NYALA dari OCBC NISP, Tabungan Digital Banyak Manfaat

Selama pandemi, khususnya ketika PPKM diterapkan di Indonesia ini, ada banyak kegiatan yang berhenti, atau setidaknya digantikan dengan kegiatan serupa dari rumah.

Yang nampak nyata berhenti adalah kegiatan wisata dan makan di rumah makan/warung secara dine in. Lalu kegiatan-kegiatan seperti sekolah, ibadah, dan pekerjaan tertentu, digantikan dengan kegiatan serupa tapi dilakukan dari rumah dengan cara online.

Namun ada juga kegiatan yang mau tidak mau harus berjalan, yaitu kegiatan yang tergolong ke dalam esensial dan kritis, misalnya bidang kesehatan, keamanan, logistik, dan keuangan.

Nah, yang disebut terakhir ini memang sudah pasti tetap berjalan. Tagihan listrik, telepon, internet, dan layanan berlangganan lainnya tetaplah harus dibayar. Bahan makanan atau makanan jadi tetaplah kudu dibeli dan itu tentu butuh uang.

Kegiatan Perbankan Yang Berubah

Karena pandemi ini membuat beberapa kebiasaan manusia sedikit berubah, maka mau tidak mau perbankan juga harus menyesuaikan diri. Meskipun hal-hal terkait keuangan tetap harus berjalan, setidaknya hal-hal yang mengharuskan nasabah datang ke kantor bank dikurangi.

Entah karena efek pandemi ini atau barangkali memang sudah dirancang jauh hari sebelumnya oleh orang-orang bervisi jauh ke depan, sekarang ini bermunculan berbagai macam layanan bank digital.

Umumnya layanan bank digital tersebut diluncurkan oleh bank konvensional yang memang secara tradisional telah memiliki layanan yang kuat.

Layanan bank digital ini tentu sangat membantu masyarakat dalam membatasi kegiatan mereka, karena hal-hal terkait perbankan yang tadinya kudu dilakukan di kantor bank, kini bisa dilakukan secara online.

Bank-bank yang meluncurkan layanan bank digital ini tentunya juga berlomba-lomba memberikan fitur terbaik, sebagaimana halnya ketika mereka berlomba dalam layanan konvensional yang mereka miliki.

NYALA, Layanan Digital dari OCBC NISP

Mungkin kita pernah mendengar adanya produk layanan digital dari beberapa bank dan OCBC NISP sebagai salah satu bank tertua di Indonesia juga memiliki produk layanan digital bernama NYALA.

Sepak terjang Bank OCBC NISP sendiri sudah tak perlu diragukan lagi. Bank OCBC NISP (sebelumnya dikenal dengan nama Bank NISP) merupakan Bank tertua keempat di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 4 April 1941 di Bandung dengan nama NV Nederlandsch Indische Spaar En Deposito Bank. Usianya bahkan lebih tua daripada Republik Indonesia.

Untuk dapat memanfaatkan layanan NYALA dari OCBC NISP ini, kamu cukup menginstall aplikasi bernama ONe Mobile.

Itu saya tidak salah ketik ya, tulisannya memang begitu, ONe Mobile. Saya pikir, itu adalah gabungan dari on yang berarti nyala dan one yang berarti satu. Jadi untuk memanfaatkan berbagai layanan perbankan NYALA dari OCBC NISP ini, kamu cukup menggunakan satu aplikasi saja, ONe Mobile.

NYALA bukanlah nama rekening, tapi sebuah layanan perbankan digital dan pada layanan tersebut terdapat berbagai produk perbankan, salah satunya adalah rekening tabungan.

Khusus untuk pendaftaran Nyala melalui aplikasi ONe Mobile, nasabah akan memperoleh rekening tabungan Tanda 360 Plus Digital.

Instalasi ONe Mobile dan Buka Akun NYALA

Untuk melakukan instalasi ONe Mobile, kamu tidak harus memiliki rekening di OCBC NISP terlebih dahulu. Justru kamu bisa memanfaatkan aplikasi ONe Mobile ini untuk membuka akun NYALA.

Aplikasi ONe Mobile tersedia baik pada platform Android maupun iOS, jadi baik kamu pengguna Android maupun iPhone, sama-sama bisa menginstall aplikasi ONe Mobile ini.

Untuk melakukan instalasi ONe Mobile, silakan menuju ke “toko” aplikasi masing-masing, yaitu Google Play Store untuk Android atau Apple App Store untuk iPhone. Karena terdapat pada penyedia aplikasi resmi, maka aplikasi ini dijamin aman.

Pada tulisan ini, saya akan memberikan panduan penggunaan aplikasi ONe Mobile pada platform Android untuk membuat akun NYALA. Saya pikir penggunaan pada platform iOS juga tak berbeda jauh, bahkan cenderung sama, jadi kamu yang menggunakan iPhone bisa juga mengikuti panduan ini.

Setelah aplikasi terinstall, silakan dijalankan. Bila ada permintaan izin penggunaan perangkat tertentu, misalnya kamera dan telepon, harap diberi izin, karena nanti akan digunakan untuk memotret identitas dan verifikasi melalui video.

Mendaftar ke Aplikasi ONe Mobile

Seperti halnya aplikasi lain yang membutuhkan pendaftaran, kamu juga diminta mendaftar terlebih dahulu. Pada awalnya, ada opsi apakah sudah memiliki rekening di OCBC NISP atau belum. Karena saya belum punya rekening di OCBC NISP, tentu saya memilih belum memiliki rekening.

Selanjutnya, kamu diminta untuk mengisi data pribadi, seperti nama, alamat email, dan nomor telepon.

Aplikasi ONe Mobile kemudian akan mengirimkan OTP melalui SMS ke nomor yang kamu daftarkan tersebut.

Masukkan OTP tersebut dan sekarang kamu telah terdaftar ke aplikasi ONe Mobile.

Mengisi dan Mengunggah Data Pribadi

Kini setelah kamu bisa masuk ke aplikasi ONe Mobile, saatnya membuat akun NYALA. Saat melakukan langkah ini, siapkan KTP kamu untuk dipotret.

Setelah mengunggah foto KTP, kamu diminta untuk mengisi berbagai data pribadi, seperti halnya saat membuka rekening di kantor bank.

Hal yang perlu diisi antara lain adalah biodata seperti nama, tanggal lahir, alamat, status pernikahan, dan lain-lain.

Selain itu, informasi lain yang diminta adalah pekerjaan, rentang pendapatan, tujuan penggunaan rekening, serta status wajib pajak.

Salah satu fasilitas yang disediakan oleh NYALA adalah kartu debit, kartu kredit, dan kartu GPN. Silakan memilih kartu yang kamu inginkan serta tentukan alamat pengiriman dan cara pengirimannya.

Kamu juga akan diminta untuk mengisi emergency contact, yaitu orang yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat. Orang ini bisa orang tua atau saudara dekat, dan ada baiknya dihubungi terlebih dahulu untuk menjelaskan bahwa namanya dimasukkan sebagai kontak darurat saat mendaftar ke OCBC NISP.

Terakhir, kamu diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan dari OCBC NISP.

Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kamu akan diberi password sementara melalui SMS. Password sementara ini dapat kamu gunakan untuk login pertama kali ke ONe Mobile, dan segera setelah itu gantilah password sementara tersebut.

NYALA tabungan digital banyak manfaat

Verifikasi Data

Pihak OCBC NISP tentunya butuh untuk melakukan verifikasi terhadap data yang sudah kamu isi dan unggah tadi. Jadi, sebelum akun NYALA kamu aktif, kamu wajib melakukan proses verifikasi terlebih dahulu.

Loginlah ke ONe Mobile dan ketuk menu Verifikasi Video. Aplikasi ONe Mobile kemudian akan melakukan panggilan video dan kamu akan dilayani oleh customer service.

Namun perlu diingat, verifikasi video ini tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu, tetapi hanya pada jam tertentu dan informasi tersebut akan muncul pada aplikasi ONe Mobile saat kamu mengetuk menu Verifikasi Video. Jadi kamu tinggal menyesuaikan waktunya.

Setelah proses verifikasi berhasil, aplikasi ONe Mobile akan memberikan notifikasi dan pada menu Verifikasi Video akan muncul tanda centang.

Setoran Awal

Kini kamu telah resmi memiliki akun NYALA. Saatnya melakukan setoran awal sebesar Rp200.000 ke rekening tabungan yang dikelola melalui akun NYALA ini.

Ketuk menu Setoran Awal untuk melakukan setoran awal dan pada saat mengetuk menu tersebut, kamu akan mendapatkan informasi tentang nomor rekening serta kode bank.

Jadi sebagai setoran awal, kamu tak perlu keluar rumah, cukup melakukan transfer saja dari rekening bank yang telah kamu miliki ke rekening Tanda360Plus-Digital yang dikelola melalui NYALA ini.

Manfaat Menggunakan NYALA

NYALA bukanlah suatu produk layanan tabungan digital biasa karena memiliki beberapa manfaat. Beberapa manfaat yang bisa disebutkan antara lain adalah bebas biaya transfer antar bank melalui ATM, IB, dan ONe Mobile dengan metode online dan SKN/LLG sebanyak 10 kali per bulan. Lalu bebas biaya tarik tunai di ATM Prima, Bersama, dan OCBC Singapore sebanyak 10 kali per bulan.

Semua ini bisa didapatkan asalkan kamu memiliki saldo rata-rata mulai Rp1 juta per bulan. Perlu diperhatikan, saldo ini bukan diperhitungkan dari saldo tabungan saja, melainkan saldo gabungan dari berbagai produk yang kamu miliki di NYALA, seperti tabungan, deposito, rekening giro, tabungan berjangka, dan produk investasi.

Kamu juga bisa lho membuka berbagai produk perbankan tersebut melalui aplikasi ONe Mobile.

Dengan model layanan digital, kamu juga bisa melakukan transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja (sepanjang terkoneksi ke internet).

Masih ada lagi, kamu juga bakal mendapatkan kurs yang kompetitif serta layanan call center 24 jam.

Jadi, tunggu apa lagi, segeralah buka akun NYALA.

Nah, supaya kamu mendapatkan manfaat maksimal, bahkan mendapatkan promo cashback hingga Rp250.000, silakan mendaftar ke aplikasi ONe Mobile dengan memasukkan kode referensi ONBLOGBOY. Kode promo ini berlaku sampai dengan 31 Desember 2021 ya. Info lengkapnya bisa cek melalui link ya.

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.