Review Singkat Kingston DT Micro Duo 32GB

Hari gini siapa yang masih pake disket? Saya pikir pasti sudah tidak ada. Kalau CD/DVD kemungkinan masih cukup banyak yang menggunakan. Salah satu alasannya adalah karena medianya relatif murah, jadi katakanlah ada kebutuhan untuk melakukan distribusi data secara offline, data tersebut bisa dibakar ke CD/DVD dan didistribusikan.

Sedangkan media simpan favorit yang kini digunakan oleh banyak orang sudah tentu adalah USB Flash atau sering disebut Flash Disk, padahal tidak ada piringannya sama sekali. Cuma ya itu tadi, menilik harganya, gak mungkin digunakan untuk distribusi data. Hehe

Nah, mengapa USB Flash difavoritkan oleh banyak orang?

Kapasitas dan mobilitas, dua itu kata kuncinya.

Kapasitas USB Flash yang ada di pasaran sekarang ini sungguh menakjubkan, ada yang sampai 512 GB, bahkan 1 TB! Pelopornya siapa lagi kalau bukan Kingston, yang memang dikenal sebagai salah satu produsen memori terbaik dunia.

Hanya saja harganya masih relatif sangat tinggi. Kingston Datatraveler 310 berkapasitas 256 GB saja harganya sudah sekitar USD 140 atau sekitar Rp 1.820.000,- jika kurs diasumsikan Rp 13.000,- per dolarnya.

Saya pikir USB Flash yang digunakan saat ini kebanyakan adalah USB Flash berkapasitas 8 GB hingga 32 GB. Salah satu produk USB Flash berkapasitas 32 GB yang sempat saya jajal adalah Kingston DT Micro Duo 32GB.

Bentuk Kingston DT Micro Duo 32GB ini sangat mungil, bahkan terkesan cuma berisi “colokan” doang. Ini mendukung soal mobilitas yang saya kemukakan tadi.

Kingston DT Micro Duo

Bentuknya yang mungil itu memungkinkan dibawa-bawa dengan mudah. Malahan saking kecilnya, saya sarankan diberi tali supaya lebih gampang dicari, misalnya ketika dimasukkan ke dalam tas.

Soal tali, Kingston DT Micro Duo 32GB ini dilengkapi dengan tali loh. Jadi setelah dibuka, kemasannya jangan dibuang dulu. Perhatikan bahwa di dalam kemasannya terdapat tali yang dapat dijadikan gantungan. Hanya saja tali inipun sangat mungil, saran saya sih gantilah dengan tali yang relatif lebih besar.

Kingston DT Micro Duo

Lalu apa arti “duo” pada nama yang disandangnya? Ternyata maksudnya adalah, USB ini bisa digunakan di PC/notebook maupun pada ponsel yang mendukung penggunaan USB OTG (On-The-Go).

Lho, bukannya tinggal dicolokin pada kabel OTG, jadi USB apapun bisa? Ouw, ini lebih sederhana lagi. Tak perlu pake kabel OTG, Kingston DT Micro Duo 32GB bisa langsung dicolokkan pada ponsel. Caranya, tarik “body” Kingston DT Micro Duo 32GB dan putar ke atas. Naaaah, muncullah “ekor”-nya, yaitu colokan micro USB yang tinggal ditancapkan pada lubang micro USB di ponsel (yang biasanya digunakan untuk charge baterai).

Kingston DT Micro Duo

Kingston DT Micro Duo 32GB ini sangat mudah digunakan, tinggal colok saja dan akan dikenali sebagai device penyimpanan data eksternal atau removable device.

Performa Kingston DT Micro Duo ini juga cukup apik, terlihat dari hasil benchmarknya di bawah ini.

Benchmark Kingston DT Micro DuoTerlihat bahwa read speed-nya mencapai 28.07 MBps dan write speed-nya 22.03 MBps.

 

Follow me on social media:

Similar Posts

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.