Uji Tahan Air Samsung Galaxy A5 2017

Uji Tahan Air Samsung Galaxy A5 2017

Uji Tahan Air Samsung Galaxy A5 2017 – Ponsel merupakan barang yang sangat pribadi bagi pemiliknya dan seringkali dibawa ke tempat-tempat yang “ekstrim”, kamar mandi misalnya. Ada juga yang ingin mengabadikan kegiatan berenang dengan ponsel yang dimilikinya. Itu sebabnya produsen ponsel berlomba menyediakan produk yang tahan air. Maklum, alat elektronik khan memang bermusuhan dengan air.

Salah satu produsen yang berhasil menelurkan produk kedap air adalah Samsung. Beberapa produk yang mereka luncurkan di tahun 2017 ini berhasil menyabet sertifikat IP68 yang menandakan tahan air dan debu. Produk itu antara lain adalah Galaxy A3, Galaxy A5, Galaxy S7, dan sepertinya hampir pasti juga diterapkan pada Galaxy S8.

Nah, kebetulan saya berkesempatan menguji salah satu produk tersebut, yaitu Samsung Galaxy A5 2017. Jadi benarkah? Apakah Samsung Galaxy A5 2017 tahan air? Apakah arti IP68 pada ponsel Samsung Galaxy A5 2017? Berapakah harga Samsung Galaxy A5 2017? (eh, yang terakhir ini gak nyambung yak? hehe)

Uji Tahan Air Samsung Galaxy

Begini, saya mulai dulu dari arti sertifikasi IP68 pada Samsung Galaxy A5 2017 ini ya. IP merupakan singkatan dari International Protection, menunjukkan bahwa sertifikasi ini berlaku internasional. Namun ada juga yang mengatakan bahwa IP memiliki kepanjangan Ingress Protection. Ingress bisa dimaknai berbagai benda seperti cairan atau padatan lembut (debu, pasir) yang mungkin masuk ke ponsel.

IP akan selalu diikuti oleh dua angka. Digit pertama menunjukkan ketahanan terhadap padatan lembut, memiliki rentang antara 0 hingga 6, sedangkan digit kedua menunjukkan ketahanan terhadap cairan, memiliki rentang antara o hingga 8. Semakin besar angkanya, semakin baik kemampuan ponsel dalam bertahan terhadap padatan lembut dan cairan.

Arti dari skala angka tersebut dapat dilihat pada gambar berikut (klik untuk memperbesar gambar).

Baca Juga
Zenfone Selfie, Selfie Tanpa Tapi
ip-rating-chart
Sumber: mobilefreq.com

 

Samsung Galaxy A5 2017 ini memiliki IP68, berarti mampu bertahan total terhadap debu dan mampu bertahan saat direndam di dalam air hingga 13 feet atau sekitar 4 meter.

Nah, kebetulan saya tidak sempat pergi ke kolam renang yang memiliki kedalaman hingga 4 meter, maka saya melakukan uji tahan air Samsung Galaxy A5 2017 ini di kamar mandi saja, hehe. Simak video berikut:

Samsung Galaxy A5 2017 sukses nyemplung ke air tanpa mengalami kerusakan. Setelah “mandi”, semua fungsi berjalan normal. Hanya pastikan ponselnya kering terlebih dahulu sebelum dicharge baterainya ya.

Dengan IP68 ini, apakah Samsung Galaxy A5 2017 tahan air dan tahan banting? Wah, kalau soal banting-bantingan, saya ndak mau mencobanya deh, hehe. Ini sekaligus untuk diperhatikan juga ya, jadi meskipun memiliki rating IP68, bukan berarti boleh dibawa berenang di laut ya.

Info tambahan, harga Samsung Galaxy A5 2017 ini adalah Rp 4.999.000,-

Follow me on social media:

65 Replies to “Uji Tahan Air Samsung Galaxy A5 2017”

    1. Nah itu, saya nyoba motret, saya pencet2 tombolnya kok gak bisa. Mungkin kikuk karena satu tangan pegang hape yg untuk syuting.
      Nanti kapan kalau sempat saya coba bawa ke kolam renang. :D
      Cuma ada teman yg melaporkan kalo bisa.

      1. Saya punya a5 2017 tes masuk air memang susah di sentuh…jd klau mau selfi pakai sensor telapak tangan klau mau foto belakang tombol volume di jadiin tombol untuk potret…informasi yg saya dapat a5 2017 klau dalam air layar senttuhnya memang tidak bisa bekerja dengan efektif

          1. Ya dilihat secara fisik sama lihat notifikasi yang muncul seperti di akhir video saya.

        1. Wah, jujur saja saya tidak tahu. Barangkali, barangkali loh, mungkin memang antisipasi supaya air tidak masuk via speaker.

          1. barusan d pake berenang,
            udah 1 jam d keringin, speaket output udah jernih lagi suaranya, tp spearker buat telp. suarany kecilll bangeettt pdhl volume udah di full…..hiks hiks hiks…

        2. Memang di rancang otomatis dari pabrik samsung gan…klau dlm air speker mati sendiri…saya pernah mencoba nyalain musik trus hp saya masukan air suaranya mati gk ad suara waktu q angkat hpnya dari air saya lap smpai kering nyalain musik msh normal kok

          1. Akan tetapi punya saya kok aneh ya gan,setelah buat berendem speaker untuk telepone ga berfungsi sama sekali,tips untuk mengatasi soal oni bagaimana ya gan.?

          2. Coba bagian tersebut dipastikan kering, misalnya dipanasi pake hair dryer, tapi pake setting low ya jangan high. Setelah itu coba direstart.

        3. itu mati gr2 kena aer, krn suara speaker ketutupan air. soal ny pernah separo kerkng si hape, suara ny jebret2 . tp pas kering total, jelas lg suara nya

    1. Klau dari sertifikatnya cuma kedalaman 1.5..m dan selama 30 menit..tp saya pernah nyoba kdalaman 2m dan sela.ma 50menit hp normal

  1. Klo habis direndam diair gtu.. terus dikeluarin,pas mau charger gimana mengetahui nya kering to belum nya?

  2. Ada notifikasi dari ponsel bahwa terdeteksi masih basah. Tunggu sampai notifikasi hilang atau jika sudah yakin benar benar kering, coba restart ponsel, jika notifikasi sudah hilang, berarti bisa di-charge

  3. Tadi langsung dihapus notifikasi nya.. trus muncul lagi kedua kali nya.. belum berani dicharger? Tpi ini sdh hilang sendiri notifikasi nya.. cuman klo misalkan dicharger dan ternyata masih basah dan lembab.. apakah notifikasi itu muncul lagi, konslet, to gak mengisi batrai nya bang? Maaf bnyak nnya bang soal nya baru ini nyoba direndem hehe

    1. Kalau memang hilang sendiri notifikasinya, kemungkinan besar sudah aman sih untuk dicharge.
      Kalau masih gak yakin banget ya ditunggu barang 30 menit atau kalau punya hair dryer, coba pake hair dryer. Biasanya hair dryer ada setting mau besar atau kecil kan, pake yg kecil aja

    1. Soal layar sentuh, saya juga mengalami.
      Sedangkan masalah kamera berembun, saya tidak mengalaminya.

  4. Punya saya setelah di celupkan ke air suara di speaker depan kog jadi keluar suara musik pas lagi hidupkan pemutar lagu nya ya?

    Mohon pencerahan nya gan

  5. Mau info dong. Sblm di celupkan di air, gak perlu setting apapun kan ya? Atau pakai aplikasi lain? Makasi yah

  6. A5 2017 sy dibawah foto” di air laut sekitar 2hari yg lalu skrg hpx tak bs speaker…stres sy pliss help.

  7. Mw tanya gan ..klw vidio dalam air ketika beberapa detik gtu ..keluar sndiri y gan dri aplikasi tsb ? Thank’s ya..

  8. Mw tanya gan..klw vidio dalam air ketika beberapa detik gtu ..keluar sndiri y gan dri aplikasi tsb ? Thank’s ya..

    1. Saya belum pernah mencoba video di dalam air. Cuma memang menurut beberapa orang, layarnya jadi tidak sensitif saat di dalam air, bisa jadi berpengaruh juga ke aplikasi lain seperti video

  9. Knp speaker nya suaranya keciiiiiiiil bgt.. pss di sp.phone baru ada kedengeran.. perlu brp wkt biar bisa normal lg speakernya..

  10. numpang lwat.. kalo spiker nya mati total bisa di restart pengaturan .. hanya pengaturan saja jangan hard restart… mungkin ini salah satu kelemahanya… saya sudah tes berkali2 solusinya cuma restart pengaturan aja.. inget jangan hard restart.. cuma pengaturan aja… selamat mencoba kalao spiker nya ngak bisa hidup…

  11. Mau tanya dong hp ane tidak notifikasi klw abis di cemplungin ke air apah ada pengaturan nya atau memang otomatis

  12. Bang kan klo di galaxy A5 kan ada AOD ya, kan hp kita di istirahatin pas waktu kita iatirahat tidur mlm hari, nah pertanyaannya itu AODnya nyala sepanjang mlm atau sekali kali klo ada notifikasi masuk baru AODnya nyala lagi ?

    1. Ada settinganya kok mas, bisa dibuat benar2 always on, bisa dibuat off setelah inaktif selama beberapa saat. Coba cari di bagian settings

  13. Mas bantu jawab dong..
    Hp saya gak ada setengah jam diair dan gak sampe 1.5 meter pas diangkat kok gak bisa disentuh ya.. mohon bantuannya

    1. hmm…ini hanya berbagi pangalaman aja yaa, tadi abiz d pake brenang, coba poto sm vidio dlm air, setelah selesai ada bebrapa kendala d hp pdhl udah 1 jam lbh posisi ga di air, sblm nya sig ada notif peringatan kelembaban air, kendala nya yaitu : speaker outut jadi sember plus suara kecil, speaker telp (yg deket telinga) suara kecill banget, keyboard buat ngetik kurang reaponsif, sempet panik sih..(banget), cek kamera dpn blakang normal….udh bolak balik restart hp, ga beress2 juga, tetapi perlahan bernagsur pulih, dan sekarang smua back to normal… butuh waktu lbh dr 1 jam untuk bisa kembali sperti semula….
      sabar aja dulu… kurang lbh 2 jam akhir nya sya matiin hp dan saya cas… alhmdlh… pas test speaker udah normal dan suara ga kecil lagi dan keyboard udah normal…..
      ini barusan terjadi sama saya…
      mungkin ini sedikit info yaa…
      terima kasih…

  14. Soal layar sentuh yang menjadi tidak peka setelah dicelupkan ke air, memang banyak yang mengeluh demikian. Termasuk juga speaker yang jadi lemah. Namun jika sudah dipastikan kering, keluhan2 tadi umumnya akan hilang dengan sendirinya.
    Mudah2an pihak Samsung menyadari dan memperbaiki hal2 seperti ini dalam rilis produk yang akan datang

    1. Kalau kerusakan karna masalah seperti ini jika saya ke service center kira2 diganti ga ya mas
      Karna yg saya tau kalau hp ini anti air.. tapi setelah dibawa ke air malah error

  15. Gan pernah ada masalah gak sama sensitif layar galaxy a5 2017 nya ?
    Punya saya kadang mencet” sendiri, kadang di buat multi touch maen game agak” gak sensitif gitu, mungkin ada yg tau gan🙏, saya baru beli soalnya dan udah di pasang tempered glass

    1. Saya curiga justru temperred glassnya yang bikin jadi seperti itu.
      Coba dilepas dulu dan diperhatikan lagi masalah sensitivitas layarnya

  16. Mau nanya gan, punga sy udh seharian gak ilang notif kelembapan nya dan gak bisa d charge, padahal sudah d lap sampe k lobang usb, dan bener2 yakin sudah kering tp masih gak bisa d charge, gmna solusinya ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *