Perbandingan realme GT Master Edition vs POCO X3 GT

Dalam waktu berdekatan, dua buah produsen smartphone meluncurkan produk yang namanya sama-sama mengandung “GT”, yaitu realme GT Master Edition vs POCO X3 GT.

Kedua smartphone ini sepertinya menyasar pasar yang sama, setidaknya dari segi harga yang tidak terlalu berbeda jauh. Untuk varian dengan ukuran RAM dan storage yang sama (8/256), realme GT Master Edition dibanderol dengan harga Rp5.299.000, sedangkan POCO X3 GT diberi harga Rp4.799.000.

Selama masa perkenalan, realme memberikan cash back hingga Rp300.000 untuk realme GE Master Edition, sedangkan POCO memberikan diskon hingga Rp200.000 untuk POCO X3 GT.

Kalau dana yang kamu miliki benar-benar terbatas, barangkali POCO X3 GT lebih menarik karena harganya relatif lebih murah.

Namun jika harga tidak terlalu menjadi masalah, berikut akan saya berikan panduan dalam memilih antara realme GT Master Edition vs POCO X3 GT .

Prosesor

Prosesor yang digunakan oleh realme GT Master Edition adalah Qualcomm Snapdragon 778G 5G sedangkan POCO X3 GT menggunakan Dimensity 1100.

Nah, soal prosesor ini, ada lho yang fanatik dengan prosesor tertentu, melebihi fanatisme terhadap smartphonenya. You know what I mean, hehehe.

Jadi kalau sudah fanatik soal prosesor, ya sudah tidak ada lagi yang bisa dikatakan, langsung pilih saja sesuai prosesor yang disukai.

Sebenarnya, dari sisi performa, kedua prosesor ini nyaris seimbang, hanya memang skor benchmark Antutu dan Geekbench berpihak ke Dimensity 1100.

Skor Snapdragon 778G vs Antutu Dimensity 1100 adalah 527254 vs 581654. Sedangkan skor Geekbench untuk single core adalah 872 vs 925, untuk multi core 2212 vs 3198, semua untuk keunggulan Dimensity 1100.

Jadi kalau kamu mendewakan skor benchmark, jelas POCO X3 GT layak dipilih, tapi kudu diingat loh, sebagian besar produsen game itu melakukan optimasi game-nya untuk Snapdragon ketimbang MediaTek.

Body dan Layar

Soal dimensi body dan layar, realme GT Master Edition hadir sedikit lebih kompak dibandingkan dengan POCO X3 GT, walaupun tipis saja bedanya.

Bobot realme GT Master Edition lebih ringan hampir 20 gram jika dibandingkan POCO X3 GT. Apakah 20 gram ini bermakna? Tergantung sih.

Kalau sehat-sehat saja, selisih tersebut nyaris tak bermakna, tapi kalau seperti saya yang pernah menderita CTS (Carpal Tunnel Syndrome), kudu mikir bener soal bobot saat hendak memutuskan membeli smartphone.

Untunglah, bobot smartphone di bawah 200 gram menurut saya masih OK lah, tidak terlalu berat dan kedua smartphone ini masuk ke dalam kategori ini.

Pada halaman spesifikasinya, realme mencantumkan bahwa layar realme GT Master Edition menggunakan AMOLED, sedangkan POCO tidak menyebutkan apa-apa. Di sisi lain, sebagai pelindung layar, gantian realme yang tidak mencantumkan apapun, sedangkan POCO menyebutkan bahwa X3 GT dilindungi dengan Gorilla Glass Victus, pelindung layar terbaik saat ini.

Apa yang ditulis, itulah yang hendak dibanggakan, apa yang tidak ditulis, ya memang tak perlu dibahas.

Nah, mana yang lebih penting buat kamu, tampilan memukau atau perlindungan terbaik?

Audio

Kedua smartphone ini sama-sama dilengkapi dengan dual speaker, jadi kalau posisinya berdiri, speakernya ada di bawah dan di atas. Jadi kalau dipegang dengan posisi landscape pas nonton video, speakernya ada di kiri dan di kanan.

Sayangnya, meski menggunakan dual speaker, setup audio realme GT Master Edition masih mono, sedangkan audio POCO X3 GT menggunakan setup stereo dengan teknologi DolbyAtmos.

Namun jangan khawatir, bila menggunakan earphone, keduanya memiliki audio stereo dan kualitasnya sangat jernih.

Pengguna realme GT Master Edition bisa menggunakan earphone berkabel karena tersedia jack 3,5 mm, sedangkan pengguna POCO X3 GT wajib menggunakan wireless earphone.

Kamera

Nyaris tak ada perbedaan berarti pada setup kamera kedua smartphone ini, khususnya pada kamera belakang. Keduanya sama-sama menggunakan tiga kamera dengan resolusi 64, 8, dan 2 mega pixel, dan susunannya juga sama, kamera utama, kamera sudut lebar, dan kamera makro.

Fitur-fitur kameranya juga cukup berimbang.

Pada kamera depan, ada perbedaan cukup signifikan, realme GT Master Edition menggunakan kamera dengan sensor SONY dan resolusi 32 mega pixel, sementara kamera depan POCO X3 GT hanya 16 mega pixel.

Varian

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki varian RAM/ruang simpan 8/128 dan 8/256. Sedangkan untuk varian warna/model, realme GT Master Edition tampil menarik dengan adanya varian berwarna Voyager Grey yang desainnya mirip seperti koper.

Desain koper pada realme GT Master Edition ini dirancang oleh desainer ternama Naoto Fukasawa.

POCO X3 GT, seperti halnya smartphone “keluarga” Xiaomi lainnya, memiliki kelebihan berupa infra red blaster yang membuatnya bisa menjadi remote control darurat bagi berbagai device seperti televisi dan AC.

Kesimpulan

Jadi, sebaiknya mana yang dipilih di antara kedua smartphone yang namanya sama-sama mengandung GT ini? Pilih realme GT Master Edition vs POCO X3 GT?

Jujur aja, sebuah keputusan yang sangat sulit. Keduanya relatif berimbang dan ada plus minus masing-masing.

Namun dari paparan saya di atas, setidaknya ada beberapa hal yang bisa dijadikan panduan untuk memilih.

realme GT Master Edition vs POCO X3 G
realme GT Master Edition

Pilih realme GT Master Edition jika:

  • Suka selfie.
  • Butuh port jack 3.5 mm.
  • Ingin tampil beda dengan ponsel model koper.
  • Suka tampilan layar memukau.
  • Suka smartphone ringan.
realme GT Master Edition vs POCO X3 G
POCO X3 GT

Pilih POCO X3 GT jika:

  • Suka audio stereo.
  • Butuh perlindungan layar paling kuat.
  • Butuh infra red blaster.
  • Dana relatif terbatas.

Keputusan ada di tanganmu.

Tabel Perbandingan realme GT Master Edition vs POCO X3 GT

realme GT Master Edition POCO X3 GT
Prosesor Qualcomm Snapdragon 778G 5G Dimensity 1100
Varian 8/128
8/256
8/128
8/256
Jaringan 5G, dual SIM nano, dual stand by 5G, dual SIM nano, dual stand by
Layar 6.43”
Super AMOLED
2400 x 1080
Refresh rate 120 Hz
100% DCI-P3 Wide Color Gamut
6.6”
Gorilla Glass Victus
2400 x 1080
Refresh rate 120Hz
DCI-P3
Kamera Utama: 64 MP
Sudut lebar: 8 MP
Makro: 2 MP
Depan: 32 MP Sony
Utama: 64 MP
Sudut lebar: 8 MP
Makro: 2 MP
Depan: 16 MP
Audio Speaker ganda, setup mono Speaker ganda, stereo DolbyAtmos
Baterai 4300 mAh
SuperDart 65 Watt
5000 mAh
Turbo Charging 67 Watt
Fingerprint Dalam layar Samping, di tombol power
NFC Yes Yes
Infra red No Yes
Dimensi Tinggi: 159.2 mm
Lebar: 73.5 mm
Tebal: 8.0/8.7 mm
Berat: 174/178 g
Tinggi: 163,3 mm
Lebar: 75,9 mm
Tebal: 8,9 mm
Berat: 193 g
OS Android 11, realme UI 2.0 Android 11, MIUI 12.5 for POCO
Follow me on social media:

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.