|

Menambahkan Shortcut di Menu Send-To Windows 7

Jika Anda sedang mengelola file dengan Windows Explorer dan ingin membuka suatu file, salah satu cara termudah adalah melakukan klik-ganda terhadap file tersebut. Namun tentunya hal itu bisa dilakukan bila ekstensi file sudah terasosiasi dengan program tertentu, misalnya file berekstensi .doc dan .docx akan dibuka oleh Microsoft Word.

Nah, seringkali kita mendapati atau memiliki file yang ektensinya tidak jelas (dalam arti belum terasosiasi dengan program apapun). Kalau file tersebut diklik-ganda, sudah tentu tidak akan muncul program apapun untuk membukanya. Window 7 malahan akan menawarkan untuk mencari program yang terkait dengan ekstensi file tersebut. (Mau tahu lebih jelasnya? Silakan baca (beli) buku saya terbaru ya, 7 Langkah Mudah Menguasai Windows 7) :mrgreen:

Namun terkadang ada file tertentu yang hendak dibuka dengan cara lain, bukan dengan program yang terasosiasi dengannya. Misalnya ada file yang memiliki ekstensi .html. Bila diklik-ganda, file itu akan dibuka oleh browser default yang digunakan. Nah, bila tujuan Anda membuka file .html itu sebenarnya hendak melihat source codenya, tentu file .html itu harus dibuka dengan program pengolah teks, misalnya Notepad.

Mengganti asosiasi file .html dengan program Notepad tentu bukan solusi yang baik. Sebagai alternatif, sebaiknya gunakan saja fitur Send to yang ada pada menu klik-kanan. Bila sebuah file pada Windows Explorer diklik-kanan, akan muncul sebuah menu dan salah satu itemnya adalah Send to. Tambahkan saja shorcut Notepad pada Send to.

Dengan demikian, bila sebuah file diklik-kanan dan Anda memilih Send to > Notepad, file tersebut akan dibuka di Notepad.

Lha trus bagaimana caranya menambahkan shortcut Notepad di menu Send to itu? Gampang. Melalui Windows Explorer, buka folder C:UsersUsernameAppDataRoamingMicrosoftWindowsSendTo. Klik-kanan area kosong di sisi kanan dan pada menu yang muncul pilih New > Shortcut.

Pada kotak dialog yang muncul, ketikkan Notepad pada kotak teks bertuliskan Type the location of the item, lalu klik Next. Pada kotak berikutnya, di bagian Type a name for this shortcut telah terisi teks notepad.exe. Gantilah teks notepad.exe tersebut dengan Notepad. Klik Finish.

Naaaah, sekarang Notepad sudah muncul di menu Send to.

Follow me on social media:

Similar Posts

8 Comments

  1. kalau saya, sedikit ribet. karena notepad merupakan salah satu aplikasi wajib, saya “pinned” notepad di start menu. tinggal klik start, lalu notepad. terbuka sudah aplikasi notepad.

    mau buka file dengan notepad, cukup drag dari jendela explorer ke jendela notepad. beres.

    1. i have my background now thnx quetoisn how i will change the font color to costumize my usb more iconarea_text= 0xFF00FF00 > i use this code but the filename remain black.the area text only change to green iconarea_text= 0xFF00FF > if this the filename change to pink so as the area text

  2. Bung Yahya, thanks ya buat tipsnya. Kalau berminat, bagi-bagi ilmu dong di artikelpopuler.com. Dibayar loh .. 😀 -Vina

  3. pak mau tanya..
    menu send to ya dlu ada bloetooth sekarang kok tiba2 ilang.
    padahal bloetoothnya dah aku instal bolak-balik sampe gosong tapi tetap aja gak tampil di send to…..
    gimana ya caranya biar bloetoothnya aktif lg ya….tolong bantuannya ya pak…..tks

Leave a Reply

Your email address will not be published.