Install BBM for Android di Tablet

BBM untuk Android dan iPhone akhirnya benar-benar dirilis juga. Meski ada beberapa oknum pengguna Android dan iPhone yang sering mencibir BlackBerry, toh tak sedikit yang kepingin mencoba menggunakan BBM.

Ya memang sih, BBM sebagai sebuah aplikasi chat termasuk bagus, BlackBerry itu yang jelek hardware-nya kok. #eh (Tapi ini yang bilang banyak orang loh, bukan saya tok, bahkan termasuk beberapa orang teknisi hape, hihi).

OK OK, sudah, nanti ndak pengguna BB mangkel.

Nah, kalo Anda juga kepingin install BBM di Android, Anda bisa menuju ke Google Play Store. Silakan langsung install asalkan Android yang Anda gunakan minimal sudah Ice Cream Sandwich.

Tapi jangan keburu senang dulu. Ada dua hal yang bisa jadi pengganjal. Apakah itu?

Yang pertama, Anda mesti mendapat “invitasi” dulu dari BlackBerry. Kalau Anda pernah mendapatkan email dari BlackBerry dengan subjek “BBM for Android and iPhone is here!”, maka hampir bisa dipastikan Anda bakal tanpa hambatan menginstall BBM for Android.

Yang kedua, kalo perangkat Android Anda adalah tablet (meski sudah Jelly Bean sekalipun), siap-siap mendapatkan pesan seperti ini di Google Play Store: This app is incompatible with all of your devices.

Yaaach, trus gimana dong? Jangan khawatir, bagi pengguna tablet Android yang sudah kemecer kepingin mencoba BBM for Android, silakan ikuti trik saya berikut ini dengan catatan: RESIKO TANGGUNG SENDIRI! Sejauh ini sih saya tidak mengalami masalah dengan tablet Android saya.

BBM for Android bisa diinstal di tablet melalui file apk-nya. Download installer BBM for Android dalam format apk, silakan cari di halaman forum XDA Developer ini. Jalankan file BBM.apk tersebut. Setelah instalasi kelar, jalankan aplikasi BBM tersebut.

Pertama kali Anda akan menjumpai halaman seperti ini:

Screenshots_20131022_115550

Masukkan alamat email Anda (yang sudah mendapatkan invitasi seperti disebutkan di atas) lalu klik Next. Kalau Anda belum pernah mendapatkan invitasi, isi aja dengan alamat email Anda, nanti Anda akan dimasukkan ke dalam waiting list. Bila Anda belum mendapatkan invitasi, Anda akan menjumpai tampilan seperti ini:

Screenshots_20131022_115646 - Email ditutup

Sebaliknya, bila Anda sudah mendapatkan invitasi, silakan klik Next dan membuat BlackBerry ID baru atau menggunakan ID Anda sebelumnya. ID BlackBerry tersebut hanya bisa digunakan oleh satu device, jadi bila BlackBerry for Android ini akan menjadi device kedua (atau lebih), sebaiknya buat ID baru.

Screenshots_20131022_105216

Setelah pembuatan ID berhasil, Anda akan mendapatkan PIN dan BBM for Android siap untuk digunakan.

Screenshots_20131023_085316 - PIN ditutup

FYI, tablet Android yang saya gunakan untuk instalasi BBM ini adalah ASUS Fonepad. Soal ASUS Fonepad ini, ada reviewnya juga loh di blog ini. (upss)

 

Follow me on social media:

37 thoughts on “Install BBM for Android di Tablet

    1. Oom Yahya

      Sip Dut, orang sabar seperti kamu memang langka. Saya ndak berniat pake juga kok sebenarnya, itu nanti yang pake Tante :D

  1. dydy

    Maksudnya “resiko tanggung sendiri” apa ya? Apakah bakalan ada kerusakan dengan tablet nya? Tablet saya, galaxy note 8.0.

    1. Oom Yahya

      Ya bagaimanapun ini khan bukan resmi dari BlackBerry tapi hasil oprekan orang2 forum XDA Developer. Kalau di tablet saya Asus FonePad, sejauh ini sih baik-baik saja

    1. Oom Yahya

      Cari postingnya user angelios yg berkata here you go dan diikuti sebuah link, download dari link itu

  2. Om, bbm. Apk ini ada updatenya ga?
    Ini kontak bbm ku sebagian ga ada fotonya (–“)
    Trs bbm androis g bs ngelompokin kontak ya?
    Settingan suara sm notifikasinya jg mbingungin. :lol:

    1. Oom Yahya

      Saya sendiri belum pernah update sejak install. Coba cari di forum yg sama, siapa tau udah ada yg kasih link updatenya.
      Soal foto, khan tergantung pemilik akun, kalo gak dikasih foto profil ya memang gak muncul foto dong (upss)
      Ngelompokin kontak itu gimana ya? Semacam bikin grup gitu? Gak ngerti kalo itu.
      Settingan suara dan notifikasinya biasa aja ah, gak bikin bingung

  3. Kalau di bb, settingan group dan contact itu beda.
    Notifikasi grup bisa dimatikan
    Kalau di bb, contact bs dikategorikan per kantor semisalnya, bukan grup.
    Semua ada fotonya, tp di bbm android ga kebaca..
    Udah buka forum sampe belakang, dan ga nemu apdetnya :))

  4. ficky

    gan, saya udah coba download macam2 apk buat install di fonepad.. tapi kenapa setelah sign in kog tampilnya cuma “Setting up BBM” yah.. lumayan lama lagi, sudah ane tungguin sekitar sejam tetep begitu, apa emang proses migrasi dari bb lama nunggu selama ini?

    mohon pencerahannya.. ane kebingungan nih.

    1. Oom Yahya

      Sori baru sempat balas. Mungkin apk ini udah ketahuan pihak BBM, jadi gak bisa lagi diinstal. Mungkin lho (thinking) soalnya saya instal ya gak ada masalah kok

  5. gogon

    tablet saya merk axioo sudah terinstall bbm, tp kalo mau digunakan selalu muncul no connection padahal pake wifi juga nggak bisa. gimana ya..

    1. Oom Yahya

      Nah, ya itu susahnya, karena bagaimanapun BBM for Tablet belum didukung oleh BlackBerry, itu cuma hasil “hack”. Kalau ada yg bisa ada yg gak bisa ya kita gak bisa berbuat apa2

  6. Fitri Budoyo

    Tolong dong kasih tau cara download bbm untuk fenopad asus. Soalnya udah saya coba do google play jg tidak bisa. Tolong dibantu ya gan???? Trims

  7. kusmi

    tab saya merk beyound9 udah istal bbm tapi daftar akunnya lemot trus ga loading kenapa yh apa tab beyound blm bs bbm an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *