Tips Cara Mudah Membuat Website – Di masa kini website merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi setiap kegiatan bisnis karena minat belanja online yang tinggi pada masyarakat Indonesia.

Namun sayangnya masih banyak pelaku bisnis di luar sana yang kesulitan dan mencari cara mudah membuat website yang simple karena mungkin banyak dari mereka yang tidak mengerti tentang bagaimana membuat website.

Hal ini wajar saja karena banyak pelaku bisnis yang menganggap membuat website itu sulit, ribet, capek, buang–buang waktu tenaga, uang dan pikiran, sehingga banyak dari mereka yang tidak ingin menerapkan hal ini sebagai sesuatu yang serius dan menarik untuk dilaksanakan.

Padahal, baik disadari atau tidak, kehadiran website dalam kegiatan bisnis itu penting loh. Website berfungsi untuk menopang kegiatan bisnis yang bisa dijalankan secara digital atau online.

Apalagi di dunia bisnis yang semakin hari semakin dinamis seperti saat ini, peran website sangat penting dan tidak boleh dianggap remeh.

Sebenarnya, cara membuat website itu sangat gampang loh jika kamu sudah tau cara jalan pintasnya.

Namun jika kamu masih mengalami kesulitan atau bahkan bingung bagaimana cara membuat website, serta ingin tahu langkah yang praktis dan simple, mungkin kamu harus menyimak tips cara membuat website yang akan saya bahas berikut ini.

Cukup hanya dengan 3 langkah mudah cara membuat website, dalam hitungan menit website kamu akan siap untuk go online atau dirilis. Namun sebelum mengarah kesana ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu tentang apa itu website secara mendalam.

Apa Itu Website?

Website atau sering disingkat dengan web saja adalah halaman informasi yang disediakan melalui internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama halaman tersebut terkoneksi dengan jaringan internet.

Sumber lain mengatakan bahwa web adalah salah satu alat komunikasi online yang menggunakan media internet dalam mendistribusikan informasi.

Well, apapun definisinya, yang pasti kita semua setuju bahwa website merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi berupa data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik itu bersifat statis ataupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana semuanya dihubungkan dengan jaringan halaman (hyperlink).

Secara terminologi website adalah kumpulan dari berbagai halaman situs, yang biasanya dirangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet.

WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia pada publik. Halaman sebuah situs web (web page) bisa diakses dari sebuah URL yang menjadi “akar” ( root ), yang biasa disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi “beranda”, “halaman muka”).

URL ini berfungsi mengatur web page untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka susunan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

Nah, setelah memahami apa itu website, berikut dibawah ini saya akan bahas 3 cara mudah untuk membuat website.

Namun sebelumnya, saya sarankan kamu untuk mengenal penggunaan WordPress dan CMS (Content Management System) lainnya, karena dengan menggunakan CMS kamu tidak akan kesulitan untuk mengikuti saran cara membuat website di artikel ini.

3 Langkah Mudah Membuat Website Agar Bisnismu Bisa Go Online

Langkah 1: Tentukan Nama Domainmu

Langkah pertama adalah kamu harus menentukan nama domain terlebih dahulu. Nama domain terkait erat dengan konten yang akan diisikan ke website kamu, jadi penting juga untuk mematangkan konsep konten yang akan diisikan ke website.

Mengapa penting? Karena biasanya kebanyakan orang yang sudah memiliki website namun masih belum punya tujuan dan rencana pengembangan website tersebut untuk kelangsungan bisnisnya, akhirnya akan menyia-nyiakan domainnya tersebut dan dibiarkan begitu saja.

Nama domain juga bisa terkait erat dengan produk atau merk dagang yang nantinya akan ditawarkan atau dibahas di dalam website, jadi kamu harus tentukan nama domain yang potensial, menarik, dan mudah di ingat oleh audiens kamu.

Nama domain yang disarankan adalah sebuah nama dengan jumlah karakter berjumlah 5 sampai 8, sehinga brand domainmu akan lebih mudah di kenali dan diingat.

Tentunya nama domain yang hendak kamu pilih tidak bisa sembarangan, jika nama domain tersebut sudah menjadi milik orang lain, tentu saja tidak bisa kamu gunakan lagi.

Untuk memeriksa ketersediaanya, kamu bisa melakukannya pada form cek domain di website IDwebhost sebagai penyedia domain.

Usahakan juga menggunakan domain yang berbasis TLD seperti .com, .net, .org, dan lain-lainnya, karena domain jenis ini akan memberikan nilai positif tambahan bagi domainmu terhadap hasil pencarian oleh Google.

Langkah 2: Tentukan Hosting dan Website Building Platform Kamu

Menentukan hosting dan website building merupakan langkah kedua dari cara mudah membuat website kamu agar bisa go online.

Hosting ini bakal menjadi “rumah” bagi website kamu, maka pastikan kamu menentukan hosting yang benar-benar berkualitas.

Kalau kamu ingin hosting kamu sesuai dengan kapasitas hosting website yang mumpuni dan berbasis cloud hosting, serta memiliki storage SSD NVME dittambah Unlimited Bandwidth, dengan harga hosting termurah plus mampu menyesuaikan dengan dengan budgetmu, maka Idwebhost adalah solusi yang pas untuk kamu.

Langkah 3: Setup, Edit, & Kostumisasi Website Kamu

Setelah kamu membeli/menyewa hosting, kamu akan menerima email konfirmasi dari penyedia jasa hosting website kamu yang berisi user login serta password member area di hosting kamu.

Nah setelah itu kamu harus mengakses member area dulu sebelum kamu bisa mengaktifkan website kamu. Setelah kamu berhasil masuk ke dalam member area, cari menu service yang mengarahkan kamu masuk ke cpanel.

Cpanel merupakan salah satu peranti untuk melakukan konfigurasi website dan setelah kamu login ke cpanel kamu, berikut ini langkah-langkah untuk melakukan konfigurasi cepat website kamu:

1. Menginstal SSL Certificate

Prosedur ini cukup mudah dilakukan, kamu hanya harus mengikuti langkah-langkah untuk menginstal SSL sesuai dengan nama domain yang akan kamu pasang SSL, mulai dari Private keys -> Certificate Signing Request -> Certificates -> Install and Manage SSL for your site

2. Instal CMS Melalui Softaculous

Tadi sudah sempat saya singgung mengenai CMS. Agar “pembangunan” website kamu lebih efektif dan efisien, gunakan saja peranti Softaculus untuk mempermudah setup website kamu dengan menggunakan CMS yang kamu pilih.

Softaculus akan memberikan proses yang singkat dan sangat mudah bagi kamu yang mungkin belum familiar dengan setup website pada umumnya.

3. Kostumisasi Website Kamu

Nah, setelah kamu selesai melakukan setup awal website kamu dan CMS juga telah terpasang, langkah berikutnya adalah kostumisasi website kamu dengan beberapa theme keren, menarik, eye catching dan menambahkan plugin – plugin yang kamu butuhkan untuk memperindah website kamu.

Untuk melakukan kostumisasi dengan memasang plugin dan theme tentunya kamu kamu harus login terlebih dahulu ke WordPress atau CMS yang telah kamu pasang tadi.

Jika kamu memilih menggunakan wordpress, setelah kamu login kamu akan di melihat menu halaman admin dari website kamu. Dari halaman admin ini kamu bisa mengatur beberapa theme serta plugin untuk mendapatkan kustomisasi website yang kamu mau.

Semoga tips cara mudah membuat website dengan langkah-langkah yang simple di atas bermanfaat.

Follow me on social media:
Categories: Internet

3 Comments

Eni Nur Hidayati · 26/02/2019 at 3:27 pm

Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di http://jos.co.id/. Sukses selalu

Hayart · 26/02/2019 at 10:31 pm

Terimakasih ulasannya, mudah dipahami.
Kunjungi juga website kami di https://lemoot.com/. Sukses selalu

Panduan Blog · 21/03/2019 at 12:41 am

Terima kasih banyak atas pembahasannya. Saya juga menulis artikel mengenai 11 Persiapan Menjadi Seorang Blogger Profesional di https://www.panduanblog.id/2019/03/persiapan-menjadi-blogger.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.