Tips Menghindari WannaCry

Tips Menghindari WannaCry – Dua tiga hari belakangan ini dunia teknologi informasi gempar dengan adanya ransomware bernama WannaCry atau WannaCrypt. Ransomware adalah semacam virus yang melakukan enkripsi terhadap file sehingga terkunci dan bila file ingin dibuka kembali, pengguna harus membayar tebusan kepada pihak pembuat ransomware tersebut.

Ransomware ini banyak menyerang komputer dengan sistem operasi Windows versi lawas atau Windows yang tidak melakukan update secara teratur. Kebanyakan yang menjadi target adalah komputer di perkantoran.

Berhubung sekarang ini (saat post ini ditulis) adalah akhir minggu, banyak komputer di perkantoran belum dinyalakan dan oleh karena itu tingkat kegemparan belum terlalu tinggi.

Supaya Anda yang bakal masuk di hari Senin besok dan menggunakan komputer kantor bisa menghindari penyebaran ransomware tersebut, segeralah mengambil tindakan pencegahan.

Yang pertama, siapkan patch dari Microsoft yang informasinya bisa didapatkan di sini. Anda bisa mengunduh patch tersebut menggunakan komputer yang bebas ransomware, misalnya Windows 10 yang selalu melakukan update atau Linux.

Yang kedua, sebelum menyalakan komputer, matikan akses internet untuk komputer tesebut atau lepaskan kabel jaringan yang menancap pada komputer tesebut.

Setelah menyala, segera pasang patch yang telah diunduh tadi dan segera update Windows dan anti virus.

Berikutnya, matikan layanan SMB v1 serta blok port incoming 139, 445, dan 3389.

Jika tidak memungkinkan untuk mengunduh patch dari komputer lain, gunakan koneksi dari ponsel Anda untuk mengunduhnya, jangan menggunakan jaringan kantor.

Nah, mudah-mudahan komputer aman dari serangan WannaCry.

Ke depannya, berhati-hatilah dalam membuka email, jangan sembarangan membuka link atau attachment yang ada pada email tersebut.

Follow me on social media:

COMMENTS

  • Selamat buat pengguna Windows XP yang konon sudah dilupakan kini mendapat perhatian kembali (update patch penangkis ransomeware) 😁

  • Yang kedua, sebelum menyalakan komputer, matikan akses internet untuk komputer tesebut atau lepaskan kabel jaringan yang menancap pada komputer tesebut.

    Setelah menyala, segera pasang patch yang telah diunduh tadi dan segera update Windows dan anti virus.

    Kalau akses internet dimatikan, gimana caranya update (Windows dan) anti virusnya, ya?

    🤔

Leave a Comment