Update Android Marshmallow Untuk Zenfone 2

Kabar gembira, update Android Marshmallow untuk Zenfone 2 kini telah tersedia. Pemilik Zenfone 2 khususnya yang memiliki kode ZE551ML seperti punya saya, silakan cek update melalui Settings > About > System Update, lalu ketuk tombol Check Update. Bila belum gilirannya dapat via OTA seperti cara di atas namun tidak sabar ingin segera mencicipi Android Marshmallow, bisa gunakan cara manual. Yang perlu diperhatikan, baca baik-baik petunjuk yang saya tuliskan dan jangan lupa backup dulu data-data Anda. Bila ada kerusakan akibat kesalahan prosedur update, itu di luar tanggung jawab saya.

Nah, cara update manual adalah sebagai berikut:

Buka browser di komputer/notebook dan arahkan ke halaman support untuk Zenfone 2. Masuk ke halaman Driver & Tools, lalu pada drop down yang ada pilih Android.

Update Android Marshmallow Untuk Zenfone 2

Setelah itu klik Firmware dan akan muncul banyak pilihan firmware di situ. Di bagian teratas akan terdapat informasi tentang firmware versi WW-4.21.40.134, nah itulah versi firmware terbaru untuk Zenfone 2 yang telah diperkuat Android Marshmallow.

PERHATIAN! Jika firmware Zenfone 2 Anda tidak berawalan WW, jangan update dengan firmware ini. Cek di halaman System Update tadi untuk tahu apakah firmware Zenfone 2 Anda berawalan WW atau tidak.

Update Android Marshmallow Untuk Zenfone 2

Bacalah deskripsi yang terpapar di situ. Jika Anda sudah yakin, geser halaman tersebut sedikit ke bawah dan pada bagian Download dari akan terdapat link bertuliskan Global, klik link tersebut untuk mengunduh firmware-nya. Ukurannya 1.2 GB ya, pastikan kuota Anda cukup, hehe.

Setelah berhasil diunduh, hubungkan Zenfone 2 dengan komputer menggunakan kabel data lalu salin file firmware tadi ke Internal Storage tanpa masuk folder apapun. Pastikan sisa ruang di internal storage minimal masih ada 2GB.

Setelah proses penyalinan selesai, eject Zenfone 2 dari komputer dan pada notifikasi akan muncul System Update File Detected. Ketuk notifikasi tersebut hingga muncul Select Update Package. Karena hanya ada 1 ya tentu saja tak perlu bingung, langsung saja ketuk OK. Proses update akan segera dimulai.

Update Android Marshmallow Untuk Zenfone 2Update Android Marshmallow Untuk Zenfone 2

PERHATIAN! Meskipun pada Zenfone 2 akan muncul peringatan bahwa baterai setidaknya tersisa 15% namun saran saya sebaiknya sisa baterai sebaiknya di atas 50%. Bila perlu dicharge terlebih dahulu.

Setelah proses update selesai, yang pertama kali harus dilakukan adalah update Play Store. Setelah itu, nikmatilah Android Marshmallow di Zenfone 2.

Update Android Marshmallow Untuk Zenfone 2

*perasaan kok ada ada bedanya yach (upss)

Follow me on social media:

Similar Posts

40 Comments

  1. Zenfone 2 Z00ED udah duluan icip MM kang Yahya ??
    tapi sayang blom ada custom rom y buat zeny ane …hiks …hiks …

    mgkn akang punya ???

  2. Aku dah nyoba nyari om, nga ada tuh, malah yang ada versi WW-52.20.40.184(Down L ) malah untuk downgrade android M to Android L

    1. Gak kebaca sama sekali atau hanya untuk install app? Soalnya di M memang tidak bisa install app to SD

      1. Iya om ternyata emg di M nga bs buat ngeinstall app mgr, hehe.. tetep bisa d liat yg ke simpen di SD card..

  3. Waktu saya tanya tentang upgrade ke marshmallow .asus center jwab garansi udah habis lantas suruh upgrade manual dikasih address download dan caranya , saya tanya kalau sya bawa ke asus center tolong diupgrade disana biaya 150k,
    sdcard ga diinstall app, om saya tanya kalau saya backup dulu apps yg di sdcard sebelum diupgrade , apa.setelah upgrade.lalu saya restore ttp tidak bisa ?

    1. Update M dilakukan sendiri aja sesuai petunjuk di atas, daripada kehilangan biaya 150K.
      Untuk aplikasi, sebaiknya gini: data2 dibackup semua dulu, lalu nanti setelah update ke M, lakukan factory reset, dan aplikasinya diinstall lagi dari Play Store

  4. Siang Om.. kenapa setelah di upgrade ke M, skrg kalo tlp bacgroundnya suka lgs gelap gitu om.. pdhala udah d setting tp sama aja, jd yah skrg nga d klik centangnya itu buat otomatis nya

    1. Wah, terus terang pas pake Zenfone 2 saya jarang banget telpon2an sehingga tidak terlalu memperhatikan fitur ini

  5. Oh begitu yah om ? Kayak dulu kalo make screen guard trus tutupin sensornya gitu om, jd blank.. harus sering2 d tekan d powernya biar jd terang..
    Tapi kayaknya juga pemakaian nya jadi lebih berat ya om, maksudnya lebih banyak pemakaian Ramnya..

  6. Om mau tanya nih hp saya pas pertama saya update lewat OTA tidak masalah tp setelah ada pemberitahuan untuk memperbaharui tentu sya langsung d update tp hp sya mengalami masalah . Pertama buat lembar notif atau pintasan itu suka kebawah sendiri . kedua kalo d geser sendiri malah gak bisa . Ketiga bisa d geser ketika hp di lockscreen keempat signal tiba2 silag atau tidak ada signal sama sekali ,mohon pencerahannya om

    1. Bisa dicoba lakukan factory reset, tapi data2 harus dibackup dulu, disimpan di tempat lain, dan nanti setelah selesai aplikasi2 harus diinstal lagi.
      Kalau gejalanya masih muncul, takutnya kena LCD-nya, bukan karena update OTA tapi kebetulan aja pas kena.
      Coba dibawa ke service center

  7. Iya om hp saya kmaren jatub dan layar hemm ya begitu ? ,kira2 klo layar d ganti normar lembali kan ? Lali prakiraan harga layarnya brp ya om
    Soalny jdh beberapa kali sya FR ttp kyk gitu om skrg malah tombol back ,home , sm recent jd gak fungsi

    1. Wah, kalau jatuh ya memang kemungkinan ada kerusakan layar.
      Saya gak tau harga spare part tapi perkiraan saja, kalau LCD ori mungkin sekitar 1 jutaan

  8. Kira2 klo sya ganti layar hp nya jd normal kembali.gak om ? Atau lebih baik gak usah ganti ?

    1. Ya kalau diganti baru khan ada garansinya juga, kalau misalnya gak normal ya dikembalikan lagi ke servicenya

    1. Mohon maaf baru sempat menanggapi karena acara saya cukup padat.
      Saya tidak hafal dengan versi firmwarenya.

  9. Kenapa punya saya tidak ada notif sama sekali setelah melakukan semua langkah2 itu..Tp hanya bedanya saya download melalui HP..
    Bahkan saya sudah reset HP juga..
    Mohon petunjuknya om..

    1. Mohon maaf karena kesibukan yang padat, saya baru sempat menanggapi sekarang.
      Kalau download langsung dari ponsel, kemungkinan besar memang tidak bisa karena biasanya tidak bisa disimpan di root.
      Jadi harus pake PC lalu ditransfer ke hape, simpan di root

  10. Om Yahya mau nanya nich saya sudah update android marsmallow, apakah versi kernel linuxnya juga sama? Mohon pencerahan… Karena di situs resmi asus pada aub menu utility ada versi kernel yg sama dengan versi firmware nya.. Matur nuwun

    1. Terus terang selama ini saya tidak memperhatikan versi kernel Linuxnya.
      Bisa jadi kebetulan sama, tapi saya pikir tidak ada hubungannya antara versi kernel dengan versi firmware

    1. siang om yahya.. Asus zenfone 2 ZE551ML, tiba2 mati.. hanya getar2 doank om, dah di coba cabut batre dll, juga sama om, nga hidup hanya bergetar2 aja.. ada solusi nga om ? maksih

    2. Downloadnya via OTA? Atau manual?
      Kalau download manual, coba simpan file-nya di root directory (direktori dasar, tidak masuk folder apapun)

  11. permisi om numpang tanya..
    kl masih terjadi “kesalahan” pd saat update knp tuh om? firmware donlot manual sudah save di internal diluar folder, sudah terdeteksi system update, tapi stelah klik Ok proses cuma berjalan bbrp persen lalu terhenti dan mncul robot tidur “kesalahan”
    …mohon pencerahan
    versi terinstal UL-Z00A-WW-4.21.40.184 mau update ke UL-Z00A-WW-4.21.40.223
    terima kasih

  12. Saya download di PC sudah saya pindah kan foldernya namun notif update tidak ada apakaha ada solusi ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.