Sudah beberapa minggu ini saya rada sebal kalau buka buku kontak Zenfone 5 saya. Soalnya muncul cukup banyak item bertuliskan No Name di buku kontak. Dan ketika item No Name tersebut dibuka, muncul sebuah nomor telpon diikuti dengan ikon Telegram. Nah, ketangkep luh. (muhaha) Jadi Telegram biang keroknya.

Hasil penelusuran saya via Google untuk mencari penyebabnya tidak memberikan hasil. Jadi terpaksa saya oprek sendiri dan akhirnya ketemu juga solusinya. Intinya, jika Anda pernah menyimpan nomor teman Anda di Android Contact, lalu teman Anda itu menginstall Telegram dan nama yang dia gunakan di Telegram tidak sama dengan nama yang Anda simpan di Android Contact (bingung tho), maka bakalan muncul item No Name di Android Contact. Nama teman Anda di Telegram tersebut kudu diedit supaya jadi sama persis dengan nama yang di Android Contact.

No Name Android Contact

 

Caranya bagaimana?

Nah, ketika menyimpan  kontak teman di ponsel Android, tentunya Anda menggunakan layanan Google, bukan? Manfaatkan saja Google Contact tersebut sebagai media bantu untuk mencari nomor kontak dan nama teman Anda.

Loginlah ke Gmail dan carilah teks Gmail di sisi kiri atas, tepat di bawah logo Google. Jika Gmail diklik, akan muncul tiga buah item menu, yaitu Gmail, Contacts, dan Tasks. Pilih Contacts dan akan ditampilkan daftar kontak yang Anda miliki.

Sekarang bukalah kontak yang bertuliskan No Name (di ponsel) dan carilah pemilik nomor No Name tersebut melalui Google Contact. Bila perlu gantilah awalan 0 dengan +62 atau sebaliknya. Nah, bila sudah ketemu nama teman Anda, sekarang saatnya menyunting nama yang di Telegram.

Oh ya, cara di atas ini merupakan salah satu alternatif saja. Kalau Anda punya dua ponsel, bisa saja menggunakan ponsel yang satunya untuk mencari siapa pemilik sebuah nomor yang tertulis No Name. Malahan kalau Anda hafal siapa pemilik nomor yang tertulis No Name, lebih bagus lagi. (upss)

OK, sekarang bukalah aplikasi Telegram dan lakukan langkah-langkah berikut:

1. Ketuk ikon kaca pembesar dan carilah nama teman Anda yang tertulis No Name tadi. Gunakan kemungkinan-kemungkinan yang ada seperti nama julukan atau nama user twitternya.

Telegram1

 

2. Bila sudah ketemu, ketuk bagian yang menampilkan namanya.

Telegram2

3. Ketuk tiga buah titik di kanan atas dan pada menu yang muncul pilih Edit.

Telegram3

4. Suntinglah nama yang tercantum di sana. Nama ini harus sama persis dengan nama di Android Contact. Jika nama sudah sama namun terbagi menjadi First Name dan Last Name, jadikan satu di First Name semua. Misalnya namanya tertulis Yahya di First Name dan Kurniawan di Last Name, jadikan Yahya Kurniawan di First Name dan kosongkan Last Name. Jika nama hanya satu kata saja dan tetap muncul No Name, ketik ulang namanya. Bila sudah, ketuk tanda centang di kanan atas.

Telegram4

Naaaah, sekarang coba cek Android Contact lagi. No Name-nya akan berkurang satu. (lmao) Ya, jika ada banyak No Name, terpaksa cara ini dilakukan satu persatu. (doh)

Follow me on social media:
Kok Muncul No Name di Android Contact?

4 thoughts on “Kok Muncul No Name di Android Contact?

  • 19/12/2014 at 6:30 am
    Permalink

    Kalo pake google contact, harusnya bisa ‘dibersihkan’ dengan kemampuan merge duplicatnya.
    Ga repot ngedit nama

    Reply
    • 19/12/2014 at 8:16 am
      Permalink

      OK, coba saya diajari caranya lalu post di sini kalau sudah bisa ya (upss)

      Reply
  • 08/05/2015 at 2:49 pm
    Permalink

    kok telegram ngerepotin ya haha. kalo diinstall bakal otomatis balik gak nama contactnya ? :D

    Reply
    • 10/05/2015 at 8:43 pm
      Permalink

      Gak mengganggu kontak yg di gmail kok.
      Cuma memang ada beberapa yang mengeluhkan masalah sinkronisasi kontak di telegram ini

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.