Sudah beberapa hari ini saya mencoba menggunakan vivo Xshot dan inilah beberapa hal yang menjadi kesan saya terhadap vivo smartphone ini, baik memperlengkapi maupun menambah kesan yang sudah saya paparkan di tulisan sebelumnya.

 

Build Quality

Dengan harga mendekati enam juta rupiah, sudah tentu vivo tidak hanya menawarkan kamera dengan spesifikasi tinggi. Butuh sesuatu yang lebih daripada itu. Salah satunya datang dari build quality body-nya. Casing body terbuat dari bahan plastik berkualitas tinggi dan dibingkai oleh logam berwarna silver.

Body yang kesat membuatnya mantap saat dipegang. Sidik jari tak mudah membekas di bagian belakang body dan meskipun hampir mustahil membuat hal yang sama untuk layar sentuhnya, namun toh sidik jari yang tertinggal relatif hampir tak terlihat.

 

Layar

Layar vivo Xshot

Layar vivo Xshot sungguh bening dan sangat menyenangkan dilihat. Bening gitu loh. *eh (upss)

Meski begitu, ketika berada di tempat terang, layarnya yang bening itu tidak memantulkan terlalu banyak cahaya tetap nyaman dioperasikan, bahkan ketika brightness-nya diset mendekati minimal.

Smartphone vivo ini juga mendukung glove mode, yang memungkinkan Anda tetap dapat mengoperasikan ponsel saat menggunakan sarung tangan.

 

Baterai

Baterai yang memberi daya untuk vivo Xshot memiliki kapasitas 2600 mAh dan saya pikir cukup. Dari keadaan penuh, baterai ini bisa bertahan lebih daripada 24 jam, bahkan nyaris 48 jam, meski harus saya akui saya tidak terlalu “menyiksa” vivo Xshot ini. Saya cuma pakai untuk browsing, twitteran, dan chatting doang. Barangkali ceritanya bisa beda kalau saya sering memanfaatkan GPS atau main game.

Oh ya, bicara soal game, vivo smartphone ini termasuk enteng buat ngegame. Ketika saya mencoba main Tenis 3D, sama sekali tidak ada lag. Ya maklumlah, RAM nya 2GB.

Kalau daya habis, charger dengan arus 2 Ampere siap digunakan untuk mengisi ulang. Charger ini cukup mumpuni, ketika saya coba nge-charge dari kondisi daya tersisa 20% hingga penuh, hanya dibutuhkan waktu 1 jam 25 menit saja.

 

Komunikasi

Ketika saya coba untuk melakukan komunikasi bicara menggunakan vivo Xshot, hasilnya sungguh mencengangkan karena suaranya sungguh jernih. Ya memang masih ada faktor lain yang berpengaruh, yaitu kondisi sinyal operator yang digunakan. Tapi itu berarti, jika didapat sinyal yang bagus, kualitas komunikasi dengan vivo dijamin mulus.

 

OS Android

OS Android yang digunakan oleh vivo Xshot menggunakan basis Android 4.3 yang dikustomisasi dan diberi nama Funtouch OS. Sesuai namanya, sistem operasi ini memberikan nuansa yang menyenangkan ketika layarnya disentuh. Jika Anda terbiasa menggunakan smartphone Android yang lain, pasti akan terasa bedanya.

Sayangnya, pada beberapa aspek yang lain juga ada perbedaan. Hal ini bisa menjadi kekuatan namun juga sekaligus kekurangan vivo smartphone. Berbagai tombol pintas pengaturan yang biasanya ditampilkan di notification center tidak ada. Hanya ada halaman Settings yang meskipun lengkap, relatif agak membingungkan. Butuh waktu agak lama untuk membiasakannya.

Sebagai gantinya, vivo smartphone diperlengkapi dengan aplikasi khusus untuk pengaturan ponsel, seperti iManager, iTheme, dan iMusic. Dengan berbagai aplikasi ini pengguna bisa mengatur ponselnya dengan nuansa yang sama sekali berbeda dengan smartphone Android yang lain.

 

Multimedia

Meskipun sudah menyandang tagline hifi & smart, namun kualitas suara vivo tidaklah bisa dibilang istimewa, walau tidak bisa dibilang buruk juga. Kualitas suara ini sedikit membaik ketika menggunakan headset. Sayangnya tidak ada aplikasi radio bawaannya.

Sedangkan ketika saya mencoba memutar video via YouTube, gambarnya sudah pasti bagus karena tertolong oleh resolusi dan jernihnya layar. Gak main-main, resolusinya 1920×1080! Berikut screenshot yang saya ambil ketika vivo Xshot sedang memutar video YouTube.

vivo Xshot YouTube

 

Benchmark

Benchmark merupakan bentuk paling sahih dalam menyatakan performa suatu smartphone. Salah satu aplikasi benchmark yang terpercaya dan paling sering digunakan adalah AnTuTu. Nah, inilah hasil benchmark AnTuTu terhadap vivo Xshot dan skor yang didapat adalah 43220.

AnTuTu vivo Xshot  AnTuTu vivo Xshot

 

Sayang sekali ada satu hal yang tidak sempat saya coba, yaitu konektivitas 4G/LTE. Padahal sebenarnya vivo Xshot sudah mendukung.

Follow me on social media:
Pengalaman Bergaul Dengan vivo Xshot
Tagged on:     

12 thoughts on “Pengalaman Bergaul Dengan vivo Xshot

  • 04/05/2015 at 8:58 am
    Permalink

    Mas, mau tny bgmn cara mau screenshoot di vivo xshot. Karena sy cr manual di settingannya gada. Trmksh, u pencerahaanya.

    Reply
    • 04/05/2015 at 10:12 am
      Permalink

      Coba pake kombinasi tombol Power+Home

      Reply
  • 22/09/2015 at 11:12 am
    Permalink

    Saya juga pake X-Shot. Tombol pintas untuk ke setting tertentu yang sering digunakan cukup geser dari bawah ke atas, mas. Emang agak beda sama hape lain. Kalo yang dari atas ke bawah emang cuma buat notifikasi aja. Yang dari bawah malah banyak banget menunya, bisa dikustomisasi juga. Apalagi sejak update ke Kitkat beberapa bulan lalu, ada S-capture buat long screenshoot juga, termasuk mode portrait buat yg gak mau auto rotation. :)

    Soal konektivitas 4G, itu bukan karena gak bisa, tapi karena X-shot hanya mendukung 4G yg di frekuensi 1800 MHz, sementara di Indonesia frekuensi itu belum merata dan katanya baru akan selesai ditata akhir 2015.

    Reply
    • 22/09/2015 at 9:01 pm
      Permalink

      Terima kasih sharingnya ya

      Reply
      • 08/08/2016 at 10:11 am
        Permalink

        Vivo Xshot saya msh 4.3.. gmna caranya upgrade ke 4.4?… dan vivo Xshot bs upgrade sampai android brapa??.. trims

        Reply
        • 09/08/2016 at 9:33 pm
          Permalink

          Biasanya update ada di menu Settings > About, di sekitar2 itu lah.
          Saya tidak hafal Xshot bisa dapat sampai Android berapa

          Reply
  • Pingback:Kesan Menggunakan vivo V3Max - Blog Oom Yahya

  • 06/09/2016 at 11:23 pm
    Permalink

    Om tanya apakah batery vivo.bisa memutus arus masuk dari charger bila kita lupa mencabut batry vivo yg sudah penuh ??

    Reply
    • 11/09/2016 at 11:56 am
      Permalink

      Terus terang saya tidak tahu dan terus terang juga, saya tidak percaya sama teknologi ini. Pernah kejadian baterai hamil soalnya di hape Galaxy Gio.
      Saran saya, kalau memang sering kelupaan mencabut charger, gunakan colokan yang ada timernya

      Reply
  • 19/01/2017 at 4:06 pm
    Permalink

    Mantap gan, informasinya sangat bermanfaat sekali. ane juga mau screenshoot tapi ko ga bisa-bisa ya gan. Minta solusinya? Cara Mengambil Screenshot Dengan Menggunakan Vivo Xshot

    Reply
    • 19/01/2017 at 8:10 pm
      Permalink

      Biasanya sih semua Android sama, pencet kombinasi power+volume down

      Reply
  • Pingback:Kesan Singkat Vivo V5Plus - GadgetBOY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.