KISS

Errr, maaf, ini bukan posting soal cium-ciuman. (K) Juga bukan soal grup band KISS. (rock) KISS yang ini adalah singkatan dari Keep It Simple Stupid.

KISS adalah sebuah cara berpikir untuk mencari solusi sesederhana mungkin, bahkan bila perlu nampak bodoh. Seringkali justru solusi bodoh tersebut merupakan solusi yang tepat.

Anda barangkali sudah pernah mendengar cerita lama soal astronot AS yang kebingungan saat hendak menulis di ruang hampa. Karena tidak ada gravitasi, tinta ballpoint tidak bisa turun, akibatnya acara menulis yang di bumi merupakan hal yang sangat biasa, di ruang angkasa jadi problem serius.

Para ahli di NASA segera melakukan berbagai macam riset untuk memecahkan masalah ini. Diperlukan waktu bertahun-tahun dan dana riset yang amat sangat mahal sebelum akhirnya ballpoint yang bisa menulis di kondisi zero gravity ditemukan.

Padahal, rival mereka dari Uni Sovyet hanya membutuhkan biaya dan waktu yang amat sangat kecil untuk memecahkan masalah ini. Mereka menggunakan pensil! (lmao)

Ada lagi sebuah cerita soal pabrik sabun mandi padat yang seringkali mendapati kemasan yang kosong pada produk yang siap dipasarkan. Di dalam kemasan tersebut tidak berisi sabun.

Dengan mata telanjang, tentu tidak mungkin bisa dideteksi kotak mana yang berisi sabun maupun kotak yang kosong. Karena itu ada yang mengusulkan untuk membeli semacam alat yang memancarkan sinar x hingga bisa terlihat kotak mana yang kosong. Alat tersebut dipancarkan pada ban berjalan yang keluar dari proses packing.

Namun segera mereka menyadari bahwa alat itu akan sangat mahal. Belum lagi operator yang harus mengawasi apakah ada kotak yang kosong yang terlihat dari alat pemancar sinar x tersebut. Bisa-bisa setiap hari minusnya bertambah. (lol)

Di tengah kebingungan, tiba-tiba ada seorang karyawan yang memiliki ide yang nampaknya sangat simple dan stupid, namun nyatanya efektif. Idenya adalah membeli sebuah kipas angin yang cukup besar dan diarahkan ke ban berjalan yang keluar dari proses packing. Jika ada kotak sabun yang kosong, sudah tentu kotak sabun tersebut akan tertiup dan kotak sabun yang ada isinya akan tetap berada di tempatnya karena kekuatan angin tidak cukup kuat untuk mendorongnya.

Ide yang sederhana dan nampak bodoh, namun sebenarnya brilian. Bayangkan penghematan yang didapat oleh pabrik sabun itu ketimbang harus membeli alat pemancar sinar x.

Mudah-mudahan tulisan ini bisa memberi inspirasi, bahwa apa yang nampak mahal dan canggih belum tentu merupakan solusi terbaik. Bisa jadi dari ide yang sederhana dan nampak bodoh, solusi bisa didapat.

Follow me on social media:

Similar Posts

19 Comments

  1. hehehe, kalo aku…

    KISS itu… keep it silly and stupid… as we are in a in silly and stupid life, hihihihi (banana_cool)

  2. Contoh yang laen, yang masang *kaca berbayang* kok gx dimasukkan sekalian (scenic)

    (yahoo)

  3. ato malah mungkin sekali -oleh oknum tertentu- dibuat proyek yang sangat besar biayanya untuk mengejar teknologi yang sebenernya simpel itu. Tujuannya jelas, biar kecipratan duwit proyeknya (taser)

  4. mantap banget tuh….
    emang terkadang otak kita terlalu tertutup untuk mencoba berpikir dari sudut pandang yang berbeda… kita seakan akan terjebak dengan pola pikir kita sendiri dan tidak menyadair bahwa environment di sekitar kita adalah sesuatu hal yang penting

  5. tp make pensil di luar angkasa itu sesuatu yg berbahaya. dan kayaknya cerita pemakaian pensil oleh astronot rusia (kosmonot) itu cuma urban legend deh.
    *bahaaaaaaaaaaaaaaaasssssssssssssss dgn serius* :))

    1. Jauhari, great themes!I have a qusetion regarding the Kotak theme.I’m in the process of modifying it a bit and want to make my header image clickable and return me back to the home page. I’m a bit of a novice with code, and tried a bunch of things and none worked.How do I do it?Thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published.