ASUS ExpertBook B9 – Dulu saya menganggap semua laptop itu ya sama saja, dalam arti semua laptop itu ya komputer yang dibuat untuk bisa dibawa ke mana-mana.

Tapi semakin sering saya melakukan review berbagai laptop, saya menyadari bahwa laptop pun memiliki kategorinya sendiri.

Ada consumer laptop, laptop yang selama ini saya anggap biasa-biasa saja itu bisa dimasukkan ke sini. Lalu ada laptop gaming, dari namanya saja sudah jelas merupakan laptop yang didesain khusus untuk bermain game. Mereka yang membutuhkan laptop untuk desain grafis bisa juga menggunakan laptop gaming ini karena kedua bidang ini membutuhkan spesifikasi laptop yang “senada”.

Meskipun pada akhirnya anggapan ini juga “keliru” karena ternyata ada kategori laptop yang lebih cocok untuk para desainer, misalnya seri ProArt yang diluncurkan oleh ASUS.

Ada lagi laptop yang digunakan untuk bisnis. Nah yang terakhir ini kadang saya sendiri juga mikir, apa tidak bisa laptop consumer atau laptop gaming dipakai untuk bisnis? Ya sudah tentu bisa.

Namun jika bisnisnya sudah masuk ke skala enterprise, ternyata bukan cuma soal spesifikasi garang yang dibutuhkan oleh sebuah laptop untuk bisa eksis sebagai laptop bisnis. Ada hal-hal tertentu yang dibutuhkan oleh pebisnis yang secara umum tidak dipenuhi oleh laptop non bisnis.

Satu hal yang pertama kali ingin saya tonjolkan adalah soal keamanan data. Bisnis identik dengan data rahasia yang dimiliki oleh para pelakunya.

Saat melakukan perjalanan bisnis dengan membawa serta laptop, potensi untuk kehilangan selalu ada. Entah itu hilang laptopnya sekaligus atau data yang ada di dalamnya berhasil dicuri.

Laptop yang akan saya bahas kali ini, yaitu ASUS ExpertBook B9, memiliki fitur pengamanan ekstra kelas enterprise untuk memastikan data tetap aman. Itu baru satu jurus andalan laptop ini, masih ada lagi 8 lainnya sehingga total ada 9 jurus maut yang dimiliki oleh ExpertBook B9450.

Nah, jika diibaratkan jurus-jurus yang ada pada cerita silat, berikut ini 9 jurus maut yang dimiliki oleh ASUS ExpertBook B9450

1. Jurus Tongkat Penggebuk Anjing, Keamanan Skala Enterprise

Tongkat penggebuk anjing adalah jurus andalan milik ketua Kay Pang. Meskipun menggebuk anjing adalah arti kiasan, tapi memang jurus ini benar-benar ampuh menghalau “anjing” yang mencoba mengganggu keamanan.

ASUS ExpertBook B9

Sama halnya dengan soal keamanan laptop ini. Jurus tongkat penggebuk siap menghalau anjing-anjing yang mencoba mengambil apa yang bukan haknya.

Seperti kebanyakan laptop masa kini, ASUS ExpertBook B9 memiliki fitur Windows Hello yang memungkinkan penggunanya login ke Windows menggunakan biometric, seperti sidik jari atau pengenalan wajah.

Cara login ke Windows yang lebih cepat dan tak bakal bisa diintip password-nya karena memang tak perlu diketikkan.

Pada level perangkat keras, BIOS dan SSD ExpertBook B9 juga bisa diberi password. Jadi tanpa tahu password, seseorang yang tak berhak tak mungkin bisa mengakses BIOS dan storage laptop ini.

Mau nyolong data melalui USB flash? Port USB ExpertBook B9 bisa dikunci. Tanpa izin admin kantor, bahkan mereka yang membawa laptop inipun tidak bisa membaca data melalui USB. Selain soal keamanan data, fitur ini juga bisa mencegah menyebarnya virus melalui USB.

Jika suatu saat nanti tiba waktunya untuk menjual laptop ini dan menggantikannya dengan yang lebih modern, data yang ada pada storage bisa dihapus terlebih dahulu dengan fitur Secure File Shredder. Jika dihapus dengan fitur ini, data tak bakal bisa dipulihkan lagi dengan software apapun.

ASUS ExpertBook B9

Karyawan yang nakal dan coba-coba berperilaku gak bener dengan laptop ASUS ExpertBook B9 ini juga pasti bakal mikir. Soalnya laptop ini dilengkapi dengan ASUS Control Center dan ASUS Business Center yang memungkinkan manajemen IT mengontrol laptop ini dari jarak jauh.

ASUS ExpertBook B9450 juga dibangun di atas fitur Trusted Platform Module. Segala aktivitas datanya diproses dengan sistem enkripsi melalui chip khusus berisi RSA encryption key unik. Key ini hanya tersedia dan dapat digunakan oleh satu perangkat saja.

Nah, dengan segambreng gembok seperti ini, siapa yang meragukan keamanan ExpertBook B9? Sebagian besar juga tidak ada kan di laptop consumer biasa? Itu sebabnya perlu laptop khusus bisnis untuk skala enterprise.

2. Jurus Meringankan Tubuh, Bikin Laptop Ringan dan Kompak

Para pendekar yang memiliki ilmu meringankan tubuh, bakal diuntungkan karena dia pasti memiliki mobilitas yang lebih tinggi, sehingga tak mudah dikalahkan.

Mobilitas tinggi ini merupakan salah satu kebutuhan para pebisnis juga. Skala bisnis yang besar mau tidak mau membuat mereka kudu pergi menengok aset mereka atau pada kesempatan lain mengadakan pertemuan dengan pihak lain untuk membahas peluang kerja sama.

Memang sekarang ini mobilitas banyak yang terhenti karena adanya PSBB, tapi nanti ketika pandemi berakhir, rutinitas tersebut tentu bakal kembali.

Untuk menghindari cedera karena membawa laptop ke mana-mana, melalui ASUS ExpertBook B9 ini, ASUS menghadirkan laptop bisnis yang sangat ringan dan kompak.

Bayangkan, bobotnya cuma 870 gram saja! Bahkan varian yang baterainya lebih besar pun masih kurang daripada 1 kg, yaitu di angka 970 gram!

Ini semua dimungkinkan karena ExpertBook B9 dibuat dengan bahan Magnesium Lithium yang massa jenis atau density-nya cuma 1,51 gram per centimeter kubik.

Luas permukaan atasnya cuma seluas kertas A4 dan ketebalannya sama seperti baterai AA (yang tidur ya, bukan berdiri). Padahal layar laptop ini 14 inci. Teknologi NanoEdge ASUS berperan sangat besar dalam membuat laptop ini jadi ringkas.

Seperti kita tahu, dengan NanoEdge, bingkai layar bisa dibuat setipis mungkin. Ruang yang tadinya sia-sia karena cuma bingkai doang, jadi terkikis. Layar akan nampak jauh lebih luas dengan body terasa lebih kompak.

3. Jurus Tapak Duka Nestapa, Ditempa Jadi Kuat

Jurus tapak duka nestapa adalah jurus yang tercipta oleh Yoko, ketika dia menderita berbagai macam persoalan. Tapi justru tempaan itulah yang menjadikannya kuat.

Dengan penampakan yang begitu tipis dan ringan, ExpertBook B9 dicurigai ringkih. Tapi jangan salah, laptop ini sungguh setrong dengan lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810G).

Uji-uji ketahanan itu bisa diandaikan ketika Yoko mengalami begitu banyak tempaan, tapi itulah yang akhirnya membuatnya jadi pendekar hebat.

Cek lebih lanjut soal military grade itu di sini.

Struktur internal ExpertBook B9450 dilengkapi dengan kontruksi pelindung ekstra yang memastikan setiap engsel, port, dan bagian rentan lainnya terlindungi. Komponen sensitif seperti motherboard juga dilengkapi dengan peredam getaran, lalu bagian keyboard juga aman dari ketumpahan air.

Tidak hanya sampai di situ, ExpertBook B9450 juga telah lolos dalam serangkaian uji ketangguhan ektrem. Sebanyak 21 jenis pengujian ekstrem telah dijalani oleh unit ExpertBook B9450, seperti uji durabilitas engsel, uji durabilitas port, uji tekanan ekstrem pada bagian layar, uji durabilitas keyboard, uji jatuh dari ketinggian tertentu, uji getaran, hingga uji penggunaan di ketinggian serta suhu ekstrem. ExpertBook B9450 pun dinyatakan lolos semua pengujian tersebut.

4. Jurus Totok Satu Jari, Hemat Energi

Jurus totok satu jari adalah ilmu silat yang sangat hemat energi, tidak butuh banyak gerakan karena hanya menotok saja.

ExpertBook B9450 juga sangat hemat energi, mendukung mobilitas pebisnis yang sangat tinggi. Saat berada pada mode mobilitas tinggi, tentunya tidak nyaman kalau baterai laptop cepat habis.

Memang sekarang ini di mana-mana mudah dijumpai colokan listrik, tapi tetap aja merepotkan. Belum lagi chargernya bakal menambah bobot bawaan, padahal laptopnya sudah manis sekali dengan bobot cuma 870 gram.

Untungnya, baterai ExpertBook B9 ini super irit, mampu bertahan hingga 24 jam. Well, itu untuk varian tertinggi sih, tapi varian satunya bisa bertahan 12 jam juga, sudah lebih daripada cukup kan?

Keiritan baterai ini didukung juga oleh beberapa faktor. Misalnya penggunaan prosesor yang memang irit daya serta teknologi Panel Self Refresh (PSR) pada layar, bagian yang notabene konsumsi dayanya paling besar.

Cara kerja PSR adalah seperti ini: ada memori khusus yang membuat setiap tampilan statis pada layar diproses tanpa melalui chip grafis sehingga konsumsi daya dapat dikurangi hingga hanya 1 Watt saja, padahal dengan chip grafis bisa 3 Watt.

Selain irit, pengisian ulang baterainya juga super cepat. Pengisian baterai dari 0 hingga 60 persen dicapai hanya dalam waktu 39 menit saja.

5. Jurus Tapak Memindahkan Bumi dan Langit, Sangat Mumpuni

Sungguh luar biasa kemampuan memindahkan bumi dan langit, hanya bisa dicapai oleh pendekar yang sangat mumpuni.

Meskipun aplikasi untuk bisnis rata-rata tidak membutuhkan performa segarang aplikasi game atau video, ExpertBook B9 tetap dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni.

ASUS ExpertBook B9

Prosesornya menggunakan generasi terkini, yaitu Intel® Core™ i5-10210U Processor 1.6 GHz (6M Cache, up to 4.2 GHz) atau Intel® Core™ i7-10510U Processor 1.8 GHz (8M Cache, up to 4.9 GHz).

Lalu RAM-nya seperti ini: 8GB / 16GB 2133MHz LPDDR3 onboard (dual channel support).

Ruang simpannya: Dual M.2 NVMe PCIe® 3.0 x4, 512GB / 1TB SSD (up to dual 1TB).

Josss bukan?

Dengan kemampuan seperti itu, aplikasi bisnis apapun bakal takluk di tangan ExpertBook B9. Soal penyimpanan data juga gak perlu pusing dipikirkan.

Dengan ruang simpan 1 TB, bahkan bisa dobel, bagaikan menyimpan isi langit ke bumi, sesuai nama jurus silat yang menggambarkan kehebatan bagian ini.

6. Jurus Tai Chi, Mendinginkan Suasana

Tai Chi dikenal sebagai jurus yang mampu menyeimbangkan tubuh dan alam, menggunakan kelembutan untuk mengalahkan kekerasan, dan mampu mendinginkan suasana.

Sistem pendingin ExpertBook B9 bak jurus Tai Chi yang mampu menetralisir panas yang dikeluarkan oleh kinerja prosesor, sehingga semua kembali seimbang.

Sistem pendingin ExpertBook B9 menggunakan Advanced Thermal Module yang memiliki ukuran 25% lebih kecil daripada pendingin laptop pada umumnya. Ini juga salah satu alasan mengapa laptop ini bisa kecil dan ringan.

Advanced Thermal Module ini memiliki 3 keunggulan. Pertama, sistem pendinginnya menggunakan tilted heatsink design, desain khusus yang dapat mengalirkan udara secara optimal.

ASUS ExpertBook B9

Kedua, struktur sistem pendinginnya (heatpipe, heatsink, hingga case untuk kipas) merupakan satu bagian dan bukan terdiri dari beberapa bagian yang disambung, sehingga proses pelepasan panas lebih baik.

Ketiga, setiap sirip (fin) yang ada di heatsink dibuat menggunakan bahan alluminium alloy. Bahan ini memiliki kemampuan pelepasan panas yang setara dengan tembaga tapi bobotnya lebih ringan.

Selain sistem pendingin yang mumpuni, bagian bawah keyboard dilapisi juga dengan Graphite Sheet yang lebar, sehingga panas benar-benar terbuang keluar dan tidak terbuang ke keyboard. Jadi panas ini tidak akan mengganggu selama bekerja.

7. Jurus 18 Tapak Naga, Terkoneksi Ke Mana Saja

Jurus 18 Tapak Naga merupakan salah satu ilmu silat yang memiliki variasi gerakan jurus paling banyak. Dengan demikian, jurus ini bisa disesuaikan dengan berbagai kondisi pertempuran yang dihadapi.

Memiliki rekan bisnis yang berbeda-beda ekosistem perangkat IT-nya merupakan tantangan tersendiri saat harus bertemu dan berkolaborasi.

ExpertBook B9 telah mengantisipasi hal tersebut dengan memiliki berbagai port koneksi yang cukup lengkap, seperti USB Type C, USB Type-A, HDMI, dan RJ45 (LAN) melalui micro HDMI (dengan converter). Port USB type C juga mendukung protokol Thunderbolt 3.

Ini bagaikan ilmu 18 tapak naga yang bisa menyesuaikan diri dengan kondisi.

Dengan kelengkapan port ini, katakanlah dibutuhkan pengolahan grafis yang mumpuni, ExpertBook B9 dapat dihubungkan dengan perangkat kartu grafis eksternal seperti ROG XG Station 2 melalui port Thunderbolt 3.

Pada sektor nirkabel, ExpertBook B9 telah menggunakan modul Wi-Fi 6 (802.11ax), teknologi Wi-Fi terbaru yang akan menggantikan Wi-Fi 5 (802.11ac). Teknologi nirkabel terbaru ini hadir dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi serta koneksi yang lebih stabil.

Selain Wi-Fi 6, ASUS ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 sebagai sarana konektivitas ke berbagai perangkat nirkabel lainnya.

8. Jurus Pedang Hati Suci, Kolaborasi Untuk Hasil Maksimal

Jurus Pedang Hati Suci dirancang untuk dijalankan sepasang kekasih. Artinya, kolaborasi dalam jurus ini akan memberikan hasil maksimal.

Sebuah laptop tentunya juga harus mampu mengelola suatu kolaborasi. Jika ditarik ke kondisi sekarang, banyak orang yang harus bekerja dari rumah karena adanya wabah. Otomatis pertemuan kerja yang biasa dilakukan, menjadi tidak bisa berjalan.

Sebagai alternatif pengganti pertemuan yang biasanya diadakan secara langsung, digunakan model video conference.

ASUS ExpertBook B9

ASUS ExpertBook B9 memiliki peranti audio video yang mumpuni, jadi tidak memalukan saat digunakan untuk video conference.

Dari sisi audio, ASUS ExpertBook B9 menggunakan perangkat berkualitas Harman/Kardon. Selain untuk video conference, buat hiburan juga OK.

Kameranya memiliki resolusi 720p yang cukup bagus untuk video conference, dan uniknya, dilengkapi dengan penutup untuk meningkatkan privacy.

Penutup ini bisa menghindarkan pengguna dari hal yang memalukan akibat lupa mematikan kamera.

Microfon yang digunakan untuk berbicara dilengkapi juga dengan noise canceling, sehingga lawan bicara akan mendengar suara dengan jelas.

9. Jurus Ulat Sutra, Mampu Memulihkan Diri

Pemulihan diri yang didapat dengan menguasai jurus Ulat Sutra bisa berarti pencapaian sebuah kenyamanan. Jika pulih berarti sehat kembali dan itu membawa pada kenyamanan, rasa kerasan.

Pengalaman dalam menggunakan ExpertBook B9 ini bakalan dirasakan begitu premium oleh penggunanya. Jadi mereka bakal kerasan dan tidak ingin berganti ke laptop lain. Kenyamanan yang didapat begitu mengikat.

Pengalaman tersebut antara lain kenyamanan dalam bekerja karena ExpertBook B9 menggunakan engsel model ErgoLift. Dengan ErgoLift, saat layar dibuka, body laptop akan terangkat, sehingga lebih ergonomik saat mengetik.

Layar juga dapat dibuka sejauh 180°, sehingga memudahkan saat hendak menunjukkan isi layar ke rekan kerja.

ASUS ExpertBook B9

Pebisnis yang sudah terlalu mahir menggunakan kalkulator dan merindukan adanya numpad seperti pada keyboard PC, bisa “menyulap” TouchPad menjadi NumberPad.

Harga dan Ketersediaan

ASUS ExpertBook B9 hadir dengan harga mulai dari Rp27.499.000 dan bisa dibeli melalui channel online berikut ini:

BliBli                     : https://bit.ly/ExpertBook-B9450-BliBli

Bhinneka            : https://bit.ly/ExpertBook-B9450-Bhinneka

Tokopedia          : https://bit.ly/ExpertBook-B9450-Tokopedia

Main Spec. ASUS ExpertBook B9450
CPU Intel® Core™ i5-10210U Processor 1.6 GHz (6M Cache, up to 4.2 GHz)
Intel® Core™ i7-10510U Processor 1.8 GHz (8M Cache, up to 4.9 GHz)
Operating System Windows 10 Pro
Windows Home Solution
Memory 8GB / 16GB 2133MHz LPDDR3 onboard (dual channel support)
Storage Dual M.2 NVMe PCIe® 3.0 x4
512GB / 1TB SSD (up to dual 1TB)
Display 14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare, 100% sRGB, 300 nits
Graphics Intel UHD Graphics 620
Input/Output 2x Thunderbolt™ 3 Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type-A, 1x HDMI, 1 x RJ45 LAN via micro HDMI port, 1x Audio Jack, 1 x Kensington® lock slot
Camera 720p HD camera with microphone; IR camera with Windows Hello Support
Connectivity Wi-Fi 6 (802.11ax), Bluetooth 5.0
Audio 2 Integrated stereo speakers certified by harman/ kardon, Array microphone with Cortana, Quad 360° far-field microphones (support noise cancellation)
Battery 4 -Cell 66Wh lithium-polymer long life rechargeable battery
2 -Cell 33Wh lithium-polymer long life rechargeable battery
Security Trusted Platform Module TPM 2.0 embedded security chip, Windows Hello with facial recognition software, fingerprint sensor, webcam shield, kensington lock slot, ASUS Business Manager with secure drive setting and lock control to USB storage devices
Dimension 32.0(W) x 20.2(D) x 1.49(H) cm
Weight 0.870kg with 33W battery
0.995kg with 66W battery
Colors Star Black
Warranty 3 tahun layanan garansi di tempat

Follow me on social media:
ASUS ExpertBook B9, Laptop Bisnis Dengan 9 Jurus Maut

2 thoughts on “ASUS ExpertBook B9, Laptop Bisnis Dengan 9 Jurus Maut

  • 05/06/2020 at 8:46 pm
    Permalink

    Advanced Video Conferencing sepertinya fitur yang saat ini sedang dibutuhkan banyak orang Om, untungnya ASUS sudah optimasi sisi itu :-D

    Reply
  • 07/06/2020 at 5:22 am
    Permalink

    dari spek menarik. tapi dari bobot kok kesannya malah terlalu enteng menurut saya, kayak ngga berasa bawa laptop mahal.. dan tentu saja, harganya yang cukup berat.. makin menguatkan kesan laptop ini bukan untuk saya.. kecuali dikasih sama kantor.. tentu tidak menolak.. 😆

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *