Asus Zenfone Max Pro M1 Limitless Gaming – Mata anak itu berbinar-binar. Dari kejauhan dilihatnya mobil berwarna coklat milik ayahnya makin mendekat.

Sedari tadi dia memang gelisah menanti kepulangan sang ayah. Dia tahu, ayahnya membawa sesuatu yang spesial untuknya.

Benar, ketika turun dari mobil, sang ayah mengulurkan sebuah dus kotak yang segera disambarnya sambil berteriak “terima kasih”. Ayah hanya bisa tergeleng-geleng sambil tersenyum melihat kelakuan anak sulungnya itu.

Apakah isi dus tadi? Sebuah smartphone? Tentu bukan karena peristiwa ini terjadi pada tahun 1983. Jangankan smartphone, telepon rumah saja masih jarang dijumpai.

Lalu apa?

Dus tadi ternyata berisi game and watch atau seringkali disingkat game watch saja. Game watch merupakan sebuah alat elektronik yang besarnya nyaris seukuran smartphone sekarang dan sesuai namanya berisi sebuah game atau permainan disertai dengan penunjuk waktu.

Sebuah game watch hanya menampung satu permainan saja, dengan dua varian tingkat kesulitan yaitu A dan B. Meski begitu, alat elektronik ini sangat populer di pertengahan dekade 1980an tersebut.

 

Karena hanya berisi satu macam permainan, dengan segera si anak menguasai permainan tersebut beserta dengan berbagai trik permainannya, dan mendapatkan skor yang sangat tinggi. Lalu bosan.

Tak butuh waktu lama untuk kemudian dia merengek ke sang ayah dan minta dibelikan game watch baru. Lalu artikel ini bisa dibaca ulang kembali dari atas.

Tak selalu keinginan anak itu terpenuhi karena game watch bukanlah barang yang murah. Maka dia “bersumpah” akan menemukan cara untuk bisa menggabungkan berbagai macam permainan ke dalam satu game watch saja.

Namanya juga anak-anak, tak butuh waktu lama baginya untuk melupakan game watch dan segala sumpahnya untuk menggabungkan berbagai permainan di dalamnya. Hanya kira-kira satu tahun setelah kisah di atas, dia sudah asyik dengan mainan barunya, sebuah game console.

Baca Juga
Bekerja Dengan Asus Transformer Pad

Game console memberinya sebuah kebebasan baru karena dia bebas mengganti jenis game yang ingin dimainkan. Bosan dengan yang satu, bisa ganti ke game yang lain.

Variasi game yang bisa dimainkan bisa makin bertambah saat dia saling bertukar cartridge game dengan teman-temannya.

Namun ternyata kebebasan inipun tetap terbatas. Game console tersebut harus dimainkan pada sebuah pesawat televisi sehingga sulit dibawa ke mana-mana.

Pesawat televisi di rumah juga hanya satu, sehingga dia harus menahan keinginannya bermain saat orang lain menonton siaran televisi.

Semua serba terbatas.

Seperti di film-film, muncul sebuah narasi “35 tahun kemudian”. Sekarang kita masuk ke tahun 2018.

Teknologi tentu sudah berkembang sangat pesat. Si anak juga sudah tumbuh dewasa, bahkan sudah punya anak sekarang.

Namun kata mutiara “selalu ada jiwa anak-anak pada diri pria dewasa” tak pernah gagal. Si anak yang sekarang sudah jadi bapak tetap saja suka bermain game.

Berbeda dengan dulu ketika masih kecil, bermain game zaman sekarang terasa jauh lebih memberikan kebebasan.

Jumlah game yang bisa dimainkan nyaris tak terbatas, bahkan game yang dulu dimainkannya di masa kecil bisa ditemuinya lagi.

Bermain game bisa dilakukan nyaris di mana saja dan kapan saja, tak bakal mengganggu kesenangan orang lain.

Alat ajaib apakah yang digunakannya? Sebuah smartphone. Dan smartphone yang dia gunakan kali ini memang sebuah smartphone yang didesain untuk bermain game tanpa batas.

Well, tentu saja tak ada buatan manusia yang bisa tak terbatas, tapi di sini yang dimaksud adalah kemampuan untuk bermain game yang dimiliki oleh smartphone tersebut yang memberikan kepuasan begitu besar, seolah tak terbatas.

Smartphone yang dimaksud adalah Asus Zenfone Max Pro M1.

Baca Juga
ASUS ZenPad 8.0, Tablet Multimedia Untuk Semua Kalangan

 

Dengan menggunakan sistem operasi Android, ada begitu banyak game yang bisa dipasang di adalah Asus Zenfone Max Pro M1 untuk dimainkan. Ratusan, bahkan ribuan.

Dengan kemampuannya untuk terkoneksi ke internet, kapanpun dan di manapun adalah Asus Zenfone Max Pro M1 sanggup diajak bermain.

Mengingat game yang dapat dimainkan pada sistem operasi Android memiliki varian yang sangat banyak, maka smartphone yang digunakan haruslah memiliki kemampuan komputasi yang memadai.

Kemampuan komputasi tersebut identik dengan prosesor yang digunakan.

Prosesor tersebut harus mumpuni untuk sanggup menjalankan game yang memiliki tingkat komputasi rumit atau yang sering disebut dengan game berat.

Prosesor tersebut juga harus memiliki pengolah grafis yang sanggup untuk mengolah grafis yang memukau, sebab daya tarik game seringkali bukan hanya dari jalan ceritanya tapi juga dari tampilan grafisnya.

Memori dan ruang simpan yang dimiliki smartphone untuk bermain game tersebut tentunya juga harus memiliki kapasitas yang luas, agar dapat menampung banyak game dan lancar untuk dimainkan.

Semua syarat tersebut dipenuhi dengan apik oleh Asus Zenfone Max Pro M1.

Tengoklah spesifikasinya di bawah ini.

 

Prosesor CPU: Qualcomm® Snapdragon™ 636 Mobile Platform with 14nm,
64-bit Octa-core ProcessorGPU: Qualcomm® Adreno™ 509
RAM LPDDR4X 3GB / 4GB / 6GB
Ruang Simpan 32GB / 64GB
Layar 6.0 inci full view IPS

Rasio 18:9

Resolusi 2160 x 1080

1500:1 contrast ratio

85% NTSC color gamut

450nits brightness

404ppi pixel density

Slot Triple, untuk dua SIM dan satu SD card.

Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM card

Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM card

Pada satu waktu hanya satu slot yang bisa terkoneksi ke 4G
LTE.

Slot SD card mendukung hingga 2TB.

Kamera Belakang Resolusi 13MP / 16MP

Apperture F/2.0

Phase-detection autofocus

LED Flash

Kamera Depan Resolusi 5MP
Navigasi GPS, AGPS, GLO, BDS
Sensor Sidik jari (0.3 detik untuk membuka layar, mendukung data 5
sidik jari)Accelerator, Gyroscope, E-Compass, Proximity sensor,
Ambient light sensor
Baterai 5000 mAh

 

Dengan spesifikasi seperti itu, bukan hanya si anak yang diceritakan di atas yang bakal termehek-mehek untuk memilikinya. Banyak orang juga akan tertarik.

Dari berbagai spesifikasi yang ada pada Asus Zenfone Max Pro M1 tersebut, setidaknya ada tiga yang menarik.

Yang pertama adalah soal prosesor yang digunakan, yaitu Qualcomm Snapdragon 636 yang memiliki fabrikasi 14nm, serta 64-bit Octa-core. Prosesor ini merupakan generasi penerus sekaligus penyempurnaan dari Qualcomm Snapdragon 625 yang terkenal irit namun memiliki performa yang mumpuni.

Yang kedua adalah ukuran layarnya yang memiliki bentang 6 inci. Sepintas, angka ini nampaknya besar sehingga berkesan tidak nyaman untuk bermain game. Namun rasio yang digunakannya adalah 18:9, sehingga ukuran smartphone ini nyaris sama dengan smartphone 5.5 inci yang memiliki rasio 16:9.

Resolusinya pun sangat memanjakan mata, yaitu 2160 x 1080.

Komposisi layar ini akan sangat membuat betah bermain game. Apalagi dengan tingkat terang mencapai 450 nits.

Yang terakhir adalah soal baterainya. Asus Zenfone Max Pro M1 memiliki baterai jumbo berkapasitas 5000 mAh yang bakal bikin puas bermain game tanpa harus sedikit-sedikit minta diisi ulang.

Hebatnya, baterai jumbo ini tidak membuat Asus Zenfone Max Pro M1 menjadi berat. Bobotnya kurang lebih hanya 180 gram saja. Cukup nyaman digunakan untuk bermain game.

 

Dengan demikian, Asus Zenfone Max Pro M1 benar-benar mampu mewujudkan mimpi si anak 30an tahun yang lalu untuk bisa bermain game yang memberikan kepuasan tanpa batas.

Follow me on social media:
Categories: Gadget

7 Comments

Ricky · 16/11/2018 at 12:24 am

Gimana cara screen shot apakah harus pakai aplikasi?

    Oom Yahya · 16/11/2018 at 5:33 am

    Pakai kombinasi tombol power + volume down. Harus pas bersamaan ya, keduamya dipencet bareng

Dwi Wahyudi · 16/11/2018 at 6:12 am

Om, gimana cara main game biar bisa menang?

    Oom Yahya · 16/11/2018 at 6:17 am

    Gampang, usahakan jangan sampai kalah

Caroline Adenan · 16/11/2018 at 6:38 am

Batrenya kuat sampe 3 hariii… padahal udah dipake main games and nonton :)

sabda awal · 16/11/2018 at 8:29 am

5000 mAh! ini smartphonenya benar2 diperuntukkan untuk gamer sejati.. ga perlu khawatir duduk dekat colokan ya, hhahah… bisa puas main seharians

iqbal · 20/11/2018 at 2:46 pm

Yang saya salut adalah baterainya yang tahan lama, ngga takut jauh dari stok kontak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.