Gogoprint, Layanan Cetak Online Kekinian – Sejak internet mulai memasuki sendi-sendi kehidupan manusia, sekarang ini semua hal dibikin online. Mau beli barang-barang yang dibutuhkan, ada toko online. Jenis barangnya pun bisa bermacam-macam, mulai dari smartphone, komputer, kulkas, bahkan barang-barang “remeh” seperti mainan yang harganya bisa jadi lebih murah daripada ongkos kirimnya.

Layanan transportasi pun kini juga bisa online, walau pada kenyataannya ya pengguna dan pemberi jasa harus bertemu secara offline. Nah, layanan cetak online ternyata juga ada. Untuk menggunakan layanan ini, pada prinsipnya kamu membuat terlebih dahulu desain materi yang akan dicetak, lalu menggunggah ke layanan cetak online tersebut dan mereka akan mencetaknya.

Bila sudah jadi, mereka akan mengirimkan hasilnya melalui kurir.

Salah satu layanan cetak online yang belum lama ini hadir untuk pangsa pasar Indonesia adalah Gogoprint. Gogoprint memberikan layanan untuk mencetak berbagai materi cetak baik untuk kebutuhan pribadi maupun untuk kebutuhan bisnis.

Rentang produk yang ditawarkan pun relatif luas, mulai dari kartu nama, brosur, stiker, hingga ke materi cetak berukuran besar seperti banner.

Saya beruntung banget bisa “bertemu” dengan Gogoprint ini karena pas sekali kartu nama saya hampir habis. Jadi saya akan mencoba memanfaatkan layanan Gogoprint untuk membuat kartu nama baru.

Baca Juga
Hati-hati Simpan Password di Chrome

Ya memang sih, nampaknya profil saya relatif lebih mudah ditemukan di dunia maya, baik itu blog ini maupun di berbagai akun media sosial yang saya miliki.

Namun nampaknya kartu nama masih tetap memiliki efek yang cukup besar untuk memperkenalkan dan “mempromosikan” diri, khususnya saat bertemu kenalan baru secara offline.

 

Mendaftar di Gogoprint

Untuk bisa memanfaatkan layanan Gogoprint, buka browser dan arahkan ke Gogoprint.co.id. Seperti halnya layanan lain, kita harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Gogoprint

 

Biasa lah langkah-langkahnya, mirip seperti mendaftar di layanan lain, seperti memasukkan nama lengkap, menyebutkan email, menentukan password, dan lain-lain.

Setelah pembuatan akun Gogoprint kelar, kamu akan diminta untuk menuliskan alamat pengiriman. Sebaiknya segera ditulis aja, jangan ditunda-tunda, supaya nantinya gampang kalau mau pesan produk.

Bila perlu, daftarkan juga nomor hape untuk mendapatkan notifikasi SMS. Kalau dalam bayangan saya, notifikasi SMS ini pastilah digunakan untuk memberikan laporan kemajuan pengerjaan materi cetak yang kita pesan.

 

Melakukan Desain Kartu Nama

Seperti saya ceritakan tadi, saya butuh kartu nama baru dan berikut akan saya ceritakan bagaimana cara memesannya di Gogoprint.

Dari halaman depan Gogoprint, pilih produk yang akan kamu buat, dalam hal ini adalah kartu nama.

Baca Juga
Mencoba Windows 7 Beta

Setelah itu, Gogoprint akan memberikan opsi apakah kamu akan mengupload desain buatanmu sendiri atau membuat berdasarkan template yang sudah disediakan oleh Gogoprint.

Karena saya tidak jago dalam membuat desain, maka saya memilih untuk membuat kartu nama berdasarkan template saja.

Gogoprint

 

Ternyata Gogoprint menyediakan begitu banyak template kartu nama yang cakep-cakep. Bahkan pada setiap template tersedia beberapa pilihan warna yang menarik.

Setelah sempat bingung menelusuri berbagai template yang ada, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada sebuah template yang menurut saya paling cocok dengan karakter saya.

Langkah berikutnya adalah menyunting template yang sudah dipilih tadi.

Hal yang diperlukan adalah menyediakan logo atau gambar yang akan ditampilkan pada salah satu sisi kartu nama karena Gogoprint tidak menyediakan aplikasi penyunting gambar.

Jadi saya kemudian mencari logo yang pernah saya gunakan untuk blog ini beberapa waktu yang lalu, tapi ternyata logo tersebut kurang cocok dengan template kartu nama yang saya pilih.

Akhirnya saya membuat terlebih dahulu logo yang kemudian saya upload dan saya pasang di salah satu sisi kartu nama yang akan saya buat.

Baca Juga
Talkshow Mengupas Windows 7

Pada sisi sebaliknya, hal yang perlu disunting adalah informasi yang akan ditampilkan pada kartu nama.

Sebagaimana kartu nama pada umumnya, hal yang perlu ditampilkan adalah nama, jabatan, nomor telepon, alamat email, dan alamat rumah.

Tentu saja tidak semua perlu ditampilkan, tergantung pada kebutuhan.

Penyunting kartu nama Gogoprint menyediakan pengaturan jenis dan ukuran font untuk kepentingan penulisan informasi tersebut.

Setelah selesai menyunting kartu nama, tersedia fasilitas preview untuk melihat kira-kira seperti apa hasil akhirnya nanti. Bila belum puas, masih bisa disunting lagi.

 

Pembayaran

Setelah selesai melakukan desain, lanjutkan langkah pemesanan kartu nama dengan order sesuai desain yang dibuat tadi dan melakukan pembayaran sesuai dengan harga yang tertera.

Harga kartu nama tergantung dari jenis kertas, berapa banyak jumlah kartu nama yang akan dicetak, serta berapa lama kartu nama tersebut akan dikirim.

Gogoprint memberikan fasilitas ongkos kirim gratis ke seluruh lokasi di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera.

Lumayanlah, saya bisa membuat kartu nama baru dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Saat tulisan ini saya susun, saya tinggal menunggu kiriman kartu namanya. Nanti kalau sudah datang, saya pamerkan deh, hehe.

 

Follow me on social media:

1 Comment

sabda awal · 12/11/2018 at 8:16 am

kalau bikin kartu nama lebih enak online kayaknya mas. soal desain jd lebih gampang. templatenya bisadipilih atau dikombinasikan. jadi pengen bikin kartu nama juga nih, main ke gogoprint dulu deh untuk cek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.