Spanyol Juara Dunia 2010

Selesai sudah! Sang Juara sudah muncul. Spanyol adalah negara ke-8 yang mampu merebut Juara Dunia Sepak Bola.

Bagi saya ini juga sebuah kemenangan karena prediksi saya kena sasaran. (dance) Etapi jangan bilang saya adalah seorang peramal lho. (biyayakan) Prediksi saya murni didasarkan pada peta kekuatan tim yang berlaga plus sedikit keberuntungan. :mrgreen:

Yang jelas, rentetan prediksi saya bisa Anda ikuti seluruhnya di blog ini, sejak sebelum Piala Dunia dimulai hingga menjelang pertandingan Final. Spanyol selalu masuk daftar unggulan saya. Cuma satu kali saya meragukan Spanyol. yaitu saat kontra Jerman. Kalau melihat performa Jerman saat itu, siapa sih yang gak keder?

Jalannya pertandingan final sendiri relatif membosankan di babak pertama.

Nyaris tidak ada peluang emas. Mungkin yang paling “emas” adalah tandukan Sergio Ramos di menit ke-5 yang bisa ditepis Maarten Stekelenburg. Satu catatan, sepakan De Jong ke dada Xabi Alonso seharusnya membuahkan kartu merah! Maradona melakukan hal yang sama di Piala Dunia 1982 terhadap pemain Brasil Joao Batista da Silva dan langsung dapat kartu merah.

Jadi kalau pemain-pemain Belanda “menangis” dan mengatakan wasit berpihak pada Spanyol, nanti dulu. Coba kartu merah sudah tercabut untuk de Jong, cerita bisa lain. Saya yakin bahkan Arjen Robben tidak bakal mendapat dua peluang one-on-one dengan Iker Casillas kalau de Jong dikeluarkan.

Babak kedua Spanyol bermain lebih berani dan serangan merekapun datang bergelombang, terutama di pertengahan babak kedua. Masuknya Jesus Navas mampu mengubah ritme permainan Spanyol menjadi lebih trengginas. Namun dengan dingin pertahanan Belanda mampu meredamnya.

Meski digempur, peluang emas justru didapat Belanda. Menit ke-62, Arjen Robben lolos jebakan off-side dan tinggal berhadapan dengan Iker Casillas. Namun Iker Casillas disebut-sebut sebagai salah satu kiper terbaik dunia bukan tanpa alasan. Dengan kakinya, ia membelokkan sepakan Robben hingga menjauh dari gawang.

Menit 83 Robben nyaris mengulang hal yang sama, hanya saja kali ini ia diganggu oleh Puyol. Merasa Puyol seharusnya dihukum, Robben memprotes wasit dengan keras hingga mendapat kartu kuning.

Sampai 2×45 menit berakhir, kedudukan tetap imbang 0-0. Jelang berakhirnya waktu normal, Del Bosque memutuskan untuk menurunkan Cesc Fabregas. Di babak pertama perpanjangan waktu, Fabregas bermain cukup dominan. Bahkan nyaris mencetak gol jika tidak diselamatkan dengan gemilang oleh Stekelenburg.

Babak kedua perpanjangan waktu, para pemain kedua tim sudah makin habis, namun Spanyol tetap memegang kendali. Belanda cukup keteteran hingga Heitinga lepas kendali dan mendapatkan kartu kuning kedua di menit ke-109. Spanyol memanfaatkan betul kelebihan pemain dan pada menit ke 116 Andres Iniesta mencetak gol kemenangan Spanyol.

Berikut ini adalah beberapa fakta unik mengenai final Piala Dunia 2010:

  • Spanyol adalah negara pertama yang mampu juara setelah di pertandingan pertama kalah. Italia nyaris melakukan hal serupa di tahun 1994, kalah di pertandingan pertama dan masuk final, tapi kalah oleh Brasil. Di tahun 1974, Jerman (Barat) juga juara dengan sempat mengalami kekalahan, tapi bukan di pertandingan pertama. Korbannya juga Belanda.
  • Spanyol adalah negara kedua yang Juara Dunia dalam kapasitas sebagai Juara Eropa. Negara pertama yang mampu melakukannya adalah Jerman (Barat) yang Juara Dunia 1974 sebagai Juara Eropa 1972. Sementara itu, Perancis juga melakukannya dengan urutan terbalik, Juara Dunia 1998 dan Juara Eropa 2000.
  • Belanda adalah satu-satunya negara yang tiga kali masuk final tanpa pernah juara. Negara lain yang pernah masuk final tanpa juara adalah Cekoslovakia (2 kali), Hungaria (2 kali), Swedia (1 kali).
  • Jika ada pemainnya yang mendapat kartu merah di final, negara tersebut hampir pasti kalah. Perkecualian adalah Perancis di tahun 1998 saat Marcell Desailly dikartu merah pada menit ke-68, tapi saat itu Perancis sudah unggul 2-0.
  • Update: Final keempat yang harus melalui perpanjangan waktu tapi tidak diputuskan melalui adu penalti. Tahun 1994 dan 2006 juga terjadi perpanjangan waktu dan harus dituntaskan melalui adu penalti. Sebelumnya extra time terjadi di 1934, 1966, 1978.

Selamat Spanyol, Anda memang layak juara.

Follow me on social media:

Similar Posts

13 Comments

  1. spanyol tetap is the best!!!!!!!!layak jadi juara dunia dan eropa!!!!!!!!!!walaupun di awal selalu gak di anggap tapi kalian membuktikan sebagai sebuah tim yang pantas juara!!!!!!!!!!!!!viva espana!!!!!!!!!!!!

  2. kalo aja belanda punya striker sekelas van nistelrooy, saya pegang belanda. gaya permainan possession football ala spanyol sbnrnya kan gampang diredam.. ingat inter vs barca? gitulah kira2.. tapi inter punya milito, sedangkan van persie di kubu belanda melempem.

    jadi, saya bertaruh utk spanyol dan menang! (yahoo)

  3. aku benci spanyol ! (angry) gara2 spanyol, jerman kalah !!!! mestinya jerman yang menang. kan jerman yang pertandingannya paling bagus. inggris dibantai jadi 4-1, argentina disikat jadi 4-0. trus yang ngegolin pemainnya juga banyak ada mueler, friedrich,ozil,klose,jansen,dkk. kalo spanyol paling cuma dikit villa,iniesta.golnya gak produktif lagi. JERMAN IS THE BEST !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! (yahoo)

  4. hehehe,,walaupun uda basi ya ???
    aku mao ucapin selamat buat Spanyol yg baru menjadi juara dunia yg baru,,
    semoga dapat di pertahankan (fish_hit)

  5. Pingback: SMILE FOR YOU » Juara Dunia 2010
  6. Kita lihat saja kebelakang…
    Brazil juara dunia 1994 dg Romario-nya
    prancis 1998 dg Zidane-nya
    Brazil 2002 dg Ronaldo-nya
    Italia 2006 dg Grosso-nya
    Spanyol 2010 dg Susah payah-nya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.