Cara Beli Motor Pakai Kartu Kredit Beserta Syaratnya

Selain melalui leasing, kamu juga bisa beli motor pakai kartu kredit. Skema pembelian motor dengan kartu kredit sebenarnya sama saja dengan menggunakan leasing. Bedanya, kamu mengangsur cicilan langsung kepada bank penerbit kartu kredit, tidak melalui leasing.

Ada banyak manfaat yang akan kamu terima dengan memanfaatkan jenis pembayaran ini. Salah satunya mendapatkan promo cicilan 0%. Dengan promo ini, kamu tidak akan dikenakan bunga untuk setiap pembayaran angsuran kredit. Namun tidak semua toko atau dealer memiliki promo ini. Hanya toko dan dealer tertentu yang memberikan promo cicilan 0% untuk setiap pembelian dengan kartu kredit.

Cara dan Persyaratan Beli Motor Pakai Kartu Kredit

Terdapat beragam cara untuk mendapatkan motor idaman kamu. Salah satunya dengan membeli menggunakan kartu kredit. Cara ini dinilai lebih praktis daripada membeli lewat leasing dan memiliki banyak sekali keuntungan. Berikut cara untuk membeli motor menggunakan kartu kredit yang perlu kamu ketahui:

kartu kredit
Foto oleh Sebastian Wagner dari Pixabay

1. Menentukan Tipe Motor yang Diinginkan

Hal pertama yang terlebih dahulu dilakukan adalah menentukan tipe motor yang kamu inginkan. Ada beragam pilihan merk motor dan varian yang bisa kamu pilih. Bisa dengan mencari informasinya di internet atau mendatangi showroom langsung.

Dari tipe yang kamu pilih itu terdapat harga yang harus dibayarkan. Harga motor di setiap toko atau dealer pastinya berbeda. Biasanya perbedaan tersebut dikarenakan adanya biaya OTR, artinya biaya ini sudah termasuk pajak serta pengurusan STNK dan BPKB.

Dengan mengetahui harga motor ditambah OTR, kamu bisa memperkirakan berapa besaran angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Dari situ juga kamu dapat mengukur kemampuan finansial kamu untuk membeli motor secara kredit.

2. Menentukan Toko atau Dealer Tempat Membeli Motor

Setelah memutuskan tipe motor yang ingin dibeli, selanjutnya tentukan di mana kamu ingin membeli motor tersebut. Beli motor dengan kartu kredit bisa dilakukan ke dealer langsung atau secara online, seperti berikut:

a. Membeli di Dealer

Tidak semua dealer menyediakan fasilitas pembayaran kartu kredit. Untuk itu kamu harus melakukan survei terlebih dahulu untuk menentukan di mana akan membeli sepeda motor.

b. Membeli di Marketplace

Jika tidak menemukan dealer di domisili sekitar kamu yang menyediakan pembayaran kartu kredit, kamu bisa membeli secara online di marketplace. Pembelian motor dengan kartu kredit di marketplace sangat gampang dilakukan. Kamu juga berkesempatan mendapat cicilan 0% untuk pembelian unit sepeda motor dengan kartu kredit.

3. Limit Kartu Kredit Di Atas Harga Motor

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah limit kartu kredit yang digunakan. Kamu tidak bisa membeli unit motor motor impian jika limit kartu kredit kamu tidak mencapai harga motor yang dipilih. Katakanlah harga motor 20 juta, maka setidaknya limit kartu kredit kamu adalah 21 juta.

kartu kredit
Foto oleh SplitShire dari Pixabay

Persyaratan Membeli Sepeda Motor dengan Kartu Kredit

Syarat membeli motor menggunakan kartu kredit antara lain harus menyertakan dokumen berupa KTP kamu dan pasangan kamu, KK, NPWP dan yang pasti kartu kredit. Kamu bisa membawa dokumen-dokumen tersebut ke dealer yang menyediakan pembayaran dengan kartu kredit.

Jika pembelian dilakukan secara online, misalnya di Tokopedia, berikut langkah-langkahnya:

  • Pilih unit motor yang akan dibeli, lalu tambahkan ke Keranjang
  • Pada metode pembayaran, pilih Kartu Kredit/Cicilan
  • Lalu isikan detail informasi kartu kredit Anda di kolom yang tersedia
  • Aktifkan Cicilan Kartu Kredit, lalu pilih durasi cicilan yang diinginkan, mulai dari 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan
  • Klik Bayar
  • Lalu masukkan Kode Otorisasi yang dikirim oleh bank, dan klik OK

Kamu berkesempatan mendapatkan cicilan 0% jika membeli di marketplace. Adapun maksud dari cicilan 0% yaitu kamu tidak akan dikenakan bunga untuk setiap pembayaran angsuran.

Misalnya harga motor Rp12 juta, dan kamu memilih tenor 12 bulan, maka setiap bulan kamu cukup membayar Rp1 juta saja.

Cicilan 0% harus dibayarkan tepat waktu. Bila kamu membayar melewati jatuh tempo, kamu akan dikenakan denda sesuai ketentuan dari bank penerbit kartu kredit.

Membeli motor baru juga bisa menggunakan fasilitas pinjaman pendanaan otomotif dari Bank Danamon. Fasilitas ini adalah kerjasama antara Bank Danamon dengan Adira Finance.

Terdapat beragam keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan pendanaan ini seperti diantaranya asuransi kendaraan, asuransi kejiwaan dan personal accident yang khusus hanya untuk nasabah Bank Danamon.

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.