Mendengar nama Microsoft, hal yang pertama terlintas di benak kita adalah sistem operasi Windows, yang sayangnya kerap dibajak orang.

Di peringkat berikutnya, biasanya yang diingat orang adalah aplikasi Microsoft Office, yang sangat banyak digunakan oleh pekerja kantor maupun anak sekolah, dan sekali lagi sangat disayangkan banyak beredar versi bajakannya.

Jangan ditiru ya, Microsoft toh sudah mati-matian memberikan yang terbaik untuk kedua software tersebut.

Sebenarnya Microsoft tidak hanya melulu membuat software saja. Microsoft juga memproduksi perangkat keras, salah satu yang masih segar dalam ingatan kita tentunya adalah Lumia, meskipun merupakan “warisan” dari Nokia dan sekarang sudah tidak diproduksi lagi.

Selain Lumia, salah satu produk perangkat keras Microsoft lainnya yang cukup terkenal adalah Microsof Surface.

Microsoft Surface pertama kali hadir pada tahun 2012 dalam bentuk tablet hybrid. Keunikannya, bagian case tablet tersebut berfungsi ganda, selain sebagai case juga sebagai keyboard.

sumber: mspoweruser.com

Di Indonesia, sayangnya Microsoft Surface kurang begitu dikenal, bahkan bisa jadi banyak yang tidak tahu.

Baca Juga
Zenfone Selfie, Selfie Tanpa Tapi

Wajar karena para reviewer gadget (termasuk saya) tergolong jarang yang mereview Surface. Di YouTube misalnya, pencarian review Microsoft Surface dalam Bahasa Indonesia memberikan hasil yang relatif sedikit.

Mungkin salah satu alasan mengapa Microsoft Surface ini kurang diminati adalah karena harganya. Harga Microsoft Surface di pasaran cukup mahal sih. Tapi sebenarnya tergantung spesifikasinya juga, soalnya Microsoft Surface memang tersedia dalam beberapa varian.

Di situs resmi Microsoft kamu bisa menjumpai produk Microsoft Surface dalam berbagai varian, ada Surface Go, Surface Pro, Surface Book, Surface Laptop, dan Surface Studio. Sepertinya memang nama Surface ini hampir sama dengan MacBook yah. Ada MacBook, MacBook Air, dan MacBook Pro.

Di tulisan kali ini akan saya bahas sedikit tentang Surface Pro. Harga Microsoft Surface Pro sendiri di pasaran cukup bikin kantongmu bolong.

sumber: cnetcontent.com

Jika kamu cari di Microsoft Surface Pro di toko online atau marketplace seperti Bukalapak, kamu akan menemukan Microsoft Surface Pro ini pada rentang harga 29 jutaan. Cukup bikin mata terbelalak.

Baca Juga
Hisense Pureshot+: Andal dan Menawan

Namun, itu adalah hal yang wajar sih menurut saya. Pasalnya Microsoft Surface Pro ini memberikan performa yang sangat mumpuni. Dengan harga Microsoft Surface Pro yang 29 jutaan tersebut, kamu akan dimanja dengan performa yang digawangi oleh beberapa spesifikasi perangkat seperti berikut ini.

Prosesor Microsoft Surface Pro ini sudah menggunakan Core i7 dan RAM dengan kapasitas 16 GB. Dengan spesifikasi seperti itu saya rasa kamu tidak akan menjumpai lag lagi saat menggunakan perangkat ini.

Tak hanya itu sih, storage berkapasitas 512 GB dan sudah SSD loh. Kamu akan merasakan booting awal yang sangat cepat di Surface Pro ini.

Grafiknya menggunakan Intel Iris Plus Graphics 640. Display-nya menggunakan teknologi PixelSense yang mendukung sentuhan 10 jari. Untuk seorang desainer yang suka menggambar langsung di layar, sangat cocok jika menggunakan Surface Pro ini. Surface Pro ini juga dilengkapi dengan pena untuk menggambar di layarnya.

Tambahan lainnya dari Microsoft Surface Pro ini adalah kamu sudah mendapati sistem operasi Windows 10 Pro di dalamnya. Saya rasa ini adalah hal yang wajar mengingat harganya yang cukup menguras kantong.

Baca Juga
ASUS VivoBook Flip TP201, Mendukung Mobilitasmu Yang Tinggi

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan layanan Microsoft Office yang gratis hingga 30 hari trial saja. Ini yang akan disayangkan, mengapa tidak gratis saja yah, mengingat harga Surface Pro yang sudah selangit. MacBook Pro saja sudah dilengkapi dengan aplikasi Office bawaan Mac yang gratis dan sistem operasi yang gratis pula.

Surface Pro ini dikabarkan bisa bertahan hingga 13 jam lebih pemakaian. Cukup lama juga sih, mengingat banyak laptop yang dijual sekarang ini hanya berkisar 5 jam hingga 10 jam saja daya tahannya. Daya tahan baterai ini sedikit di bawah MacBook Air yang bisa bertahan hingga 15 jam untuk pemakaian normal.

Itulah ulasan saya mengenai Microsoft Surface Pro dari sisi spesifikasi dan harganya. Kalau ditanya apakah pantas Surface Pro ini dihargai segitu? Menurut saya sih sangat pantas.

Follow me on social media:

1 Comment

10 Notebook Terbaik ASUS Tahun 2017 - BOY: Blog Oom Yahya · 24/07/2018 at 7:35 pm

[…] Baca juga:¬†Ulasan Singkat dan Harga Microsoft Surface Pro […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.