Sudah menjadi rahasia umum bahwa mobil dengan plat nomor B banyak yang diperlengkapi dengan dokumen aspal (aseli tapi palsoe).
Untungnya, Polda Metro Jaya menyediakan layanan untuk memeriksa keaslian dokumen melalui SMS.
Caranya: ketik metro nopol dan kirim ke 1717. Contoh: metro b1234abc.
Balasan yang diberikan kurang lebih sebagai berikut:
NOPOL:B1234ABC
JENIS:SEDAN
MEREK:T.NEW CAMRY3.5Q AT
WARNA:SILVER
TAHUN:2007
SAH-YAD:01-01-2008
STNK-YAD:01-01-2012

Setidaknya dengan layanan tersebut, Anda bisa mencocokkan kondisi mobil Anda atau mungkin mobil yang akan dibeli.
Layanan tersebut hanya berlaku untuk Wilayah Hukum Polda Metro Jaya, tapi bisa diakses dari luar Jakarta.
FYI, saya mengirim SMS tersebut dari Yogya dan berhasil.

Follow me on social media:
Cek BPKB dan STNK

19 thoughts on “Cek BPKB dan STNK

  • 02/06/2007 at 3:22 pm
    Permalink

    kapan polda jogja punya ya?
    kayaknya masih harus dateng ke samsat dech :D

    Reply
    • 15/09/2011 at 12:15 am
      Permalink

      Untuk metro 1717 kurang efekti dan tdak akurat, contoh :
      Saya sda mencoba di 1717 ternyata mobil terdaftar
      setelah saya beli dan sewaktu saya mutasikan ke jambi ternyata mobil tersebut mobil colongan alias mobil bodong

      permasalahannya,pencuri mobil sudah pintar, mereka menyolong mobil contohnya mobil avanza, mereka tau mobil yg dicolong ini tahun berapa berdasarkan NO yg tertera di NOPOL mobil yg mereka curi dan mobil yg dicuri ini adalah mobil yg berada di Jakarta timur, terus mereka pergi ke jakarta selatan, disana mereka bisa melihat nopol mobil yg jenisnya sama dengan mobil yg mereka curi, di parkiran mall2 atau dmana saja, trus mereka mencatat nopol tersebut, terus mereka mengecek di 1717, data yg tertera di 1717 ini mereka salin dan mereka buat di mobil yg mereka curi di Jakarta Timur tadi, semua data mereka cantumkan di mobil curian td, dr NOpol, warna mobil, masa berlaku STNK dan jenis mobil, trus mereka cetak BPKB PALSU serta STNK PALSU, trus mereka jual mobil tersebut dengan harga yg tdk terlalu murah dan harga mobil yg mereka curi ms standar harga mobil seken, sewaktu pembeli mengecek nopol yg tertera di mobil yg akan dibeli, pembeli pasti merasa yakin karna mobil tersebut terdaftar di metro 1717. pembeli tdk tahu kalau data itu bukan data yg sebenarnya untuk mobil seken yg mereka beli.

      disinilah letak kelemahan METRO 1717. saya sarankan polda metro menghapus layanan sms metro 1717, karna ini jalan mempermudah pencurian mobil dijakarta.

      saya sda mengalaminya dan saya sdah tertipu dan merasa rugi atas metro 1717.

      trimakasi, semoga info ini ada gunanya buat rekan2 smua, dan dapat sebagai koreksi diri bagi POLDA METRO JAYA.

      Wasalam
      edi Jambi

      Reply
  • 02/06/2007 at 10:56 pm
    Permalink

    Gimana kalo Willy yang bikin aplikasinya? :D

    Reply
  • 17/07/2008 at 8:08 pm
    Permalink

    Saya coba pada tanggal 17 Juli 2008 udah gak ada jawaban. Padahal sms delivered dan kepotong pulsa 10rb perak….. :(

    Reply
  • 26/11/2008 at 2:39 pm
    Permalink

    aku juga coba hari ini. 2X
    anehnya 3X!!
    1. yang pertama pulsa dipotong spt sms biasa, Rp 100 (aku pake simpati)
    2. yang ke dua, makan pulsa Rp 1100
    3. semuanya gak ada reply!

    haaa… Polisi Republik Indonesia bgt… eh, polda metro bgt…
    cape deeee…

    soalnya polda jbr d0000XX, kirim ke 3977 lancar jaya.
    tetap Rp 1000. langsung direply.

    salam

    Reply
  • 25/03/2009 at 10:09 pm
    Permalink

    Salut untuk Polda Metro jkt, layanan ini oke banget, saya akses dari kaltim, hasilnya oke, trims Polda

    Reply
  • 21/10/2009 at 8:29 am
    Permalink

    Kami memproduksi dan jual aneka alat hemat BBM kendaraan dan mesin, seperti mesin botol plastik, mesin bubut kayu, mesin kerajinan, mesin batu Onyx & Gobos, mesin rol pipa & drum, mesin kincir tambak udang, mesin adonan, mesin pengolahan hasil pertanian, mesin untuk perikanan, mesin produksi, mesin usaha & industri, dan lain-lain merupakan hasil desain, riset pakar perguruan tinggi terkemuka.lihat produk di:www.antariksa_mesin.indonetwork.co.id

    Reply
  • 23/11/2009 at 6:50 am
    Permalink

    berbahagialah kami yg berada di jatim coz di jatim layanan samsat jatim ok bgt ++ cpt bgt reportnya siiiplah poko’e ( cara: Ketik Jatim spasi L1324UR krim ke7070 )

    Reply
  • 05/07/2010 at 8:26 pm
    Permalink

    1717 sedang maintenance oom..

    Reply
  • 23/07/2010 at 9:57 pm
    Permalink

    ealah ternyata hanya wilayah jakarta
    untuk JATIM belum ada layanan
    tiwas ane nyoba
    pulsa ane kepotong 1100 X-(

    Reply
  • 25/08/2011 at 9:52 am
    Permalink

    sudah mati… gak bisa reply lagi, jadi gak usah coba-coba

    Reply
  • 18/02/2012 at 10:38 am
    Permalink

    sampe botak jg ga ada jawaban ihhhhh terus2 an coba neggg

    Reply
  • 18/02/2012 at 10:38 am
    Permalink

    terus klo mau cek skrng kmna? plis info

    Reply
  • 11/06/2012 at 11:47 pm
    Permalink

    gelo nih, masa polisi ga mikir kalau data plat di umbar sembarangan ?????

    bego, bego, ya kalau mau check plat nomer ya mbok pakai primary key misal ” nomer bpkb” atau apalah sebagai kunci/keynya, biar ga semua orang bisa cek sembarangan, toh kalau mau jual pasti yang punya ga keberatan check lewat sms bareng yang beli

    Reply
  • 17/01/2016 at 10:08 am
    Permalink

    pak polisi daerah saya banyak mobil berdatangan plat B yg di indikasikan hasil kejahatan,kenapa?tidak masuk akal,orang punya mobil dg penghasilan 1 jt sebulan (tukang cuci motor),mobilnya seharga 100jt keatas. B 1310 TGZ

    Reply
    • 17/01/2016 at 7:06 pm
      Permalink

      Waduh, saya bukan polisi. Saya cuma menyampaikan informasi saja ini

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *