Nol = Kosong ?

Sudah agak lama saya terganggu dengan penyebutan “kosong” untuk menggantikan angka nol. “Kosong delapan kosong sembilan …” begitu bunyi iklan T*lk*mn*t I*****t. Kalo ada kuis, presenternya bilang: “Ayo silakan telpon ke kosong dua satu …”.

Apakah itu benar??? Saya udah nyoba ubek-ubek Wikipedia, tapi nampaknya informasi mengenai hal itu belum ada. Saya cuma mencoba mengingat-ingat pelajaran matematika SD dulu. Ada bilangan asli, bilangan cacah, bilangan bulat, dan bilangan kosong. Nah, yang disebut terakhir ini betul-betul sesuatu yang kosong, bahkan angka 0 pun tidak ada di dalamnya.

Dalam Bahasa Inggris, nol = zero dan kosong = nil/null/empty (CMIIW). Di dunia komputer, 0 dan kosong (NULL) juga berbeda. Jadi kelihatannya ini adalah salah satu kesalahkaprahan yang cukup parah dalam Bahasa Indonesia, seperti halnya posting saya sebelumnya, mengapa C dibaca K.

Saya sendiri mencoba membiasakan diri untuk membaca 0 dengan nol, bukan kosong, terutama saat menyebutkan nomor telpon/HP. “Anda bisa menghubungi saya di nol delapan satu tiga …”.

BTW, setidaknya ada dua blog lain yang pernah menyinggung hal ini: belalang dan my-inspirational-life.

Follow me on social media:

Similar Posts

5 Comments

  1. wah, ternyata kita ‘se-iman’ ya pak untuk urusan nol dan kosong. saya juga selalu membiasakan bilang nol untuk menyebutkan no hp saya ke teman. paling tidak untuk tidak menambah kesalahkaprahan 🙂

    salam kenal pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.