Cara Mengaktifkan Modem Di Laptop 100% Mudah!

Hampir di semua tempat, baik di dalam rumah maupun luar rumah tersedia jaringan internet WiFi. Tidak hanya menggunakan router saja, saat ini WiFi dapat dinikmati secara fleksibel, salah satunya adalah melalui modem.

Kamu dapat mengakses internet dengan koneksi nirkabel melalui modem yang dipasangkan di laptop. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan modem di laptop? Berikut cara yang dapat kamu praktikkan.

Cara Mengaktifkan Modem di Laptop

Perkembangan teknologi semakin berkembang. Apalagi soal internet. Cara untuk mengaktifkan internet bisa melalui berbagai macam metode, salah satunya adalah melalui perangkat laptop yang disambungkan dengan modem.

Nah, berikut ini adalah cara mengaktifkan modem di laptop.

Foto oleh Bram Naus dari Unsplash

1. Mengaktifkan Fitur WiFi di Laptop

Hampir semua merk dengan berbagai spesifikasi laptop memiliki fitur WiFi di dalamnya. Langkah pertama untuk mengaktifkan modem di laptop adalah dengan menyalakan fitur ini.

Untuk menyalakan fitur ini, carilah logo WiFi yang ada pada keyboard laptop kamu. Lalu, tekan logo tersebut, otomatis WiFi akan menyala dan mencari sinyal modem yang kamu siapkan sebelumnya.

Di beberapa merk laptop, kamu diharuskan menekan tombol Fn pada keyboard + tombol yang terdapat logo WiFi secara bersamaan. Cara tersebut merupakan cara yang dapat kamu gunakan di perangkat laptop dengan OS Windows.

Sementara jika kamu menggunakan Mac, kamu diharuskan masuk ke System Preferences, kemudian masuk ke menu Network. Setelah itu, klik Turn on WiFi dan secara otomatis laptop kamu akan mencari sinyal modem.

2. Memilih Jaringan yang Sesuai

Langkah selanjutnya, setelah kamu mengaktifkan fitur WiFi di laptop, kamu harus memilih jaringan atau sinyal modem WiFi yang sudah dipersiapkan.

Sebelum kamu memilih jaringan, pastikan kamu tahu nama dari sinyal modem yang akan digunakan. Hal itu disebabkan oleh kemungkinan sinyal yang terdeteksi tidak hanya milik kamu saja.

Laptop kamu secara otomatis akan mendeteksi jaringan terdekat yang bisa dijangkau meskipun milik orang lain. Jadi, jangan heran jika banyak sinyal yang terdeteksi di laptop kamu.

Apabila modem yang akan kamu gunakan memiliki kata sandi, maka tulislah kata sandi lalu tekan enter. Pastikan kata sandi tepat sehingga otomatis tersambung kepada modem kamu setelah mengklik enter.  Jika sudah, kamu sudah bisa berselancar di internet.

3. Memeriksa Kecepatan Internet

Langkah terakhir setelah kamu tersambung dengan modem adalah memeriksa kecepatan internet. Semakin besar Mbps yang tertera, maka semakin cepat koneksi internet yang bakal kamu rasakan.

Dengan begitu, kamu dapat dengan cepat menonton video tanpa buffering maupun membuka situs internet tanpa lemot, serta mengunduh file tanpa jeda.

Saat ini, banyak aplikasi yang maupun situs web yang berfungsi memeriksa kecepatan internet perangkat kamu. Jika kamu memanfaatkannya, kamu dapat dengan mudah mengetahui speed dari modem yang kamu gunakan.

Itulah 3 cara yang dapat kamu praktekkan untuk mengaktifkan modem di laptop. Saat ini kamu tidak perlu lagi khawatir mengenai kecepatan koneksi internet pada modem kamu.

Kamu juga tidak perlu khawatir memilih modem yang salah sehingga menghambat koneksi internet kamu. Cukup menggunakan modem 4G terbaik yaitu Telkomsel Orbit, kamu sudah dapat menikmati koneksi internet lancar tanpa hambatan.

Apalagi wilayah jangkauan dari Telkomsel Orbit juga sangat luas. Kamu bisa mengecek jangkauannya ke wilayah tempat kamu beraktivitas melalui website resmi dari Telkomsel Orbit.

Tidak hanya itu, pilihan paket internet yang beragam juga bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu setiap bulannya. Jaringan yang luas dan kuat, dijamin bisa menunjang segala kebutuhan kamu.

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.