Prediksi Piala Dunia 2010

Setiap kali ada suatu event olah raga besar, selalu muncul perbincangan menarik mengenai siapa yang bakal juara. Apalagi ini pagelaran semegah Piala Dunia. Saking megahnya, kata Piala Dunia akan selalu terasosiasi dengan sepakbola, padahal di cabang olah raga lain juga ada Piala Dunia.

Nah, siapa kira-kira yang bakal juara?

Rasa-rasanya, tim yang paling berpotensi juara tidak jauh dari mantan-mantan juara, yaitu:

  • Brasil (5x)
  • Italia (4x)
  • Jerman (3x)
  • Argentina (2x)

Lalu masih ada Inggris, Perancis, dan Uruguay.

Di luar kelompok mantan, ada Belanda dan Spanyol yang siap mendobrak tradisi.

Berikut ini ulasan dari pengamatan saya pribadi.

Brasil

Brasil adalah dewanya sepakbola. Mereka jugalah satu-satunya negara yang tidak pernah absen di pagelaran Piala Dunia.

Hampir di setiap keikutsertaan mereka di Piala Dunia, mereka memiliki tim yang komplit. Kali inipun rasanya demikian.

Sektor tengah dan depan dihuni nama-nama yang bakal bikin keder lawan-lawan mereka, sebut saja Kaka, Melo, Luis Fabiano, dan Robinho. Sayang sekali Diego melempem di Juventus, sehingga Dunga mengabaikannya. Padahal Diego sebenarnya memiliki kualitas untuk mendampingi Kaka di tengah.

Sektor belakang dan kiper rasa-rasanya masih kurang mumpuni. Maklumlah, filosofi Brasil adalah menyerang dan menyerang.

Kalau mereka kurang bisa mengendalikan diri, seringkali itu jadi bumerang, seperti halnya tragedi 10 melawan 2 (Brasil vs Italia) di Piala Dunia 1982. 10 dewa sepakbola asal Brasil dikalahkan oleh Paolo Rossi dan Dino Zoff. (hassle)

 

Italia

Jangan pernah meremehkan Italia, seburuk apapun hasil kualifikasi dan uji coba mereka. Justru kalau hasil uji coba dan kualifikasi jelek, Italia malah biasanya melaju sampai babak-babak akhir Piala Dunia.

Melihat komposisi pemain mereka kali ini, sektor belakanglah yang paling ampuh, nyaris berbalik 180 derajat dengan Brasil.

Siapa yang meragukan Buffon sebagai kiper terbaik dunia? Lalu Chiellini, Criscito, Cannavaro, Zambrotta siap menjadi satpam yang galak, sekalipun dua nama terakhir sudah mulai uzur.

Di tengah tidak ada pemain kreatif, malah sudah pada “sepuh”, macam Gattuso, Pirlo, Camoranesi. De Rossi mungkin yang bisa diharapkan.

Di depan? Nah, inilah yang berbahaya. Maksudnya berbahaya bagi kelangsungan hidup Italia, bukan bagi lawan (lmao)

Rasanya kok gerendel Catenaccio bakalan muncul lagi (doh)

 

Jerman

Der Panzer adalah tim spesialis turnamen. Sangat jarang mereka gugur di babak awal. Kekuatan mereka ada di kolektivitas. Jarang-jarang ada pemain Jerman yang sangat menonjol dibandingkan rekan-rekannya, umumnya mereka semua memiliki kualitas nyaris merata.

Pasukan Jerman juga umumnya tidak menonjol di klub. Tetapi mereka bisa menjelma menjadi “buas” tatkala berbaju tim Nasional. Siapa saja? Cukup banyak, ada Klose, Podolski, Schweinsteiger, dan Lahm.

Permainan Jerman juga tidak terlalu menarik sebenarnya. Mereka lebih mengandalkan possession dan menanti lawan lengah.

Sayang sekali salah satu motor tim mereka, Ballack, harus absen karena cedera.

 

Argentina

Sebagaimana tim Amerika Latin lainnya, Argentina hampir selalu memainkan sepakbola menarik. Menarik untuk menunggu kiprah Argentina karena faktor pelatih mereka, yaitu Maradona, salah satu pemain terbaik dunia yang pernah terlahir di dunia ini.

Apakah kiprahnya sebagai pelatih akan secemerlang kiprahnya sebagai pemain? Saya harap tidak sesuram kisah hidupnya yang keluar masuk rehabilitasi narkoba.

Argentina juga diperkuat oleh Messi, seorang yang disebut-sebut sebagai titisan Maradona. Jadi apakah duet Maradona dan Messi mampu mengangkat Argentina ke peringkat tertinggi?

Messi diharapkan mampu bermain cemerlang sebagaimana dia membawa Barcelona berprestasi sangat baik di Spanyol dan Eropa. Namun perlu dicatat, di timnas Argentina, Messi boleh dibilang akan berjuang “sendirian”, karena rekan-rekannya tidaklah semumpuni rekan setimnya di Barcelona.

Ketajaman Milito saat di Inter juga diharapkan menular di timnas Argentina.

 

Inggris

Menilik susunan skuadnya, Inggris boleh dibilang memiliki tim yang seimbang di depan, tengah, dan belakang. Tapi kipernya? Tanda tanya besar. Dan ini memang kelemahan Inggris sejak era Gordon Banks.

Tuah Fabio Capello yang sukses menangani Milan, Madrid, dan Juventus diharapkan menular ke tim Inggris.

Mudah-mudahan saja para pemain Inggris tidak datang dengan membawa kelelahan, mengingat Liga Inggris merupakan liga terpadat di dunia.

Lalu mudah-mudahan juga para WAGS (K) bisa membawa berkah tersendiri bagi para pemain, bukan sebaliknya justru membawa petaka.

 

Perancis

Perancis adalah tim yang sulit diprediksi. Juara di 1998, tapi melempem total di 2002. Tersingkir di babak pertama, bahkan tanpa mencetak satu golpun! Lalu di 2006 masuk final lagi dan cuma kalah adu penalti.

Tanpa ada maestro sekelas Zidane, nampaknya Perancis juga kurang bisa berbicara banyak di Piala Dunia kali ini.

 

Uruguay

Predikat mantan juara, nampaknya cuma itu yang pantas disematkan pada Uruguay. Akhir-akhir ini mereka jarang bisa “berbicara” di ajang internasional.

 

Belanda

Nah, Belanda adalah kebalikan Uruguay. Julukannya adalah juara tanpa mahkota. Belanda selalu tampil “mengerikan”, di awal-awal turnamen seringkali menang dengan skor besar dan bisa menang juga lawan tim mapan. Tapi nafas mereka seringkali habis di pertengahan turnamen dan jarang mencapai puncak.

Apalagi skuad mereka kali ini kebanyakan terbuat dari beling. Mudah pecah alias rentan cedera.

Mudah-mudahan saja Belanda bisa mempertahankan ritme permainan mereka dan pemain-pemain seperti Robben, Sneijder, Van Persie, Van der Vaart, terhindar dari cedera selama turnamen.

 

Spanyol

Boleh dibilang, dari seluruh tim yang saya sebutkan di atas, Spanyol adalah tim yang paling merata kualitasnya, mulai dari kiper, belakang, tengah, hingga depan.

Ada Iker Casillas, Puyol, Ramos, Alonzo, Iniesta, Xavi, Fabregas, Villa, Torres, wow, ngeri bung! (woot)

Spanyol juga didominasi pemain Barcelona (minus Messi :p ) sehingga rasanya roh Barcelona yang berprestasi tinggi dua tahun terakhir ini bisa mengangkat Spanyol.

Soal “kutukan” tidak pernah mampu berbicara di ajang internasional, rasanya sudah bisa dipatahkan Spanyol. Ingat, mereka datang ke Piala Dunia ini membawa status Juara Eropa 2008.

 

Prediksi Saya

Nampaknya sudah bisa diterka ya prediksi saya. :mrgreen: Ya, secara logika saya akan menjagokan Spanyol sebagai juara Piala Dunia 2010.

Walaupun kalau main “perasaan”, hati kecil saya tetep berharap pada Italia atau Jerman. Pada Italia karena saya penggemar Juventus, pada Jerman karena sejak pertama kali nonton Piala Dunia (1982) hingga 1994, saya selalu pegang Jerman.

Selamat menikmati Piala Dunia (cozy)

Follow me on social media:

Similar Posts

36 Comments

  1. Well oom…
    jadi gini, di rumah itu hasil suatu pertandingan bola menentukan kelangsungan rumah tangga =))
    maksudnya kalo tim kesebelasan yg didukung hubby kalah, bisa uring2an and saya mesti masak makanan2 sulit utk bikin moodnya baik 😀 (halah malah curcol :P)

    Jadi, dengan ini saya menyatakan mendukung Jerman sesuai pilihan suami demi suasana RT yg kondusif 😛
    Kalo pilihan saya pribadi sih.. well ya gimana ya.. saya lbh milih disuruh midnight sale berburu sepatu deh.. kasarnya ora urus sapa yg menang PD selama tdk menganggu jalannya distribusi sepatu2 kesukaan saya, gak masalah 😀
    #dikeplak 😀

  2. Apapun bsa terjadi di piala dunia… Kita lihat saja nanti… 😀
    belanda mga bsa menang dh,.

    1. Semua berharap jagoannya menang, tapi juara sejati cuma 1, yach kita lihat saja nanti siapa yang mengangkat piala (yahoo)

  3. wah kira2 yg menang siapa ya?
    munkin jerman lagi
    tapi aku harap indonesia bisa masuk dalam piala dunia, dan apa lagi bisa menang, bahagianya aku *wah ko jadi ngelantur ya bos?*

    1. wah aq menang taruhan gan (banana_ninja)
      jerman menang 4-1 coy (headspin) mantabs lah.. (worship)
      argentina – mexico, dukung siapa yaaa (biyayakan) (fish_hit)

  4. saya rasa juara tahun 2010 adalah……….?
    jerrman (yahoo) sewaktu melawan inggris 4-1 (blush) (banana_rock) (banana_cool)

  5. Terima kasih telah ikut meramaikan Entry Tematik Juni 2010. Pemilihan tulisan favorit akan dilakukan pada awal bulan Juli 2010. Tunggu info selanjutnya.

    Salam,
    Paccarita AngingMammiri.org

  6. Pingback: [Polling Entry Tematik] Juni 2010 » Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri - Komunitas yang menghimpun blogger-blogger yang memiliki keterikatan khusus dengan Makassar, dan bersama-sama mengadakan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat.
  7. Polling untuk pemilihan Entry Tematik Favorit Edisi Juni 2010 dengan tema Sepak Bola sudah dibuka.

    Ayo pilih tulisan favoritmu. Silahkan berkampanye!

    Salam,
    Pangurusu’na Entry Tematik

  8. sejak italia tersingkir, saya jadi penonton piala dunia yang obyektif, tanpa tendensi. siapapun yang juara, saya turut berbahagia (smileydance)

  9. (ngacir) (yahoo) (dance) (hungry) (rofl) (headspin) (hassle) (banana_ninja) (banana_rock) (lmao) (muhaha) (smileydance)

  10. Pingback: [Pemenang] Entry Tematik Juni 2010 » Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri - Komunitas yang menghimpun blogger-blogger yang memiliki keterikatan khusus dengan Makassar, dan bersama-sama mengadakan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat.
  11. z z z z z z nNt j kTa lHat sPaNanK…………..????!!!?!?! :p 😀 (woot) (yahoo) (dance) (banana_rock) (banana_cool) (applause)

  12. Pingback: SMILE FOR YOU » Juara Dunia 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published.