8 Tempat Wisata Edukatif yang Cocok untuk Membawa Anak Sekolah Liburan

Semester genap, untuk anak-anak sekolah merupakan masa-masa yang menyenangkan. Terutama buat mereka yang tidak berada di kelas level terakhir. Kenapa demikian, sebab semester genap itu banyak liburnya. Dari mulai libur tanggal merah di kalender, hingga libur akibat sekolah yang menyelenggarakan ujian. So, masa liburan ini menjadi waktu yang tepat untuk anak-anak sekolah berwisata.

Untuk kamu yang berencana liburan, entah karena memang masih sekolah atau karena punya anak sekolah, yuk checkin Lion Air ke Kota Malang. Selain bisa membuat refreshing juga menambah wawasan. Iya, di Kota Malang ada banyak pilihan destinasi wisata edukatif. Jadinya, membawa anak sekolah ke tempat ini sama juga dengan mengajak mereka belajar. Tapinya belajar dengan cara yang asyik. Dan mereka pasti akan menyukainya.

Berikut ini tempat-tempat wisata edukatif di Kota Malang yang bisa dijadikan pilihan.

1. Eco Green Park

Ini tempat wisata edukatif yang bisa jadi pilihan pertama. Eco Green Park. Kenapa jadi pilihan pertama, sebab tempat ini sendiri punya konsep Fun and Study Jungle Adventure. Berbagai informasi bermanfaat bisa didapatkan di sana. Dari mulai pengolahan sumber daya alam, proses yang dilalui listrik tenaga air dan uap, hingga melihat wahana Skema Pompa Gravitasi Air atau yang disebut sebagai Hidram. Tak lupa, aneka jenis satwa, khususnya berbagai macam burung, akan membuat pengunjung berdecak kagum.

2. Batu Secret Zoo

Anak-anak sekolah juga biasanya berkunjung ke kebun binatang. Nah di Malang, ada kebun binatang yang modern dan juga lengkap. Namanya Batu Secret Zoo, yang lokasi tepatnya ada di Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Kebun binatang yang punya luas sekitar 14 hektare ini akan disukai anak-anak sekolah. Selain karena aneka satwanya yang superlengkap, juga karena di sana ada banyak wahana yang bisa membuat anak-anak bermain. Seperti Fantasy Land, River Adventure, Feeding Birds, Giant Wheel, hingga Museum Satwa.

3. Museum Angkut

Tempat ini sangat hits di media sosial. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini mengabadikannya di dalam foto. Dan foto-fotonya, diunggah di media sosial. Nah anak-anak sekolah, pasti suka diajak ke tempat yang seperti ini.

Sesuai namanya, Museum Angkut merupakan tempat wisata yang isinya, secara keseluruhan, berhubungan dengan transportasi. Dari mulai alat transportasi antik hingga yang terbaru dan canggih, ada di tempat ini. Jumlahnya pun sangat banyak, yakni 300 jenis mobil. Jangan salah, museum ini merupakan museum transportasi pertama lho di Asia.

4. Museum D’Topeng

Museum ini merupakan salah satu museum berkonsep unik. Itu sebabnya museum ini wajib dikunjungi. Isinya sendiri itu adalah aneka koleksi benda-benda warisan budaya Indonesia. Dari mulai dari patung, batik, keris, serta hal-hal lain yang khas dari Indonesia. Hingga sekarang, museum yang konsepnya unik dan beda seperti ini, mungkin baru dipunyai museum ini.

5. Museum Panji

Kamu yang menyukai hal-hal berbau jadul harus mampir ke tempat yang satu ini. Namanya museum Panji. Adapun isinya itu adalah berbagai macam hal antik dari masa lalu. Misalnya saja pertunjukan Tari Topeng khas Malang, bangunan museum yang seperti bangunan tempo dulu, poster iklan jadul, aneka kutipan sejarah, dan berbagai macam pernik zaman kolonial Belanda dahulu. Yang keren, kesemuanya tersimpan dengan rapi dan terawat di museum Panji.

6. Agro Tawon

Pernahkan kamu penasaran dengan bagaimana cara dan rasanya memanen madu? Nah untuk yang penasaran, tempat ini bisa menjadi jawabannya. Sebab di sini, setiap pengunjung bisa merasakan sendiri bagaimana memanen madu. Namun untuk bisa melakukannya secara lengkap, kamu harus memberi tahu kedatanganmu seminggu sebelumnya. Supaya tidak bentrok dengan pengunjung lain. Dan selain itu, di sana kamu juga akan menambah wawasan di dalam berbagai hal mengenai lebah dan juga tawon.

7. Museum Mpu Purwa

Kamu ingin menambah wawasan mengenai berbagai hal mengenai kerajaan Majapahit? Datanglah ke Museum Mpu Purwa. Museum yang satu ini punya sekitar 136 koleksi arca dan juga prasasti mengenai hal itu. Tak semua koleksi yang ada di sana merupakan milik museum ini, lho. Sebagian besarnya malah merupakan koleksi pribadi dari masyarakat yang ada di sana.

Nama Museum ini sendiri, yakni Mpu Purwa, itu diambil dari nama ayah Ken Dedes. Tahu kan siapa Ken Dedes? Ya, perempuan yang diculik Tunggul Ametung, yang karena hal ini menjadi sumber berawalnya peperangan yang dipimpin Ken Arok. Pada akhirnya, Ken Arok menjadi raja. Dan Ken Dedes menjadi ratunya.

8. Candi Singhasari

Di Malang juga ada candi. Namanya Candi Singhasari. Sesuai namanya, candi ini adalah jenis candi Hindu-Budha yang jadi peninggalan Kerajaan Singhasari. Candi ini sendiri terletak sebuah lembah antara Pegunungan Tengger dan Gunung Arjuna, yang punya ketinggian 512m dpl.

Bangunan Candi Singhasari jika dilihat sekilas itu seperti bersusun dua, sebab bawah atap candinya punya bentuk persegi. Nah di bagian dalamnya, ada sebuah ruangan tempat arca Lingga dan Yoni. Adapun di tiap sisinya ada arca. Arca Ganesha di bagian timur dan arca Resi Agastya di selatan selatan. Sedangkan arca Durga itu adanya di sisi bagian utara.



Itu dia 8 tempat wisata edukasi yang bisa kamu kunjungi bersama anak-anak sekolah di sekitar Malang. Selain membuatmu refreshing juga menambah wawasan. Kamu berencana ke Malang dalam waktu dekat?

Coba cek Traveloka sekarang juga. Di sana ada banyak tiket pesawat murah ke Malang yang bisa kamu booking. Yuk berwisata ke tempat edukatif supaya wawasanmu bertambah!

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.