ASUS ZenBook UX425EA Adalah Sebuah Laptop Sejati

Mengapa saya katakan ASUS ZenBook UX425EA adalah sebuah laptop sejati? Lho, baru awal artikel kok sudah bertanya, wkwkwk.

Ya memang isi artikel ini akan menjawab mengapa ASUS ZenBook UX425EA adalah sebuah laptop sejati, jadi ya lumayan wajar jika diawali dengan pertanyaan seperti itu, hehe.

Gini, laptop itu merupakan sebuah kosa kata bahasa Inggris yang merupakan gabungan dari lap yang berarti pangkuan dan top yang berarti di atas. Jadi komputer laptop adalah sebuah komputer yang bisa dioperasikan di atas pangkuan atau dipangku.

Kata yang mesti ditambahkan di situ adalah “dengan nyaman”, karena bisa saja ada orang nekat yang memangku PC desktop lalu berkata lho ini kan laptop juga.

Joke aside, laptop pun sekarang ini mulai banyak yang memang bisa dipangku tapi tidak begitu nyaman, sebab ukurannya besar dan berat.

Nah, nampaknya sudah tertebak ini ke mana arah pembicaraannya. ASUS ZenBook UX425EA adalah sebuah laptop sejati karena nyaman dipakai kerja sambil dipangku. Begitu kan?

Betul!

Namun tentu saja tidak cuma itu gaes alasannya. Saya akan bahas mengapa ZenBook UX425EA ini sangat menyenangkan.

Ukurannya Kompak

Untuk bisa mencapai kenyamanan saat digunakan bekerja, sebuah laptop kudu memiliki dimensi yang kompak. Kompak di sini bisa diartikan ukuran yang ideal ya, tidak terlalu kecil juga.

asus zenbook ux425ea adalah sebuah laptop sejati

ASUS ZenBook UX425EA ini memiliki bentang layar 14 inci, tapi secara keseluruhan body-nya seperti laptop berukuran 13 inci saja.

Ini bisa dicapai berkat bezel (bingkai) layarnya yang tipis sekali. Bezel sisi kiri-kanan cuma 2,5 mm saja! Tuipiss tho gaes, lebih tipis daripada sutra *eh. Bagian bezel yang paling tebal adalah bagian bawah, itupun hanya 10,9 mm.

Hebatnya lagi, bezel bagian atas yang relatif tipis itu, masih mampu menampung kamera yang bisa digunakan untuk login dengan teknologi pengenalan wajah.

Ukuran laptop ini adalah 31,9 cm x 20,8 cm, dengan ketebalan 1,39 cm. Bobotnya cuma 1,1 kg saja.

Keyboard Ukuran Penuh

Jika ukuran laptop kecil, biasanya salah satu yang “dikorbankan” adalah ukuran keyboardnya yang relatif lebih kecil daripada keyboard eksternal PC desktop (bagian QWERTY-nya saja ya).

asus zenbook ux425ea adalah sebuah laptop sejati

ASUS ZenBook UX425EA ini, meskipun berukuran kompak, tapi keyboardnya tetap full sized alias berukuran penuh, seperti keyboard eksternal.

Saya coba mengukur keyboard eksternal PC desktop saya, bagian QWERTY-nya saja itu memiliki lebar 28 cm, nah keyboard ASUS ZenBook UX425EA ini juga 28 cm, masih ditambah bonus 1 kolom untuk menampung tombol power, home, page up, page down, dan end.

Hal ini dimungkinkan karena desain keyboardnya yang edge-to-edge, dari ujung ke ujung, hanya menyisakan ruang tipis di sisi kanan kiri laptop.

Dengan ukuran keyboard yang penuh ini, mengetik dengan ASUS ZenBook UX425EA bakal memiliki feel yang mirip dengan mengetik dengan keyboard eksternal. Apalagi tombolnya empuk dan responsif.

Pecinta keyboard eksternal yang lengkap dengan numpad juga bakal dipuaskan dengan adanya number pad pada ASUS ZenBook UX425EA ini. Jadi, bagian touch pad laptop ini bisa disulap menjadi numpad dengan menekan tombol di sudut kanan atas touch pad.

Hebatnya, saat menampilkan number pad, touch pad tetap dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Baterai Tahan Lama

Ukurannya yang kompak membuat ASUS ZenBook UX425EA ini selain nyaman dipangku, juga nyaman untuk dibawa ke mana-mana, menemani mobilitas pemiliknya.

Semua itu akan percuma jika baterainya tidak tahan lama. Untunglah ASUS ZenBook UX425EA ini baterainya tahan lama karena mampu bertahan hingga 15 jam.

Sudah begitu, chargernya menggunakan antarmuka USB Type C, ukurannya juga kompak dan enteng. Jika charger itu masih kamu anggap berat, kamu bisa membeli charger third party sepanjang mendukung power delivery.

Multimedia Josss

Sebuah laptop sejati tak cuma cocok buat bekerja, tapi juga mampu menjadi sebuah sarana hiburan bagi pemiliknya.

ASUS ZenBook UX425EA ini bukanlah sebuah laptop gaming, jadi jenis hiburan game kurang cocok dimainkan pada laptop ini.

Namun untuk urusan multimedia, laptop ini benar-benar josss.

Tampilan layar ASUS ZenBook UX425EA ini memukau meskipun belum menggunakan OLED. Ya gpp, bisa gak laku nanti laptop kompetitor kalau ZenBook sudah pakai OLED *eh.

Kamu juga bakal aman memelototi layar dalam jangka waktu lama karena sudah tersertifikasi TUV Rheinland.

Kemampuan tampilannya didukung oleh prosesor grafis yang mumpuni, yaitu Intel Iris Xe Graphics, berkolaborasi dengan prosesor utama Intel Core i5 generasi ke-11. Tersedia juga varian dengan prosesor Intel Core i7 generasi ke-11.

Pada sektor audio, ZenBook UX425EA ini didukung oleh sebuah nama besar yaitu Harman/Kardon yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Kelengkapan Port

Saat butuh untuk terkoneksi dengan perangkat lain, port yang ada pada ZenBook ini siap berperan. Ada HDMI sehingga kamu bisa terhubung ke monitor yang lebih besar saat melakukan presentasi. Ada dua buah USB Type C yang selain bisa digunakan untuk koneksi ke perangkat colok, bisa juga digunakan untuk mengisi ulang daya.

Port USB “lawas” juga masih ada karena perangkat yang butuh colokan ini masih sangat banyak. Tersedia juga Micro SD card reader. Hanya satu yang tidak ada, yaitu colokan jack 3,5 mm untuk audio.

Yang terakhir ini toh tidak terlalu terasa mengganggu karena sekarang ini sudah zamannya orang-orang menggunakan TWS.

Spesifikasi ASUS ZenBook UX425EA

Prosesor Intel® Core™ i7-1165G7 processor, 2.80 GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.70GHz) and 12MB cache

Intel® Core™ i5-1135G7 processor, 2.40 GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.20GHz) and 8MB cache
Grafis Intel® Iris® Xe Graphics
Layar 14” Full HD (1920 x 1080), 16:9 aspect, anti-glare screen, 300nits brightness display
Four-sided frameless NanoEdge design with 90% screen-to-body ratio
2.5mm-thin side bezel and 10.9mm bottom bezel
IPS-level wide-view technology
RAM 8 GB / 16 GB 4266 MHz LPDDR4X
Ruang Simpan 512GB PCIe® NVMe™ 3.0 x2 M.2 SSD
Port 2 x Thunderbolt™ 4 USB-C® (up to 40Gbps)
1 x USB 3.2 Gen 1 Type-A (up to 5Gbps)
1 x Standard HDMI
1 x MicroSD card reader
Audio ASUS SonicMaster stereo audio system with surround-sound; smart amplifier for maximum audio performance
Array microphone with Cortana and Alexa voice-recognition support
Certified by Harman Kardon
Kamera 3D IR HD camera with Windows Hello support
Nirkabel WiFi: Intel WiFi 6 with Gig+ performance (802.11ax)
Bluetooth: Bluetooth 5.0
Baterai 67Wh 4-cell lithium-polymer battery
65W power adaptor
Plug Type: USB-C®
(Output: 20V DC, 65W)
(Input: 100-240V AC, 50/60Hz universal)
Dimensi Tinggi: 1.39cm
Lebar: 31.9cm
Kedalaman: 20.8cm
Berat: 1,13 kg (varian Quad HD), 1,17 kg (varian FHD)

Video Review

Berikut adalah video review ASUS ZenBook UX425EA ini.

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.