Terawang Singkat Euro 2012

Biasanya kalau ada event sepak bola besar seperti ini, saya akan ikutan nimbrung sok pintar jadi pengamat bola. :mrgreen:

Dan demi melanjutkan tradisi itu, kali ini saya tetap akan menulis lagi tentang event Euro 2012, meskipun telat karena nanti malam WIB sudah dimulai, hehe. (doh)

Nah, kalau melihat daftar peserta kali ini, rasanya kok dominasi belum akan bergeser. Sepertinya Jerman, Italia, Spanyol, dan Belanda masih tetap akan menjadi momok yang ditakuti lawan-lawannya.

Spanyol – sang juara bertahan – didominasi oleh pemain Barca dan Real Madrid yang tak diragukan lagi adalah dua klub terkuat saat ini. Walaupun bara perselisihan antar keduanya bisa juga menjadi masalah.

Jerman dikenal sebagai tim turnamen. Cuma di Euro 2000 dan 2004 saja mereka babak belur (Thanks to Alyak atas koreksinya). Di Euro 2000 malah jadi penghuni dasar klasemen babak grup. Di luar itu, minimal perempat final selalu di tangan. Bahkan Jerman (termasuk ketika bernama Jerman Barat) adalah tim yang paling banyak mencicipi pertandingan final. Bukan cuma itu, jumlah gelar juara Eropa mereka juga paling banyak.

Italia adalah tim kuat yang paling misterius. Kalau sebelum bertanding dapat masalah, mereka malah berprestasi. Lihat saja saat mereka juara Piala Dunia 2006. Mereka berangkat dengan terpaan skandal Calciopoli. Kini mereka juga berangkat dengan membawa skandal. Jadi? Ya entahlah. (evilsmirk)

Namun dari sisi teknis, jangan lupa kalau mereka diperkuat oleh tujuh pemain Juventus, yang tak terkalahkan di Liga dan meraih Scudetto.

Belanda. Hmmm, gimana ya? Tim ini selalu kuat di babak awal tapi memble kalau sudah dekat final. Baru sekali mereka punya gelar, yaitu Euro 1988. Belanda juga dikenal punya pemain-pemain bertalenta tapi karakternya sulit ditebak. Jadi dalam terawangan saya, Belanda masih tetap belum bisa juara.

Selain empat tim unggulan versi saya itu, ada Portugal dan Inggris yang cukup mentereng. Saya memang tidak hafal pemain Portugal kecuali Christiano Ronaldo *pentung diri sendiri* (kepruk) tapi faktor Ronaldo cukup kuat untuk menghantar Portugal lolos ke perempat final. “Sialnya”, mereka berada di grup yang sama dengan Jerman dan Belanda. Namun saya malah menjagokan Portugal yang lolos, mendampingi Jerman.

Inggris? Ah sudahlah …  (ngacir)

Lalu jago saya sebenarnya siapa? Seperti twit saya kemarin “Di Euro 2012 nanti, roh saya buat Italia, tapi otak saya kok bilang Jerman bakal juara ya, repotnya hati kecil malah bilang Spanyol juaranya” Hehehe  (lmao)

Ya ya, tapi kalau disuruh memilih, saya pilih Jerman (rock)

Namanya juga ramalan, kalau cocok ya syukur, enggak ya sudah. Nothing to lose. Cuma saya punya pengalaman menebak dengan tepat juara Piala Dunia 2010. (hassle)

Oh ya, bagi yang mau jadwal lengkap Euro 2012 dalam format Excel yang bisa diedit, lengkap dengan Klasemen dan babak perempat final hingga final, silakan download di sini. File itu aslinya didapat dari www.excely.com.

Follow me on social media:

Similar Posts

16 Comments

  1. jiah, penting banget ada kalimat “jangan lupa kalau mereka diperkuat oleh tujuh pemain Juventus” ya ooommm… >_<

    anyway, saya juga dukung jerman. kali ini kita sekubu omm.. *lonjak2*

  2. *setuju sama icit* penting banget ya ada kalimat 7 pemain si kuda jingkrak.. 😛

    saya ga berat ke tim manapun sebenernya.. kalopun disuruh milih, entah kenapa saya milih belanda karena maennya lebih asik ditonton. tapi kalo ditanya lagi siapa yang bakal juara, jerman lebih afdol rasanya. alesannya gampang aja sih, mereka tim yang paling siap dan memang tim turnamen. tau kan artinya tim turnamen? ^^

  3. Prancis … gak disebutin sama sekali di sini (kepruk)

    Jadi sy pilih Prancis!!! (rock)

    etapi, itu roh saya, kalo otak sama hati kecil ya … (ngacir)

  4. Tulisan pendukung Juventus garis keras nih om yahya! =))
    Saya hati kecil dukung italia, tapi logika dukung spanyol!

  5. Jerman lah… Penerawangan mbah Jambrong menyebutnya demikian. Atau om Yahya juga nguping kata mbah jamrong? 🙂

  6. Pingback: Editorial: ‘Skandal’ Pertanda Hoki Italia? | soccernews.me
  7. The other day, while I was at work, my sister stole my apple ipad and tested
    to see if it can survive a thirty foot drop, just so she can be a
    youtube sensation. My apple ipad is now destroyed and she has
    83 views. I know this is totally off topic but I had to
    share it with someone!

Leave a Reply

Your email address will not be published.