Rekomendasi Kuliner Super Lezat yang Khas dari Kota Palembang

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia sejak awal tahun 2020 memang membuat sejumlah rencana perjalanan jadi terhambat. Namun, kamu tak perlu khawatir karena penurunan kasus COVID-19 membuat syarat naik pesawat terbaru jadi lebih praktis, sehingga kamu bisa mewujudkan rencana liburan yang sempat tertunda, terutama liburan di kawasan dalam negeri.

Salah satu kota tujuan yang patut kamu singgahi bila ingin berlibur di dalam negeri adalah Palembang. Berbagai maskapai penerbangan melayani perjalanan ke Palembang setiap hari.

Kalau kamu tinggal di Jabodetabek, kamu tak perlu khawatir terlambat tiba di bandara bila mengandalkan bus Damri. Cari tahu jadwal Damri bandara di website atau aplikasi Traveloka Lifestyle SuperApp agar kamu bisa segera memesan tiketnya sesuai jadwal keberangkatan.

Bus Damri menyediakan layanan antar jemput dari dan ke bandara yang membuat perjalananmu semakin lancar dan tepat waktu. Rencana berlibur ke Palembang pun bisa direalisasikan dalam waktu dekat karena kamu tak bingung lagi menyiapkan pilihan transportasi dari dan ke bandara.

Jika sudah sampai di tempat liburan, jangan lupa mencicipi beberapa kuliner super lezat khas Palembang berikut ini:

Pempek

Menyebut Kota Palembang tentu belum lengkap tanpa membahas pempek karena Palembang memang identik dengan pempek. Konon kabarnya, tidak ada pempek yang rasanya tidak enak di Palembang.

Di kota asalnya ini, pempek dibuat dari bahan baku ikan yang berkualitas dan tepung sagu yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Variasi pempek Palembang juga sangat beragam. Selain varian populer seperti lenjer, adaan (pempek bulat) dan kapal selam, ada pula pempek lenggang, pistel, model, dan pempek tahu.

Tekwan

Adonan dasar tekwan sebenarnya sama dengan pempek. Namun, tekwan terasa lebih kenyal dan ukurannya lebih kecil.

Biasanya tekwan disajikan dengan kuah yang terbuat dari kaldu ikan dan diberi bahan pelengkap berupa irisan bengkuang, jamur kuping, dan sedikit irisan seledri. Kaldu ikan membuat kuah tekwan terasa gurih dan berpadu dengan sensasi manis dari bengkuang.

Tak mengherankan bila kuliner Palembang yang satu ini membuat banyak orang selalu rindu untuk kembali menikmatinya.

Pindang Ikan Patin

Pindang ikan patin merupakan lauk makan khas Kota Palembang yang bercita rasa asam segar. Jenis ikan yang digunakan untuk bahan dasar pindang sangat mudah ditemukan di sungai-sungai Palembang.

Ikan patin memiliki tekstur daging dan lemak yang tebal sehingga cocok diolah menjadi hidangan berkuah. Potongan ikan patin berukuran besar dimasak dengan aneka bumbu seperti cabai, bawang merah, lengkuas, tomat hijau, dan serai. Seporsi pindang ikan patin sangat cocok disantap dengan nasi hangat.

Lakso

Ada satu lagi hidangan khas Kota Palembang yang cocok bagi para pencinta ikan, yaitu lakso. Lakso adalah sejenis mi putih berukuran besar yang terbuat dari tepung beras.

Sumber foto: IG @kokocarimakan

Biasanya lakso disajikan dengan kuah santan kental yang terdiri dari rempah-rempah dan ikan tenggiri giling. Cita rasanya sangat gurih dan identik dengan aroma ikan segar.

Malbi

Bila dilihat sekilas, malbi memang menyerupai rendang daging. Padahal sebenarnya rasa malbi lebih mirip semur.

Malbi biasanya terbuat dari daging sapi has dalam sehingga teksturnya empuk dan tidak terlalu berlemak. Ciri khas lainnya yang membedakan malbi dengan olahan daging lainnya adalah penggunaan asam jawa sebagai bahan dasar.

Biasanya malbi disajikan sebagai lauk nasi minyak bersama aneka lauk lainnya.

Nasi Minyak

Nasi minyak berbeda dengan nasi lemak. Hidangan yang satu ini terbuat dari bahan dasar berupa beras dan minyak samin. Penggunaan minyak samin membuat aroma nasi menjadi sangat khas.

Hingga saat ini, restoran di Kota Palembang hanya menyajikan nasi minyak pada hari Jumat. Karena pada masa kerajaan dulu, konon kabarnya raja menyantap nasi minyak hanya pada momen tertentu, yaitu setelah ibadah salat Jumat atau pada perayaan istimewa lainnya.

Jika penasaran dengan kelezatan nasi minyak, kamu bisa mengunjungi rumah makan di Palembang pada hari Jumat.

Martabak Palembang

Martabak Palembang agak mirip dengan martabak telur biasa. Namun, pilihan isiannya bisa berupa daging kambing atau daging sapi.

Ciri khas martabak Palembang yang lain adalah pelengkap berupa kuah kari dengan cita rasa rempah yang kuat. Perpaduan martabak telur dan kuah kari menghasilkan sensasi rasa gurih yang istimewa.

Mie Celor

Kota Palembang juga punya hidangan khas yang bernama mie celor. Jangan ngaku berkunjung ke Palembang jika belum pernah mencicipi mie celor yang istimewa dari kota tersebut.

Sumber foto: IG @kokocarimakan

Hidangan ini terbuat dari mie basah berukuran besar yang disiram dengan campuran kaldu udang, santan kental, dan rempah-rempah. Penyajian mie celor juga dilengkapi dengan tauge rebus dan telur rebus sehingga makin menggugah selera.

Kerupuk Kemplang

Satu olahan ikan lagi yang menjadi hidangan istimewa dari Palembang adalah kerupuk kemplang. Jenis kerupuk ini terbuat dari campuran ikan dan tepung yang dipanggang lalu disajikan dengan sambal terasi.

Kerupuk kemplang yang sudah dikemas rapi bisa bertahan selama beberapa minggu sehingga cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang terdekatmu.

 
 

Selain rekomendasi kuliner tersebut, tentu masih banyak jenis kuliner menarik lainnya yang hanya ada di Kota Palembang. Buktikan sendiri serunya sensasi berwisata kuliner di Palembang.

Mari pesan tiket pesawat ke Palembang dan pastikan kamu sudah memenuhi seluruh syarat naik pesawat terbang yang terbaru!

Follow me on social media:

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.