Semakin Tinggi Resolusi Printer Semakin Bagus, Benarkah?

Memilih printer terbaik biasanya dilakukan dengan berbagai pertimbangan, mulai dari spek yang tinggi, fitur canggih yang beragam sampai harga yang sebanding dengan kualitasnya.

Perlu diketahui bahwa harga printer selalu berbanding lurus dengan spek dan fiturnya jadi jika ingin mendapatkan perangkat yang bagus kamu memang perlu berinvestasi di depan demi penggunaan jangka panjang yang lebih terjamin.

Di sisi lain, ternyata spek dan fitur bukanlah satu-satunya parameter untuk kualitas mesin seperti printer infus. Tidak sedikit orang yang mengejar resolusi printer karena dianggap menentukan kualitas hasil cetakannya.

Semakin tinggi besaran resolusi yang tertulis, akan semakin bagus hasilnya. Hal ini sebenarnya tidak salah. Hanya saja, resolusi tinggi tidak selalu berarti HD, lho. Supaya tidak bingung dan merasa tertipu coba deh, kamu cari tahu apa benar resolusi printer mempengaruhi performanya? Baca sampai habis, ya.

Apa sih arti resolusi printer?

Kamu yang awam dengan perangkat elektronik, termasuk printer, mungkin bingung dengan arti dari resolusi. Yang kamu tahu adalah makin tinggi resolusi, makin tajam gambar atau hasil cetak yang dihasilkan. Pemahamanmu ini sama sekali tidak salah karena faktanya memang begitu. Hanya saja, pengertian ini perlu dibuat lebih rinci agar kamu paham dengan arti resolusi sebenarnya. 

resolusi printer
Sumber: duggal.com

Resolusi pada printer digambarkan dalam format dua baris angka, contohnya 2400 x 1200 dpi. Angka pertama yaitu 2400 menandakan jumlah titik yang mampu dicetak oleh 1 mesin printer pada garis horizontal di atas kertas, dan dihitung dalam skala setiap inci. Angka kedua, 1200, menandakan total jumlah titik yang dapat dicetak oleh printer kita pada garis vertikal. Gabungan antara garis vertikal dan horizontal itu menciptakan hasil atau kualitas gambar yang dicetak dimana makin besar angkanya, hasilnya juga akan lebih halus dan tajam.

Kenali persaingan resolusi printer

Tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa iklan atau marketing seringkali menjebak salah satunya dalam hal resolusi printer. Mungkin kamu pernah melihat printer yang memiliki resolusi seperti 2880 x 720 dpi” atau “2400 x 1200 dpi”. Jika tidak jeli maka kamu akan menganggap bahwa printer dengan resolusi depan 2880 lebih handal dan berkualitas karena bisa menghasilkan gambar yang lebih tajam.

Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Ingat bahwa kualitas cetakan dipengaruhi oleh jumlah titik di bidang vertikal dan horizontal yang berarti keduanya harus sama-sama memiliki angka yang besar. Walaupun printermu memiliki jumlah titik 2880 namun tidak diimbangi dengan bidang horizontalnya yang hanya 720. Itu artinya, jika dibandingkan printer dengan resolusi 2400 x 1200 dpi malah lebih baik.

Kebutuhan Printer Resolusi Tinggi

Poin ini adalah pembahasan menarik. Kadang kamu tergiur dengan perangkat yang memiliki spek tinggi karena dianggap lebih canggih dan modern. Termasuk juga masalah resolusi dimana kamu kepincut dengan angka besar karena yakin hasil cetaknya lebih tajam dan halus. Konsep ini tidak salah karena memang demikian. Akan tetapi, apa kamu benar-benar butuh printer seperti ini?

Sebagai informasi saja, printer dengan resolusi tinggi memiliki loading yang lebih lama karena harus “mencurahkan” tinta dan kinerja mesin dengan lebih detail. Atau dengan kata lain, kualitas hasil cetakan tidak berbanding lurus dengan kecepatan cetaknya. Kalau kamu membutuhkan printer untuk mencetak foto, printer high resolution tentunya jadi pilihan tepat. Tapi, kalau sehari-harinya kamu hanya perlu mencetak berbagai laporan, jangan membuang uang untuk membeli printer dengan spek yang ketinggian begini.

resolusi printer
Foto oleh George Milton

Kualitas Printer Bukan Hanya Soal Resolusi

Nah, ini dia yang wajib banget kamu garisbawahi, bahwa kualitas printer infus tidak semata-mata ditentukan oleh resolusinya saja. Memang sih, semakin tinggi resolusi akan semakin halus dan tajam hasil cetakannya. Namun, ingat bahwa kualitas tinta yang kamu gunakan juga punya andil besar dalam performanya. Kalau printer jempolan dan premium kamu beri tinta kelas tiga, jangan kaget bila hasil cetakannya “B” saja. 

Kesimpulannya, kualitas printer terbaik bukan hanya ditentukan oleh resolusi dengan angka tinggi saja. Ada faktor lain yang juga mempengaruhinya misalnya mutu dari tinta yang kamu gunakan. Dengan begini, jangan gampang kepincut dengan printer resolusi tinggi karena kalau tidak bisa mengoperasikannya dengan baik akan percuma.

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.