5 Wisata Hits di Solo, Kamu Pernah ke Sini?

Berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Yogya, Solo merupakan salah satu kota tujuan wisata di Jawa Tengah. Warisan budaya yang masih lestari dilengkapi kuliner lokal yang menggugah selera menjadi alasan mengapa kota ini begitu menarik di mata wisatawan.

Apalagi saat ini akses menuju kota Solo sangat mudah dengan banyak pilihan transportasi mulai dari layanan bus dan travel seperti Travel Joglosemar, kereta api, serta pesawat. Sebagai kota wisata, menemukan penginapan murah dan nyaman di Solo bukan lagi perkara sulit.

Nah, kalau kamu belum punya agenda saat liburan nanti, kamu dan keluarga bisa memilih kota Solo sebagai destinasi liburan. Inilah 5 wisata hits di Solo yang siap membuat momen liburanmu lebih berkesan.

1.    Keraton Solo

Siapa yang tak kenal objek wisata satu ini? Keraton Solo yang juga akrab dengan sebutan Keraton Surakarta Hadiningrat ini merupakan salah satu ikon kebanggaan Kota Solo. Itu sebabnya, saat berkunjung ke Solo rasanya kurang afdal kalau kamu belum mampir ke sini.

5 wisata hits di solo
Sumber: Wikipedia

Secara keseluruhan Keraton Solo punya tiga belas ruangan di mana setiap ruangan menghadirkan cerita sejarah yang berbeda. Ada ruangan yang menampilkan foto raja-raja yang pernah berkuasa sebelumnya, ada pula sebuah ruangan yang menyimpan alat-alat kesenian tradisional seperti gamelan dan wayang.

Kalau kamu penasaran dengan pesona sejarah Kota Solo, kamu bisa mengunjungi tempat ini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15 ribu per orang.

2.    Pandawa Water World

Hal seru lainnya yang bisa kamu lakukan selama liburan di Solo adalah bermain air di Pandawa Water World. Dengan harga tiket masuk mulai dari Rp 80 ribu, wisatawan yang datang bisa menjajal sejumlah wahana air yang ada.

Tersedia berbagai seluncuran air untuk kamu yang hobi menantang adrenalin. Ada juga kolam arus dan kolam ombak tempat di mana kamu bisa merasakan sensasi berenang seperti di laut. Buat penikmat selfie tak perlu khawatir, sebab di sini ada beberapa spot instagramable untuk berfoto.

3.    Tumurun Private Museum

Kalau biasanya museum di Solo identik dengan nuansa antik dan tradisional, Tumurun Private Museum justru tampil lebih modern dengan menghadirkan karya-karya dari maestro kenamaan Indonesia seperti Rudi Mantofani, Affandi, dan Hendra Gunawan.

Pada salah satu sudut ruangan, wisatawan pun bisa melihat instalasi seni yang unik beserta koleksi mobil antik. Selama kunjungan kamu akan ditemani oleh seorang pemandu yang bertugas menjelaskan tentang latar belakang atau sejarah dari karya yang ada.

Menariknya lagi, wisatawan bisa menikmati objek wisata ini secara gratis dengan catatan wajib melakukan registrasi kunjungan di www.tumurunmuseum.org.

4.    The Heritage Palace

Wisata Solo The Heritage Palace merupakan destinasi kekinian yang hits di kalangan masyarakat setempat. Dulunya dikenal sebagai pabrik gula Gembongan, kini tempat ini telah disulap menjadi kawasan wisata bernuansa Eropa Klasik.

Berdiri di atas lahan seluas 2,2 hektare, The Heritage Palace menyuguhkan koleksi mobil-mobil kuno seperti mobil Dodge 1948, Chevrolet Bel Air USA 1955, dan Jeep Willys USA 1943.

Selain menampilkan keunikan mobil-mobil kuno, bentuk bangunan The Heritage Palace pun tak kalah menarik karena menyerupai kastil Eropa zaman dulu. Berkat suasana klasik yang ada, tempat ini pun sukses menjadi incaran wisatawan untuk berfoto. Bahkan ada juga yang menjadikan The Heritage Palace sebagai spot untuk foto pre-wedding.

Tertarik mengunjungi tempat satu ini? Kamu bisa membeli tiket masuknya melalui Traveloka seharga Rp 55 ribu.

5.    Pasar Klewer Solo

Wisata hits Solo yang terakhir adalah Pasar Klewer. Sejak dulu Pasar Klewer dikenal sebagai surganya batik Solo yang dijual dengan harga murah. Selain batik, pasar ini juga menjual barang lainnya seperti gamis, baju bayi, dan kaos untuk orang dewasa.

Kalau kamu ingin mencari oleh-oleh buat keluarga di rumah, kamu bisa menemukannya di sini. Sekilas tentang asal-usul nama Pasar Klewer, kata klewer diambil dari kleweran yang berarti terjuntai. Hal ini tak lepas dari kebiasaan pedagang yang dulunya berjualan kain batik dengan posisi terjuntai.

Puas berbelanja, di sekitar Pasar Klewer terdapat kios-kios kuliner enak yang menawarkan olahan lokal seperti tengkleng, timlo, serabi, dan gethuk. Bagi pengunjung yang ingin bernostalgia dengan kuliner tradisional, kamu bisa membelinya di sini.

Itulah 5 tempat wisata terkenal di Solo yang bisa kamu kunjungi bareng keluarga saat liburan. Selamat bersenang-senang!

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.