan pendapatan dan keuntungan yang menjanjikan. Dengan modal yang tidak terlalu besar, kamu bisa memperoleh keuntungan cukup besar dari usaha coffee shop ini. Namun, yang perlu diingat, kualitas dan harga kopi yang kamu jual harus kamu perhatikan agar konsumen melirik usaha coffee shop kamu.

4. Bukan usaha tren musiman

Salah satu kekhawatiran bisnis adalah jika usahanya bagian dari tren musiman. Namun, tidak halnya dengan usaha coffee shop. Minum kopi baik melalui pesan antar atau minum di tempat kini sudah menjadi tren, bahkan gaya hidup masyarakat.

Tips Sukses Membuka Usaha Coffee Shop

Ada beberapa tips membuka coffee shop yang perlu kamu ketahui agar usaha coffee shop kamu berhasil.

tips membuka coffee shop
Foto oleh The Creative Exchange dari Unsplash

1. Konsep dan perencanaan

Saat hendak membuka usaha coffee shop, kamu perlu melakukan perencanaan dan menerapkan konsep yang matang. Apalagi di tengah menjamurnya usaha coffee shop saat ini, membuat kamu perlu mempersiapkan konsep dan perencanaan matang agar coffee shop milikmu bisa menarik pelanggan.

Dalam melakukan perencanaan, kamu bisa mulai dengan melakukan riset terlebih dahulu ke target pasar coffee shop kamu, apa yang mereka butuhkan, lokasi coffee shop dan konsep coffee shop yang ingin kamu tawarkan.  Kamu juga bisa riset ke coffee shop pesaing yang sudah ada untuk menentukan harga kopi yang ideal dan membuat coffeee shop kamu berbeda.

2. Penyiapan modal

Tips membuka coffee shop selanjutnya yang perlu kamu perhatikan, setelah perencanaan adalah penyiapan modal yang cukup. Modal ini penting untuk memastikan usaha coffee shop kamu bisa berjalan maksimal.

Kamu membutuhkan modal setidaknya untuk biaya sewa tempat, beli peralatan, membayar pegawai dan menutupi biaya operasional sampai usaha coffee shop kamu memberikan keuntungan.

3. Mencari pemasok kopi

Kualitas minuman kopi yang kamu jual akan membuat pelanggan terus setia dengan coffee shop kamu. Karena itu, kamu juga perlu memastikan pasokan kopi coffee shop pun berkualitas tetapi juga tetap terjangkau untuk menekan biaya produksi coffee shop kamu.

4. Manajemen keuangan

Manajemen keuangan yang baik akan membantu kamu mengontrol keuangan coffee shop secara lebih bijak. Kamu harus memastikan biaya pengeluaran coffee shop kamu tidak lebih besar dari pendapatan kamu.

Karena itu, agar manajemen keuangan coffee shop kamu lebih terkontrol, sebaiknya kamu menggunakan kartu kredit perusahaan agar pengeluaran dan pendapatan coffee shop lebih tertata. Selain itu, untuk memudahkan kamu melakukan berbagai transaksi dalam usaha coffee shop kamu juga bisa menggunakan aplikasi transfer uang.

5. Strategi pemasaran optimal

Untuk memastikan usaha coffee shop dikenal secara luas, kamu perlu menggunakan strategi pemasaran yang optimal baik offline maupun online. Kamu bisa memanfaatkan media sosial, situs web, atau membuka booth di lokasi dekat coffee shop sebagai sarana promosi.

6. Tentukan harga bersahabat

Menentukan harga produk usaha coffee shop kamu perlu disesuaikan dengan sasaran pasar coffee shop kamu. Jangan asal menentukan harga yang tidak sesuai sasaran pasar, atau biaya produk maupun layanan yang kamu berikan.

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.