Install BBM for Android di Tablet

BBM untuk Android dan iPhone akhirnya benar-benar dirilis juga. Meski ada beberapa oknum pengguna Android dan iPhone yang sering mencibir BlackBerry, toh tak sedikit yang kepingin mencoba menggunakan BBM.

Ya memang sih, BBM sebagai sebuah aplikasi chat termasuk bagus, BlackBerry itu yang jelek hardware-nya kok. #eh (Tapi ini yang bilang banyak orang loh, bukan saya tok, bahkan termasuk beberapa orang teknisi hape, hihi).

OK OK, sudah, nanti ndak pengguna BB mangkel.

Nah, kalo Anda juga kepingin install BBM di Android, Anda bisa menuju ke Google Play Store. Silakan langsung install asalkan Android yang Anda gunakan minimal sudah Ice Cream Sandwich.

Tapi jangan keburu senang dulu. Ada dua hal yang bisa jadi pengganjal. Apakah itu?

Yang pertama, Anda mesti mendapat “invitasi” dulu dari BlackBerry. Kalau Anda pernah mendapatkan email dari BlackBerry dengan subjek “BBM for Android and iPhone is here!”, maka hampir bisa dipastikan Anda bakal tanpa hambatan menginstall BBM for Android.

Yang kedua, kalo perangkat Android Anda adalah tablet (meski sudah Jelly Bean sekalipun), siap-siap mendapatkan pesan seperti ini di Google Play Store: This app is incompatible with all of your devices.

Yaaach, trus gimana dong? Jangan khawatir, bagi pengguna tablet Android yang sudah kemecer kepingin mencoba BBM for Android, silakan ikuti trik saya berikut ini dengan catatan: RESIKO TANGGUNG SENDIRI! Sejauh ini sih saya tidak mengalami masalah dengan tablet Android saya.

BBM for Android bisa diinstal di tablet melalui file apk-nya. Download installer BBM for Android dalam format apk, silakan cari di halaman forum XDA Developer ini. Jalankan file BBM.apk tersebut. Setelah instalasi kelar, jalankan aplikasi BBM tersebut.

Baca Juga  Firefox 4 Membawa Masalah

Pertama kali Anda akan menjumpai halaman seperti ini:

Screenshots_20131022_115550

Masukkan alamat email Anda (yang sudah mendapatkan invitasi seperti disebutkan di atas) lalu klik Next. Kalau Anda belum pernah mendapatkan invitasi, isi aja dengan alamat email Anda, nanti Anda akan dimasukkan ke dalam waiting list. Bila Anda belum mendapatkan invitasi, Anda akan menjumpai tampilan seperti ini:

Screenshots_20131022_115646 - Email ditutup

Sebaliknya, bila Anda sudah mendapatkan invitasi, silakan klik Next dan membuat BlackBerry ID baru atau menggunakan ID Anda sebelumnya. ID BlackBerry tersebut hanya bisa digunakan oleh satu device, jadi bila BlackBerry for Android ini akan menjadi device kedua (atau lebih), sebaiknya buat ID baru.

Screenshots_20131022_105216

Setelah pembuatan ID berhasil, Anda akan mendapatkan PIN dan BBM for Android siap untuk digunakan.

Screenshots_20131023_085316 - PIN ditutup

FYI, tablet Android yang saya gunakan untuk instalasi BBM ini adalah ASUS Fonepad. Soal ASUS Fonepad ini, ada reviewnya juga loh di blog ini. (upss)

 

Follow me on social media:

COMMENTS

Leave a Comment