Review Acer Liquid M220

Sistem operasi Windows Phone tidaklah “meriah” seperti halnya Android atau iOS, pangsa pasarnya juga relatif kecil dibandingkan kedua sistem operasi tadi. Namun bagaimanapun Windows Phone tetap tidak bisa diremehkan, apalagi jelang kehadiran Windows 10 Mobile dalam beberapa pekan ke depan ini.

Salah satu raksasa produsen smartphone yang meyakini bahwa Windows Phone masih memiliki masa depan cerah dan berani mengembangkan smartphone berbasis Windows Phone adalah Acer. Acer telah memiliki pengalaman memproduksi smartphone berbasis Windows Phone, khususnya ketika masih versi 7 dan 7.5. Meskipun sempat diisukan akan menjual divisi smartphone berbasis Windows Phone, toh nyatanya Acer masih menelurkan produk baru berbasis Windows Phone. Dan kali ini produknya adalah Acer Liquid M220 yang diperkuat sistem operasi Windows 8.1.

Saya beruntung bisa menjajal Acer Liquid M220 tersebut dan di posting ini saya akan memberikan review singkat. Berhubung saya baru menjajalnya beberapa hari saja, mungkin akan ada beberapa hal yang terlewat. Jangan khawatir, seperti review saya pada produk-produk yang lain, umumnya akan ada tambahan-tambahan informasi atau tips dan trik yang akan saya posting setelah review ini.

Acer Liquid M220 adalah smartphone berukuran kecil, layarnya 4 inch, dan harganya sangat terjangkau, Rp 700.000,- an saja. Namun bila Anda melihat penampakan body-nya, smartphone ini seolah memiliki harga di atas 1 jutaan. Maklum desain body dan material yang digunakan cukup bagus, bagian belakang Acer Liquid M220 juga memiliki pola kotak-kotak yang unik.

Acer Liquid M220

Acer Liquid M220

Untuk keperluan memasukkan SIM Card, bagian belakang cover Liquid M220 relatif mudah dibuka tapi itu tidak berarti bagian belakang tersebut longgar karena bila ditutup ternyata tetap kencang. Seperti trend smartphone yang beredar saat ini, Acer Liquid M220 juga mendukung dual SIM Card dan keduanya bisa diaktifkan untuk paket data (tapi hanya satu yang aktif di suatu saat tertentu).

Uniknya, kedua tempat SIM card tidak berukuran sama karena yang pertama memiliki ukuran mini SIM sedangkan yang kedua micro SIM. Artinya bila Anda hendak memasang dua SIM card, Anda harus memutuskan sejak awal mana yang akan menjadi SIM pertama dan mana yang akan menjadi SIM kedua. Menukar posisi kedua SIM tersebut akan menimbulkan sedikit masalah karena perbedaan ukuran tadi.

Setelah SIM card dan baterai terpasang, kini saatnya menghidupkan smartphone ini. Tombol power dan volume semua terletak di sisi kanan. Kedua tombol ini relatif tidak menonjol keluar sehingga terkadang sulit diraba saat hendak dipencet, khususnya bila dioperasikan dengan satu tangan. Namun mungkin kelebihannya adalah relatif tidak mudah terpencet secara tidak sengaja, misalnya ketika disimpan di dalam tas dan bercampur dengan barang-barang lain.

Acer Liquid M220 memang menyenangkan dioperasikan dengan satu tangan berhubung ukuran layarnya yang hanya 4 inchi dan bobotnya yang hanya 119 gram. Hanya saja yang sedikit menjadi ganjalan adalah layar TFT-nya yang bila dilihat agak miring, warnanya menjadi berubah dan relatif tidak jelas. Selain itu sensitivitasnya juga sedikit kurang, khususnya di bagian tombol back, home, dan search. Layarnya juga belum Gorilla Glass.

Secara default, tile Windows Phone yang memperkuat Acer Liquid M220 ini terdiri atas 2 kolom tile besar namun jangan khawatir karena Anda bisa mengubahnya menjadi 3 kolom tile besar. Dan sudah jelas, pasti bisa dibuat tembus pandang agar wallpaper di belakangnya menjadi terlihat.

Acer Liquid M220

Acer Liquid M220

Acer Liquid M220 diperkuat baterai berukuran 1300 mAh dan untuk smartphone berukuran layar 4 inchi, daya segitu sudah sangat mencukupi. Ketika saya pakai, pasokan daya baterai bisa tahan satu hari penuh bahkan lebih, dengan catatan untuk pemakaian normal ya, tidak “dipaksa” main game atau internetan terus menerus. Waktu yang dibutuhkan untuk ngecharge juga relatif singkat, 70-90 menit saja.

Speakernya meskipun tidak bisa dibilang istimewa tapi tidak mengecewakan. Suaranya cukup kencang dan relatif jernih.

Kameranya ada? Wah jelas ada. Depan belakang pula. Meskipun kamera belakang hanya memiliki resolusi 5 MP dan kamera depan 2 MP, namun untuk smartphone dengan harga kurang daripada 1 juta, hal tersebut sudah merupakan kemewahan. Bahkan kamera belakangnya sudah diperlengkapi dengan LED Flash pula. Hasilnya juga tidak mengecewakan loh. Ini ada contoh foto selfie saya yang diambil dengan kamera depan dan foto saat saya makan malam di warung tenda, saat pengambilan foto LED Flash aktif.

Acer Liquid M220

Sedikit catatan yang hendak saya beberkan, ketika Acer Liquid M220 ini saya pasangi kartu XL, smartphone ini menjadi sering hang dan bahkan dalam beberapa kesempatan menjadi sangat panas. Entah mungkin ada ketidakcocokan frekuensi atau bisa jadi penyebabnya adalah kartu SIM XL yang saya gunakan tersebut bisa dengan mudah dilepas dari bingkainya hingga menjadi micro bahkan nano SIM, jadi relatif mudah “goyang” dari tempatnya. Ketika saya ganti dengan kartu Indosat M3 yang secara fisik utuh, tidak bisa dilepas menjadi micro dan nano, masalah hilang, tidak lagi hang dan panas.

Nah, saya tidak tahu apakah bila menggunakan kartu XL yang utuh, masalah hang dan panas tetap terjadi atau tidak. Barangkali mungkin ada yang memiliki pengalaman serupa? Mohon bercerita di bagian komentar.

Sekian review singkat Acer Liquid M220, saya janji nanti bakal ada post lagi tentang smartphone ini atau tentang Windows Phone.

Follow me on social media:

Similar Posts

37 Comments

  1. Ko mau tanya nih kalo mau cash hp asus zefone5 berapa lama y, kadang 3 jam dua penuh tapi kebanyakan cash amPe lama ngak penuh2 kadang 5 jam baru penuh. Gimna ya bos solusinya.

    1. Maaf mas, salah kamar, di sini ngomongin Acer Liquid. Mohon diulangi di trit Zenfone ya, biar rapi gitu

  2. om mau tanya nih,saya kan pake hp acer m220,saya pake kartu 3 tapi ko kadang kartunya suka ga kebaca gitu jadi kalo ada sms suka ga masuk mesti dimatiin dulu hpnya baru masuk deh smsnya. tapi ga lama kyk gitu lagi. kira2 apa penyebabnya ya? minta solusinya dong om. trims:))

    1. Coba kartunya dibersihkan dulu bagian kuningnya itu. Pake penghapus pensil ya.
      Setelah itu coba dipasang lagi

  3. Blm ada sebulan udh ngehang,tiba2 mati sendiri,nyala sendiri -_-itu M220 trus yg parahnya tiba2 profilny di modus pesawat terus g bs balij ke profil normal,itu kira2 knp ya kak?hikss :'(

    1. Itu dikarenakan windows tidak mampu menjalan aplikasi yang sudah berjalan di latar belakang terlalu lama
      selain itu , hal tersebut juga menjadi keunikan windows phone dikarenakan system menerima perintah restart secara otomatis dari sesi layar sebelumnya

  4. Kata orang counter coba2 nanya katanya softwareny yang error,bs di bantu g kak ?:(

    1. Saya sempat mengalami waktu pake XL tapi ada teman pake XL tidak mengalami. Coba pastikan kartu SIM-nya bersih dan coba gunakan kartu SIM yg utuh, bukan yg bisa dilepas jadi micro dan nano SIM.

  5. Salam
    Saya mau nanya ttg winphone ini (acerm220)
    Ada saudara yg pake, trus keluhan pertama setelah melakukan trnasfer pic lewat bluetooth terjadi kehilangan data2 seperti gambar(yg diambil dngan cam hp tsb) hilang juga. Sempat dibawa ke tukang service (ngakunya ngerti IT) tp mash belum bener jg.
    Stelah sy coba nginstal antivirus(tebakan sy terkena virus) malah gk jalan2 downloadan nya. Trus dibawa lg ke tukng srvice yg tadi katanya gk semua smartphone / atau yg memakai windows (kurng jelas infonya) bisa dipasang antivirus. Prediksi saya yg kedua karena kepenuhan aplikasi karena ram nya hanya 512mb tp setelah dihapusin hampir semua aplikasi masih ttp susah untuk dioperasikan secara normal.
    Yg mau saya tanyakan
    1. Apakah benar pada winphone tidak semua bisa atau perlu dipasang antivir?
    2. Kira kira apa permasalahan winphone saudara sy ini? Apakah karena virus atau karena dapur pacunya yg kekcilan karena banyaknya aplikasi yg dipakai?
    3. Ada gk yg ngalamin hal serupa dengan winphone acer m220 ?
    Mohon share pengalamn dan solusinya buat Oom Yahya jg netter yg lain thank you..

    1. Tidak seperti saudara tuanya, Windows Phone tidak perlu antivirus.
      Soal data yang tiba2 hilang, saya pastikan bukan karena spesifikasi hardware rendah.
      Itu tukang servicenya bukan resmi dari Acer kah? Saran saya, bawa ke service center resmi Acer.
      Selama saya menggunakan Acer Liquid M220 ini, saya tidak mengalami masalah kehilangan data, namun kebetulan saat ini saya sudah tidak menggunakannya lagi.

  6. Mengenai tukang service memang bukan resmi dr Acer.
    Tp kalau untuk melindungi data pribadi seperti foto dan video dr virus apakah windows sendiri punya antivir yg sudah ditanam disana?
    Thanks Om Yahya… udah me-Replay

    1. Windows Phone tidak memiliki anti virus namun mekanisme kerjanya (minimal hingga saat ini) tidak memungkinkan virus berkembang

  7. om punya saya kok acer m220 ko camera sama music nya ga bisa di buka kalo di tekan music ato camera kembali k home lagi,kenapa ya kira2

    1. Saya tidak tau apakah sudah ada update firmware tersedia untuk M220, bisa dicoba untuk update firmwarenya.
      Kalau masih bermasalah, terpaksa dibawa ke service center

  8. Om acer m220 ku knapa ya paket datanya kok kadang connect kadang enggak? Aku pake kartu simpati
    Tolong pencerahannya om
    Mkasih

    1. Saya dulu pernah mengalami hal serupa tapi pake operator lain, ketika ganti simpati justru lancar.
      Coba kartu SIM-nya dibersihkan atau kalau sangat terpaksa, bisa minta ganti kartu baru ke operatornya

  9. pagi om yahya
    temen sy br beli hp tipe ini, br dipake sehari kok hp nya sering tiba2 restart sendiri. kira2 masalahnya dmn? soalnya beli online dan hp nya sdh dibundling kartu im3 (dah dipasangin sim card di dlm nya). mksh sebelumnya

    1. Saya sempat mengalami masalah yang sama dan sembuh ketika ganti operator, seperti yang saya tulis di paragraf terakhir.

  10. Selamat siang..saya baru menggunakan acer m220. bagaimana cara setting wi-fi agar bisa dipakai seluruh aplikasi di acer m220? trims

    1. Saya sekarang pakai Windows 10, mungkin agak sedikit berbeda, tapi intinya buka settings > wifi, lalu add network, isilah sesuai dengan setting wifi yang tersedia.
      Jika sudah berhasil melakukan koneksi, maka semua aplikasi yg membutuhkan wifi sudah bisa menggunakannya

  11. jadi penasaran dengan ini hp, kebetulan anggarn saya mepet sementara di pasaran masih ada barang baru (tinggal 1) dengan harga Rp 650.000, masih layak kah untuk dibeli pak? Keperluan saya sebetulnya murni hanya email, whatsapp, browsing. itu saja 😀

  12. pak yahya … mau tanya kalau ngecaharge m220 harus dalam kondisi off ? sedangkan hp punya saya susah di matiin, (setelah dimatiin nyala lagi dengan sendiri)

  13. pak mau tanya dong kenapa hp saya tidak bisa download aplikasi dan permainan selalu terjadi masalah,,,,trus di suru atur di pengaturan pake ada nomor 8 dijit tapi setelah di cari tidak dapat di pengaturan

  14. Pagi mau nanya nih kan saya pake hp acer m220 awal nya bagus tapi sekarang mau di nyalain ko muncul smail sedih trus pas mau nyala muncul gambar gini 🙁 mulu,tlong diberi solusinya.

  15. Wah penasaran nih jadi prngen beli, saya sekarang pegang microsoft lumia 640 xl sudah upgrade windows 10. Sangat Nyaman dipakai serta responsif, dan terkesan mewah, untuk ketik sms juga sangat nyaman dan yang paling saya suka adalah keybordnya wah banget.., tapi yg jadi keluhan Notifikasi WA dan BBM gak muncul, hanya pas di buka aplikasinya saja baru bisa ketahuan kalo ada bbm dan WA masuk banyak sudah tak setting pengaturan tapi masalah tetap sama, terus saya update juga tidak berpengaruh, terakhir a saya hard reset, wahhhh. Alhamdulillah permasalahan teratasi dan notifikasi WA bbm muncul senangnya hatiku ?

    1. Kalau Liquid-nya mau dijadiin hape kedua gak masalah sih tapi kalau menggantikan Lumia 640XL, apa gak sayang?

    1. Akun Anda di Microsoft berarti berupa akun anak2. Jika Anda memang masih anak-anak, mintalah orang tua Anda untuk juga login ke akun Microsoft milik mereka dan menjadikan akun Anda sebagai akun anak orangtua Anda.
      Jika Anda sudah dewasa, mungkin dulu waktu mengisi tanggal lahir saat membuat akun keliru, sehingga dikira masih anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published.