OMEN dan Victus, Laptop Gaming by HP

HP merupakan brand teknologi yang sudah cukup lama malang melintang di Indonesia. Produknya antara lain adalah PC, laptop, hingga printer. Jangan sampai salah dengan handphone ya, karena orang kita suka menyingkat handphone dengan HP juga. HP yang ini adalah Hewlett-Packard.

Hari Kamis, 23 September 2021, HP meluncurkan dua buah produk laptop “bernafaskan” gaming di Indonesia, yaitu OMEN by HP dan Victus by HP. Untuk mempermudah penulisan, selanjutnya akan saya tulis OMEN dan Victus saja.

OMEN ditujukan bagi mereka yang hobi berat main game atau atlet e-sport, sedangkan Victus lebih cenderung didesain untuk mereka yang suka main game yang lebih casual dikombinasikan dengan content creation.

Penggemar Game Semakin Banyak

Pandemi yang memaksa banyak orang untuk tetap di rumah saja, membuat hiburan yang bersifat online dan elektronik menjadi semakin diminati.

Salah satu hiburan yang makin diminati adalah game, khususnya game di komputer. Selain sebagai sarana hiburan, gaming juga bisa dimanfaatkan untuk terus terhubung dengan orang lain. Kebanyakan game yang populer saat ini adalah game yang dimainkan oleh banyak orang sekaligus (secara online).

Beberapa statistik yang bisa dipaparkan tentang kenaikan peminat game dan video selama pandemi adalah sebagai berikut:

  • Dua dari tiga orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk menonton video dan bermain game.
  • Satu dari empat orang bermain game selama tiga hingga empat jam lebih banyak dibandingkan sebelum pandemi.
  • Dalam sepekan, satu dari lima orang bermain game selama enam hingga sepuluh jam lebih banyak.

Berbekal data ini, HP yang sebelumnya telah memiliki portofolio produk gaming, semakin antusias dalam menyediakan produk gaming yang lebih bermutu.

Konsep Peluncuran Yang Unik

HP menyelenggarakan acara peluncuran kedua produk ini dengan cara yang unik. Mereka tidak mengadakannya secara live streaming, tetapi para undangan dipersilakan login ke situs tertentu dan di sana dipersilakan nonton video yang diputar.

Video ini sifatnya interaktif, jadi para tamu bisa memilih jalannya video dengan mengklik opsi-opsi yang tersedia pada video tersebut.

omen dan victus

Contoh saja, pada video ada pertanyaan apakah kamu hobi berat bermain game di laptop, atau hanya bermain game casual saja. Nah, jika kita pilih hobi banget bermain game, maka berikutnya akan diputar video tentang OMEN. Sebaliknya, jika kita memilih opsi bermain game secara casual, maka akan diputar video tentang Victus.

OMEN by HP 16

OMEN by HP 16, sesuai namanya, merupakan laptop yang memiliki ukuran bentang diagonal layar 16 inci.

omen dan victus

Layar ini memiliki tampilan yang indah berkat panel IPS FHD 144 Hz dan 100% sRGB. Pengguna juga dapat bermain game lebih lama tanpa matanya cepat lelah berkat teknologi TUV+Eyesafe 6 dan Flicker-free.

Sebagai laptop yang didesain gass poll untuk performa, OMEN dilengkapi dengan kartu grafis kasta tinggi hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3070 Laptop GPU 8 GB. Sementara itu, prosesornya bisa memilih antara Intel® Core™ i7-11800H2 atau Mobile Processor AMD hingga seri Ryzen™ 9 5900HX2.

Multi tasking bakalan ditangani dengan enteng berkat RAM 16 GB DDR4 3200 MHz yang dapat ditingkatkan hingga 32 GB.

Akses file penting juga tak kalah cepat berkat ruang simpan hingga 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 Gen4 SSD yang dapat ditingkatkan hingga 1 TB.

“Musuh” dari performa kencang adalah panas yang dihasilkan, tapi jangan khawatir karena HP terus berinovasi dalam mendesain pendingin yang lebih canggih. Mereka menggunakan kipas dengan bilah kipas yang 2,5 kali lebih tipis dan jumlah bilah yang lebih banyak 200% dibandingkan dengan OMEN 15 (OMEN generasi sebelumnya) sehingga mampu membuat suhu sistem lebih stabil dan pada akhirnya performa terjaga.

Selain itu, sesi bermain game juga dapat berlangsung lebih lama berkat baterai berkapasitas 83 Whr, meningkat dibandingkan generasi sebelumnya yang hanya 52.5 Whr. Masa pakai baterai ini diklaim bisa menjadi 9 jam.

Victus by HP 16

Peluncuran kali ini merupakan debut bagi Victus by HP 16. Mewarisi DNA OMEN, Victus tetap siap digunakan untuk bermain game, meskipun cocok juga untuk content creation.

Victus hadir dengan desain cantik plus tiga pilihan warna menarik, yaitu mica silver, performance blue, dan ceramic white.

Seperti angka 16 pada namanya, Victus memiliki bentang diagonal layar 16 inci dengan opsi refresh rate hingga 144 Hz dan resolusi FHD, serta layar flicker-free.

Meskipun memiliki ukuran 16 inci, laptop ini memiliki dimensi yang ringkas sehingga terasa seperti laptop 15 inci.

omen dan victus

Prosesor grafis yang digunakan adalah prosesor kelas atas, yaitu NVIDIA® hingga seri GeForce RTX™ 3060 Laptop GPU 6 GB.

Prosesor utamanya terdiri dari dua pilihan, yaitu prosesor Intel hingga seri Intel® Core™ i7-11800H2 atau Mobile Processor AMD Ryzen™ 5000 Series2 dengan memori DDR4 3200 MHz 16 GB yang dapat ditingkatkan hingga 32 GB.

Sebagai ruang simpan, tersedia opsi hingga 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 Gen4 SSD yang dapat ditingkatkan menjadi 1 TB.

Untuk menjaga suhu sistem tetap dingin ketika permainan game memanas, Victus didesain memiliki ventilasi belakang yang lebar, didukung oleh aliran udara lima arah dan desain pipa four-heat sehingga meningkatkan efisiensi termal.

Ramah Lingkungan

Untuk menjaga kelestarian lingkungan, baik OMEN dan Victus dibuat dengan bahan ramah lingkungan, yaitu plastik ocean bound daur ulang yang digunakan dalam pembuatan boks pengeras suara dan dasar bawah sasis, aluminium daur ulang untuk permukaan keyboard, dan penutup tombol yang menggunakan plastik daur ulang.

Bahkan kotak kemasan laptop dibuat dengan bantalan serat yang 100% ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.

Harga dan Ketersediaan

Baik OMEN dan Victus telah tersedia di Indonesia. Harga kedua laptop ini adalah sebagai berikut:

  • OMEN by HP 16 mulai dari Rp 24.999.000
  • Victus by HP 16 mulai dari Rp 18.999.000

Tersedia promo cashback spesial untuk pembelian laptop ini melalui mitra resmi HP di Tokopedia.

Semua laptop gaming baru HP hadir dengan paket Microsoft Office Home & Student 2019, garansi perangkat hingga 2 tahun, dan Accidental Damage Protection hingga 2 tahun.

Accidental Damage Protection adalah garansi yang diberikan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh tumpahan, jatuh, dan lonjakan listrik mendadak. Intinya, kerusakan karena kesalahan pengguna.

Pembeli juga akan menerima Backpack gratis untuk setiap pembelian OMEN dan Victus by HP.

Follow me on social media:

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.