Uji Tahan Air Samsung Galaxy A5 2017

Uji Tahan Air Samsung Galaxy A5 2017 – Ponsel merupakan barang yang sangat pribadi bagi pemiliknya dan seringkali dibawa ke tempat-tempat yang “ekstrim”, kamar mandi misalnya. Ada juga yang ingin mengabadikan kegiatan berenang dengan ponsel yang dimilikinya. Itu sebabnya produsen ponsel berlomba menyediakan produk yang tahan air. Maklum, alat elektronik khan memang bermusuhan dengan air.

Salah satu produsen yang berhasil menelurkan produk kedap air adalah Samsung. Beberapa produk yang mereka luncurkan di tahun 2017 ini berhasil menyabet sertifikat IP68 yang menandakan tahan air dan debu. Produk itu antara lain adalah Galaxy A3, Galaxy A5, Galaxy S7, dan sepertinya hampir pasti juga diterapkan pada Galaxy S8.

Nah, kebetulan saya berkesempatan menguji salah satu produk tersebut, yaitu Samsung Galaxy A5 2017. Jadi benarkah? Apakah Samsung Galaxy A5 2017 tahan air? Apakah arti IP68 pada ponsel Samsung Galaxy A5 2017? Berapakah harga Samsung Galaxy A5 2017? (eh, yang terakhir ini gak nyambung yak? hehe)

Uji Tahan Air Samsung Galaxy

Begini, saya mulai dulu dari arti sertifikasi IP68 pada Samsung Galaxy A5 2017 ini ya. IP merupakan singkatan dari International Protection, menunjukkan bahwa sertifikasi ini berlaku internasional. Namun ada juga yang mengatakan bahwa IP memiliki kepanjangan Ingress Protection. Ingress bisa dimaknai berbagai benda seperti cairan atau padatan lembut (debu, pasir) yang mungkin masuk ke ponsel.

IP akan selalu diikuti oleh dua angka. Digit pertama menunjukkan ketahanan terhadap padatan lembut, memiliki rentang antara 0 hingga 6, sedangkan digit kedua menunjukkan ketahanan terhadap cairan, memiliki rentang antara o hingga 8. Semakin besar angkanya, semakin baik kemampuan ponsel dalam bertahan terhadap padatan lembut dan cairan.

Arti dari skala angka tersebut dapat dilihat pada gambar berikut (klik untuk memperbesar gambar).

Baca Juga  Avast Wi-Fi Finder
ip-rating-chart
Sumber: mobilefreq.com

 

Samsung Galaxy A5 2017 ini memiliki IP68, berarti mampu bertahan total terhadap debu dan mampu bertahan saat direndam di dalam air hingga 13 feet atau sekitar 4 meter.

Nah, kebetulan saya tidak sempat pergi ke kolam renang yang memiliki kedalaman hingga 4 meter, maka saya melakukan uji tahan air Samsung Galaxy A5 2017 ini di kamar mandi saja, hehe. Simak video berikut:

Samsung Galaxy A5 2017 sukses nyemplung ke air tanpa mengalami kerusakan. Setelah “mandi”, semua fungsi berjalan normal. Hanya pastikan ponselnya kering terlebih dahulu sebelum dicharge baterainya ya.

Dengan IP68 ini, apakah Samsung Galaxy A5 2017 tahan air dan tahan banting? Wah, kalau soal banting-bantingan, saya ndak mau mencobanya deh, hehe. Ini sekaligus untuk diperhatikan juga ya, jadi meskipun memiliki rating IP68, bukan berarti boleh dibawa berenang di laut ya.

Info tambahan, harga Samsung Galaxy A5 2017 ini adalah Rp 4.999.000,-

Follow me on social media:

COMMENTS

Leave a Comment