Huawei Y7 Pro vs Realme 2 – Imlek sudah dekat dan sebagian dari kita merayakannya. Mereka yang masih anak-anak menanti dengan gembira karena berharap mendapatkan angpao.

Sementara itu, mereka yang sudah dewasa atau sudah menikah, merekalah yang bakal keluar uang untuk memberikan angpao.

Namun toh semua bahagia, baik yang menerima maupun yang memberi.

Bicara angpao, sepertinya menarik jika diwujudkan dalam bentuk gadget. Ya siapa tahu kan ada orangtua yang akan membelikan gadget untuk anaknya atau seseorang kepada kekasihnya. Memberi hadiah untuk diri sendiri juga boleh.

Saat ini saya hendak melakukan komparasi terhadap dua buah gadget yang kebetulan datang dari negeri Tiongkok, negeri sang empunya Imlek.

Kedua gadget itu adalah Huawei Y7 Pro yang baru saja diluncurkan dan Realme 2, sang pendatang baru yang cukup fenomenal.

Mengapa keduanya dibandingkan? Karena memiliki spesifikasi yang 11-12 dan rentang harganya juga sama.

Yuk langsung saja.

Body

Huawei Y7 Pro hadir dengan penampakan yang sangat mirip dengan P20 Pro. Jadi kalau kamu menggunakan smartphone ini, wibawa bakal terkerek naik. Apalagi jika beneran ada yang mengira itu P20 Pro.

Warna biru gradasi pada bagian belakangnya sungguh sangat menggoda, ditambah dengan efek kaca yang memberi kesan premium. Tentu saja tersedia juga pilihan warna lain jika tidak suka warna biru.

Jadi saat Imlek, kamu bisa lebih pede memamerkan smartphone baru ini ke keluarga besar, di samping bisa sekaligus menjadi fashion yang terpadu dengan pakaian yang digunakan.

Sementara itu Realme 2 hadir dengan motif mosaik pada body bagian belakang. Pendekatan seperti ini sudah bukan hal baru lagi dan sejujurnya sudah mulai ditinggalkan. Motif mosaik ngetrend sekitar dua hingga tiga tahun yang lalu.

Masih untung Realme 2 memiliki pilihan warna merah menyala yang sesuai dengan nuansa Imlek.

 

Layar

Huawei Y7 Pro hadir dengan ukuran layar 6.26 inci, rasio 19:9, dan resolusi HD+ 1520 x 720. Yang menarik, layar Huawei Y7 Pro ini memiliki desain dew drop di bagian atas, jadi bukan notch lagi.

Keunggulan desain dew drop dibandingkan dengan notch adalah layar yang terasa lebih luas. Memang nampaknya hanya sekian milimeter saja selisihnya, namun itu memberikan dampak cukup signifikan, misalnya saat nonton video atau main game.

Sebenarnya gak perlu sejauh itu sih, layar menyala saja sudah nampak sangat luas dan seolah seluruh bagian depan smartphone hanya berisi layar saja.

Realme 2 masih hadir dengan desain notch atau poni. Ukuran layarnya 6.2 inci, rasio 19:9, dan resolusi HD+ 1520 x 720. Realme mengklaim layar ini sudah dilapisi Gorilla Glass 3.

Spesifikasi layar dengan notch ini masih kekinian juga sebenarnya, hanya saja sudah pasti akan mengurangi display to body ratio.

Layar yang lebih luas tentu saja akan membawa suasana yang lebih menyenangkan saat berbagi foto atau nonton video bareng saat merayakan Imlek bersama keluarga besar.

 

Spesifikasi Internal

Merujuk pada spesifikasinya, kedua smartphone ini relatif sangat berimbang. Keduanya sama-sama menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 450 (CPU quad-core Cortex A53 dan GPU Adreno 506), jadi keduanya tergolong ke dalam smartphone low end.

Jadi pada sektor prosesor keduanya imbang. Bahkan RAM dan ruang simpannya juga identik, yaitu 3/32 GB. Realme 2 memiliki versi 4/64 namun sudah tentu harganya lebih mahal.

Hanya saja, Huawei Y7 Pro sedikit lebih unggul dalam hal ruang simpan tambahan karena mampu diperluas hingga 512 GB, sedangkan Realme 2 hanya sampai 256 GB. Penambahan ruang simpan ini dilakukan dengan menggunakan kartu SD.

Asyiknya, keduanya memiliki slot SIM yang dapat diisi 2 kartu SIM dan 1 kartu SD sekaligus, jadi bukan hybrid.

 

Baterai

Kedua smartphone ini mengusung kapasitas baterai yang nyaris sama. Huawei Y7 Pro memiliki baterai berkapasitas 4000 mAh, sedangkan Realme 2 memiliki baterai berkapasitas 4320 mAh.

Keduanya belum memiliki fasilitas fast charging dan mengingat rentang harganya, hal itu wajar.

Huawei Y7 Pro meskipun kapasitas baterainya lebih kecil, namun sekali di-charge penuh sanggup bertahan dua hari untuk pemakaian normal.

Ya katakanlah pas Imlek berkunjung ke rumah saudara atau pulang kampung selama dua hari, tak perlu khawatir bila charger ketinggalan.

Toh pas Imlek kemungkinan lebih banyak berinteraksi dengan saudara dibandingkan dengan mendekam di kamar dan bermain game terus-menerus. Bukan begitu?

 

Face Unlock

Face unlock merupakan fitur keamanan yang sekarang sudah cukup lazim dimiliki oleh smartphone.

Huawei Y7 Pro memiliki fitur face unlock yang bisa membuka layar dengan cepat, bahkan di keadaan relatif gelap.

Karena kecanggihan fitur face unlock-nya ini, Huawei dengan gagah berani meniadakan sensor sidik jari pada Huawei Y7 Pro.

Sedangkan Realme 2 selain mendukung penggunaan face unlock, tetap menyertakan sensor sidik jari.

 

Kamera

Pada perayaan apapun, entah itu hari raya keagamaan, ulang tahun, kelulusan, reuni, dan lainnya, foto-foto merupakan hal yang umum dilakukan.

Untuk mendukung fotografi, Huawei Y7 Pro dilengkapi dengan kamera yang memiliki bukaan cukup lebar, yaitu f/1.8. Aperture besar ini menjamin foto low light lebih bagus kualitasnya serta mampu membuat foto portrait dengan bokeh yang mumpuni.

Tergantung dari hasil yang diinginkan, bukaan atau aperture tersebut bisa diatur pada rentang f/1.8 hingga f/8.0.

Ah, jika terlalu rumit, serahkan saja pada AI (artificial intelligent) yang dimiliki oleh fitur kamera Huawei Y7 Pro.

Realme 2 di sini lain, memiliki kamera dengan aperture f/2.2. Secara perangkat keras, bukaan ini sulit untuk mengimbangi aperture f/1.8 meskipun diolah dengan peranti lunak secanggih apapun.

Secara lengkap, spesifikasi kamera keduanya akan saya jabarkan pada paragraf berikut.

Huawei Y7 Pro memiliki kamera belakang ganda dengan resolusi 13MP (f/1.8, PDAF) dan 2 MP (depth sensor).

Sedangkan Realme 2 memiliki kamera belakang ganda dengan resolusi 13MP (f/2.2, AF) dan 2MP (f/2.4, depth sensor).

Sebagai kelengkapannya, kedua smartphone ini sama-sama memiliki lampu kilat LED, mendukung HDR dan Panorama, dan mampu merekam video dengan kualitas 1080p@30fps.

Pada sektor kamera selfie, Huawei Y7 Pro memiliki kamera sebesar 8MP dengan aperture f/2.0 yang mendukung HDR dan rekaman video 1080p@30fps, sedangkan Realme 2 memiliki kamera selfie 8MP (f/2.2) yang mendukung HDR.

Contoh hasil potret kedua smartphone tersebut akan saya tampilkan di bawah ini.

Y7 Pro

Realme 2

 

Y7 Pro

Realme 2

 

Y7 Pro

Realme 2

 

Y7 Pro

Realme 2

 

Kesimpulan

Kedua smartphone ini relatif cukup berimbang.

Huawei Y7 Pro unggul di sektor kamera, baik kamera depan maupun kamera belakang, serta layar yang luas.

Sedangkan Realme 2 memiliki alternatif sensor sidik jari sebagai pembuka layar, selain face unlock, serta kapasitas baterai lebih besar.

Pilih Huawei Y7 Pro jika kamu lebih mengutamakan fotografi dan tentu saja pilih Realme 2 jika lebih suka pengunci sidik jari.

Selamat membeli gadget baru untuk merayakan Imlek atau memberikan angpao bagi seseorang yang istimewa.

Xin nian kuai le, gong xi fa cai

Follow me on social media:

2 Comments

Maskris | www.maskris.id · 28/01/2019 at 6:59 pm

Ga nyangka hasil kamera nya huawei Y7 pro apik juga.. walaupun ga ada fingerprint sensor, tapi tetap menggoda

vito · 08/02/2019 at 4:24 pm

Ternyata kedua smartphone ini layak untuk dipilih ketika merayakan imlek, tidak ada salahnya membawa kedua gadget tersebut untuk sekedar “pamer” kepada sanak keluarga saat tahun baru imlek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.