OMEN By HP, Siap Meramaikan Dunia Game Indonesia

OMEN By HP – Dunia game rupanya memiliki potensi yang besar, terbukti banyak produsen yang berbondong-bondong untuk membangun ekosistem game dengan berbagai produk yang mereka keluarkan. Yang terkini adalah HP (Hewlett Packard) yang merilis berbagai produk untuk mendukung ekosistem game di Indonesia. Produk tersebut mereka beri nama OMEN.

Acara rilis diadakan pada hari Rabu, 9 Agustus 2017, bertempat di Plaza Indonesia, Jakarta. Nama OMEN yang identik dengan sebuah film horor terkenal di tahun 1980an, membuat HP juga mengadakan event dengan tema dark. Di pintu masuk, telah menyambut karakter berjubah hitam yang membuat mereka nampak seram, padahal aslinya ganteng-ganteng dan cantik-cantik.

Terdapat juga photobooth yang disediakan oleh @lifein360id yang menyusun kamera sedemikian rupa sehingga hasil fotonya bisa diputar hingga 360 derajat. Namun untuk photobooth di area launching OMEN ini, mungkin karena keterbatasan tempat, hasil fotonya nanti hanya bisa diputar kurang dari 180 derajat.

Sebelum prosesi launching dimulai, kami yang hadir disuguhi makan siang terlebih dahulu. Setelah kenyang dan puas, para tamu undangan kemudian dipersilakan masuk ke ruangan launching.

Acara diawali dengan sebuah dance dan berbagai sambutan, setelah itu ada sedikit penjelasan teknis mengenai produk OMEN. Produk OMEN didominasi oleh notebook gaming yang saat ini memang sedang ngetrend namun tersedia juga produk PC desktop.

 

Jelang akhir acara, diperkenalkanlah beberapa brand ambassador OMEN. Kebanyakan adalah para gamer yang sering mengharumkan nama bangsa di berbagai kejuaraan atau event gaming. Setelah itu para tamu undangan dipersilakan melihat-lihat dan menjajal produk OMEN yang dipamerkan.

Berikut akan saya ceritakan secara singkat beberapa produk yang dirilis pada acara launching tersebut.

 

OMEN by HP Laptop

HP meluncurkan dua buah varian utama notebook gaming, yaitu OMEN by HP 15 dan OMEN by HP 17. OMEN by HP 15 ditujukan bagi mereka yang membutuhkan notebook gaming performa tinggi namun relatif murah, dengan harga Rp 26.499.000,- Well, memang murah sih jika dibandingkan dengan notebook gaming super lainnya yang harganya bahkan bisa mencapai 100 juta.

Omen By HP

Kedua notebook ini dirancang dengan kemampuan ekspansi lebih besar, port tambahan, serta kompatibilitas VR yang lebih baik. Sedangkan OMEN 17 sendiri dirancang khusus untuk mendukung beberapa teknologi tercepat yang tersedia saat ini supaya para gamer bisa memuaskan hasrat bermain game kelas berat dengan framerate yang tinggi dan dengan berbagai pilihan yang mampu menghasilkan kinerja hebat yang belum pernah ada sebelumnya dalam semua aspek gaming.

Urusan prosesor, HP menyerahkannya pada Intel. Dengan diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ i7 Quad Core generasi ketujuh, bisa dibayangkan betapa buasnya kinerja notebook OMEN by HP ini.

Untuk masalah grafis, OMEN 15 dilengkapi dengan NVIDIA® GeForce® GTX 1060 untuk kemampuan grafis prima yang mampu menjalankan game pada resolusi 1080p atau lebih. Sementara OMEN 17 dipersenjatai dengan NVIDIA® GeForce® GTX 1070 untuk kemampuan grafis prima yang mampu menjalankan game pada kualitas display UHD.

Pada sektor audio, HP menyematkan speaker buatan Bang & Olufsen yang telah teruji kehandalannya, ditambah dengan teknologi HP Audio Boost yang menghasilkan suara yang mantap dan volume yang lebih baik.

Sebagai notebook game yang keyboard-nya sangat berpotensi “diacak-acak”, tentulah harus dirancang dengan kekuatan lebih. HP mempersiapkannya dengan feature anti-ghosting 26 tombol. Jadi sampai 26 tombol keyboard sekaligus dipencet, notebook OMEN ini tak akan menjumpai masalah.

Untuk pendinginan, HP memasang dua kipas yang masing-masing mendinginkan CPU dan GPU sehingga didapatkan pendinginan yang lebih baik untuk mendukung performa yang stabil.

 

OMEN by HP Desktop

Sebagian gamer “tradisional” masih merasa lebih nyaman menggunakan PC desktop ketimbang notebook saat bermain game. Selain rasanya lebih tega untuk disiksa, secara umum kemampuan upgrade-nya juga lebih luas. Jadi kelak bisa disesuaikan dengan game-game baru yang lebih rakus lagi akan sumber daya komputer.

Omen By HP

Bagi mereka, HP menyediakan OMEN by HP Desktop. Dari sisi spesifikasi, jelas HP lebih leluasa menyematkan komponen yang lebih sadis untuk produk desktop ini. Namun pada dasarnya spesifikasi yang diusung tak berbeda terlalu jauh dengan notebooknya.

Prosesornya menggunakan Intel® Core™ i7 Quad Core generasi ketujuh yang dapat dioverclock. Overclock menjadi lebih luwes dilakukan karena pendinginan bisa dilakukan dengan lebih sempurna. Apalagi ke dalam komputer desktop ini tersedia pendingin berbasis air, meskipun sifatnya opsional.

Dari sisi grafis, prosesor yang digunakan adalah NVIDIA® GeForce® GTX 1080 Ti (SLI) untuk menjalankan game dengan pengaturan maksimal dan resolusi yang melebihi 1080p.

 

OMEN by HP Display

Prosesor utama dan prosesor grafis yang sedemikian gahar tentu saja kudu diimbangi dengan monitor yang berkelas. Karena itu HP juga mengeluarkan produk monitor agar output yang dikeluarkan oleh duet prosesor tadi memiliki pasangan yang seimbang.

Ada dua produk monitor yang dikeluarkan oleh HP, yaitu OMEN by HP 25 dan OMEN by HP 27. OMEN 25 dioptimalkan untuk game beresolusi 1080p dengan frame rate yang kompetitif dan refresh rate yang ditingkatkan dengan AMD FreeSync™ ketika dipadukan dengan GPU7 AMD Radeon™. OMEN 27 hadir dengan kecepatan dan fitur tepat seperti NVIDIA® G-Sync® yang menghilangkan tearing, meminimalkan stuttering dan delay, serta menjadi pilihan tepat bagi para gamer yang membutuhkan performa tinggi.

 

Aksesori

Sebagai pelengkap, HP juga menawarkan beberapa aksesori pendukung seperti keyboard mekanik, mouse, dan headset. Tersedia juga sebuah docking bernama OMEN Shiva yang bisa digunakan untuk menambah peranti keras baru, misalnya VGA.

Omen By HP

 

Penutup

Hadirnya OMEN by HP menambah banyak pilihan komputer gaming dan tentu saja ini menguntungkan bagi penggemar game.

BTW, di akhir acara launching tersebut HP memberikan kejutan berupa doorprize sebuah notebook, sayangnya saya tidak dapat, hehehe.

Follow me on social media:

2 thoughts on “OMEN By HP, Siap Meramaikan Dunia Game Indonesia

  1. Hewlett Packard juga mengeluarkan perangkat komputer yang tidak kalah menarik dari beberapa brand lainnya. Untuk produk OMEN sendiri saya kira sudah bisa diacungi jempol. Karena dengan harga 26 jutaan. Itu sudah bisa dibilang murah dibandingkan dengan perangkat yang ada pada kelas yang sama. DIperkuat dengan processor intel core i7 quad core generasi ketujuh, membuat produk ini tidak akan menghambat bagi para gamer maupun para designer. Ditambah lagi dengan disematkannya graphic card Nvidia Gtx 1070 yang akan membuat rendering maupun hobby gaming anda terpenuhi.

  2. saya hadir juga waktu acara di jakarta kemaren. baca artikel di atas jadi kembali mengingat keseruannya… Tambah mupeng dengan laptop gaming mereka euy :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *