Istimewa atau Merdeka

Kalimat yang jadi judul posting ini sedang menghangat di Yogyakarta. Ndak perlu dijelaskan panjang lebar, semua juga tahu kalau ini adalah akibat dari kisruhnya pembahasan RUU Keistimewaan Yogyakarta. Tambah lagi pernyataan Presiden SBY soal Monarki yang bagai menuang minyak tanah ke atas bara.

Saya tidak akan membahas pro kontra RUU Keistimewaan itu maupun kata-kata Monarki yang meluncur dari mulut seorang Presiden. Teman saya Herman Saksono lebih pantas. Saya cuma mau membayangkan, andaikata misalnya umpama Yogyakarta kemudian memisahkan diri dari Indonesia gara-gara polemik tersebut, apa yang bakal terjadi?

Mungkin inilah kiraยฒ yang bakal terjadi.

  • Yogyakarta bakal ganti nama jadi kerajaan Ngayogjakarta.
  • Ngayogjakarta bakal punya mata uang sendiri, yaitu Kethip, dengan kurs 1 Kethip = Rp 10.000,- sekaligus sebagai solusi redenominasi mata uang negeri tetangga.

  • Ngayogjakarta bakal punya Airlines sendiri dan semua penerbangan menuju ke luar negeri. Pramugarinya barangkali kembenan semua. (lmao)

  • Tidak ada lagi bus AKAP (Antar Kota Antar Propinsi), adanya AKAN (Antar Kota Antar Negara).
  • Banyak warga Ngayogjakarta (termasuk saya) yang bakal sering melancong ke luar negeri, misalnya ke Klaten, Muntilan, dan Purworejo. Kelemahannya, harus bikin paspor dulu.

  • Tidak perlu mencelupkan jari ke dalam tinta setiap 5 tahun sekali.
  • Untuk menangkap siaran RCTI, SCTV, Indosiar, TVOne, ANTV, Trans TV, Trans 7, MNC TV, Global TV harus pakai parabola dengan potensi diacak untuk siaran-siaran tertentu.
  • Tidak bakal ada biaya roaming dari operator seluler untuk menelpon ke propinsi yang berbeda, sebagai gantinya adalah biaya SLI.
  • Bakal ada nama domain .co.yk
  • Pesta Blogger Nasional akan berlangsung bukan cuma setahun sekali, tapi setiap hari Jumat bersamaan dengan Juminten.

Ada yang mau nambah? Silakan komentar di sini.

NB: Ilustrasi diambil dari gambar-gambar yang bertebaran di internet. Gambar pesawat dibuat oleh Alex Pra, seorang desainer.

Follow me on social media:

Similar Posts

37 Comments

  1. Nguakak poll! Walo rada miris siy.. sedih dengan diobok2nya status keistimewaan Jogja itu ๐Ÿ™ ihiks..

    Anw, jika memisahkan diri.. apa saya pindah kewarganegaraan aja ya? Walo tinggal di Jakarta, hati ini tetap penuh diisi dengan kenangan Jogja jeh..

    Weleh, nanti saya akan menyandang gelar TKN doms.. Tenaga Kerja Ngayogyokarto yg bekerja di luar negeri, di negeri Jiran Indonesia hihihihi

  2. apakah nomor pokok wajib pajark akan diganti dengan nomor pokok wajib upeti? btw biro2 travel pun mesti bikin brosur baru untuk paket melancong ke luar negeri.

  3. Mahasiswa non-Jogja yang lagi kuliah di Jogja bakal menyombongkan diri “pernah/sedang kuliah di luar negeri” ๐Ÿ˜›

    1. wes, aku wae nek ngono sing dadi menkominfo. ntar aku jabat tangan sama miyabi juga mau…*mesthi geleme

  4. kapan kapan kita adakan pertandingan sepak bola persahabatan antara PSSI vs PSSN om! (lmao)

    1. Ah, gak keren, masa namanya PSSN. Pabaloja lebih keren: Pakempalan Balbalan Wong Jogja (lmao) (hassle)

  5. dikupas dngan apik sama om radhar d kompas hari ini (03/12). salam kenal, mas/bro.

    1. Untuk mengantisipasi banyaknya mahasiswa dari negeri tetangga yang kuliah di Jogja, maka bahasa yang digunakan tetap Bahasa Indonesia

  6. wkwkwk :ngakak puoll dab baca tulisan ini, mangstab dah, emang yg diatas2 itu pd kurang kerjaan keknya, gak tau Jogja lagi berkabung musibah malah diuthik2 masalah yg sepele, udah lebih dr 60tahun Jogja aman damai sentosa dengan Keistimewaannya sekarang malah diusik :nohope

  7. Wah…saya bisa dapet kiriman buku (lagi) yang luar biasa dari Luar Negeri dong yah, Om ๐Ÿ˜› *ngarep sak pole*

  8. hehe.. mampir ke blog om yahya pagi2 gini bikin suegerrr… dari tadi saya ngopi sambil nyengir2 bacanya.. salam kenal & sukses ya oom… kalau berkenan harap singgah jg di gubuk saya.

  9. I would like to thnkx for that efforts you’ve set in conposimg this weblog. I’m hoping the same high-grade web site article from you in the upcoming as well. In fact your creative producing abilities has inspired me to have my own weblog now. Actually the running a blog is spreading its wings quickly. Your write up can be a excellent example of it.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *