Meningkatkan Produktivitas Dengan ASUS ExpertBook B5 Series

Pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun lebih benar-benar memporakporandakan tatanan kehidupan manusia. Untunglah manusia dikaruniai akal dan tekad untuk selalu bisa mencari jalan keluar dari setiap masalah.

Pada masa-masa awal COVID merajalela yang memaksa manusia untuk mengurangi interaksi dengan sesamanya, teknologi–khususnya internet–menjadi juruselamat. Interaksi manusia secara fisik digantikan dengan interaksi di dunia maya menggunakan koneksi internet.

Banyak budaya baru yang terbentuk dengan adanya pandemi ini. Sekolah dan bekerja dilakukan dari rumah, menggunakan aplikasi-aplikasi yang dirancang khusus untuk meeting. Waktu dua tahun sangat cukup untuk memupuk kebiasaan baru tersebut menjadi sesuatu yang mapan.

Karena sudah terlalu nyaman bekerja dari rumah, lalu peralatan kerja seperti laptop dibuat supaya senyaman mungkin untuk digunakan bekerja dari rumah, misalnya ditambahkan keyboard dan mouse eksternal, disambung dengan layar monitor berukuran besar, charger tidak pernah dilepas dari colokan, dan lain-lain.

Era Pasca Pandemi

ASUS ExpertBook B5 Series

Setelah terlanjur terbentuk kebiasaan yang mapan seperti ini, eh ternyata pandemi sudah mau kelar aja. Bukan berarti tidak bersyukur, hanya saja pasti bakal ada perubahan kebiasaan yang harus dijalani lagi. Beberapa orang tertentu barangkali harus kembali lagi ke kebiasaan lama seperti sebelum pandemi, misalnya kembali ngantor setiap hari. Malah mungkin saja ada yang memiliki pekerjaan baru.

Meskipun harus kembali lagi ke kebiasaan sebelum masa pandemi, saya pikir situasinya tetap tidak akan sama persis seperti dulu. Mobilitas kerja kemungkinan besar akan meningkat karena toh terbukti pekerjaan bisa diselesaikan tanpa “terkurung” oleh tembok kantor.

Jam kerja di kantor bisa jadi tidak sepanjang dulu, karena sebagian waktu kerja bisa dilakukan di luar kantor. Barangkali juga kedatangan di kantor tidak perlu dilakukan sering-sering, cukup koordinasi menggunakan aplikasi saja, sisanya dilakukan di luar kantor, langsung di tempat client misalnya, atau di tempat-tempat tertentu yang dianggap bisa memicu produktivitas.

Nah, bicara produktivitas, sudah tentu perubahan kebiasan yang bakal terjadi pasca pandemi, membuat kita kudu “berlatih” lagi untuk bisa mencapai produktivitas yang optimal. Agar menjalaninya dengan semangat, menurut saya, anggap saja kita mendapat pekerjaan baru, entah itu beneran baru atau hanya suasananya yang baru.

Sedangkan hal yang menurut saya beneran perlu yang baru adalah laptop. Mengapa? Jika mobilitas kerja meningkat drastis seperti dugaan saya, maka para pekerja membutuhkan laptop yang jauh lebih tahan banting dibandingkan laptop yang sekarang. Tingkat keamanan laptop juga menjadi penting untuk diperhatikan mengingat rawannya pencurian data saat sedang dalam posisi mobile, entah itu digondol selaptop-laptopnya atau pencurian data melalui koneksi internet.

Ditambah lagi, selama dua tahun pandemi ini, teknologi tetap berkembang. Jadi cukup wajar jika ada kebutuhan laptop baru supaya bisa mengejar ketertinggalan teknologi khususnya dalam memenuhi tuntutan pekerjaan.

Dengan menggunakan laptop yang bisa menjamin mobilitas dan keamanan, bekerja menjadi lebih tenang, ujung-ujungnya produktivitas meningkat.

Laptop Yang Menjamin Mobilitas dan Keamanan

Kira-kira apa ya laptop yang bisa menjamin mobilitas dan keamanan untuk para pekerja kantor? ASUS ExpertBook B5 Series bisa disodorkan sebagai jawaban.

ASUS ExpertBook B5 Series

ASUS memang khusus mengembangkan laptop seri ExpertBook untuk para pekerja yang mobilitasnya tinggi serta membutuhkan keamanan data. Cocok dengan kebutuhan kerja pada era pasca pandemi. Meski begitu, bukan berarti laptop ExpertBook B5 Series hanya fokus pada dua hal itu saja. Sederet keunggulan ditawarkan oleh ASUS ExpertBook B5 Series ini hingga bakal mendongkrak produktivitas pekerja, dan yang pasti mendongkrak cuan bossnya.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai keunggulan ASUS ExpertBook B5 Series, saya informasikan bahwa laptop ini hadir dalam dua model, yaitu ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA) dengan form factor clamshell (engsel layar laptop bisa dibuka hingga 180°) dan juga ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA) dengan form factor convertible (engsel layar bisa diputar hingga 360° dengan dukungan layar sentuh).

ASUS ExpertBook B5 Series

Nah sekarang mari kita jabarkan apa saja yang ditawarkan oleh ASUS ExpertBook B5 Series ini. Setidaknya ada lima keunggulan yang bakal membuat ExpertBook B5 Series cocok digunakan oleh para pekerja, yaitu:

  1. Mendukung Mobilitas Tinggi
  2. Tingkat Keamanan Tinggi
  3. Fitur Pendukung Produktivitas
  4. Performa Yang Bisa Diandalkan
  5. Layanan Garansi Khusus

Mendukung Mobilitas Tinggi

ASUS ExpertBook B5 Series memiliki rancang bangun yang difokuskan untuk mendukung mobilitas. Bagian belakang layar serta bawah bodi laptop ini dibuat dengan perpaduan magnesium dan aluminium atau seringkali disebut dengan magnesium-aluminium alloy.

Sifat khas magnesium-aluminium alloy adalah ringan tapi kuat, bahkan pesawat terbang jenis tertentu juga memiliki body yang dibuat dari magnesium-aluminium alloy ini. Alhasil, body ASUS ExpertBook B5 Series ini sangat ringan tapi sekaligus sangat kuat. Bobotnya kira-kira hanya 1,1 kg saja, sudah begitu, ketebalannya hanya 16,9 mm saja.

Jadi membawa laptop ini ke mana-mana tidak akan terlalu membebani tas atau kopor, serta tidak terlalu memakan tempat. Saat bepergian, serasa laptop ini tidak dibawa tapi kok ya tetap ada di tas/kopor.

Nah, saat bekerja di luar, potensi ada insiden yang terjadi cukup besar, misalnya ketumpahan minuman, jatuh dari meja, terkena getaran cukup keras saat berada di bagasi pesawat, dan lain-lain. Pada saat seperti inilah body ASUS ExpertBook B5 Series menunjukkan keunggulannya.

Jadi, ASUS ExpertBook B5 Series ini telah lulus serangkaian uji berstandar militer dan mendapatkan sertifikasi MIL-STD 810H. Uji berstandar militer ini tentu tidak main-main. Sekadar info saja, hal yang diujikan di antaranya adalah:

  • Pengujian untuk beroperasi di temperatur tinggi (sekitar 32°C hingga 49°C) selama 3 hari
  • Pengujian untuk beroperasi di temperatur rendah (sekitar -21°C hingga -32°C) selama 3 hari
  • Pengujian perubahan temperatur ekstrim, dari -51°C hingga 71°C dalam rentang perubahan suhu hanya 1 menit
  • Pengujian di lingkungan dengan kelembaban tinggi, kelembaban 95% pada suhu 30°C hingga 60°C selama 10 hari
  • Pengujian di ketinggian hingga 15.000 kaki (sekitar 4,5 km) dengan suhu antara -40°C hingga 5°C
  • Uji getarkan selama satu jam ke semua arah dengan frekuensi getaran antara 10 sampai 500 Hz
  • Uji dijatuhkan (drop test) dari ketinggian 120 cm dalam keadaan menyala

Dukungan mobilitas ini tak hanya soal rancangan body yang ringan dan kuat, baterai ASUS ExpertBook B5 Series juga memiliki daya tahan yang lama. Laptop ini diklaim mampu menyala selama 12 jam setelah baterainya diisi penuh. Kemampuannya untuk diisi ulang menggunakan power bank melalui USB Type C tentu bakal menambah lagi waktu kerja tanpa harus berada pada tempat yang memiliki colokan.

Tingkat Keamanan Tinggi

Data perusahaan yang berada di dalam laptop merupakan sesuatu yang berharga, bahkan bisa jadi harganya berkali lipat harga laptop itu sendiri. Karena itu, keamanan terhadap data tentu kudu dijaga dengan baik.

Fitur yang dimiliki oleh ASUS ExpertBook B5 Series untuk meningkatkan keamanan adalah adanya chip TPM 2.0 yang telah tertanam pada laptop ini. TPM merupakan singkatan dari Trusted Platform Module, sebuah chip berbasis teknologi crypto-processor yang akan membuat berbagai aktivitas data pada laptop menjadi terenkripsi.

Kunci enkripsi akan tersimpan pada chip TPM sehingga data yang ada pada laptop tidak akan bisa dibaca di tempat lain, bahkan andaikata ruang simpan SSD-nya dicuri dan dipindahkan ke komputer lain.

Untuk login ke laptop, tersedia juga sensor sidik jari yang terintegrasi dengan Windows Hello dan menjadi satu dengan tombol power. Data sidik jari inipun tersimpan dalam keadaan terenkripsi di TPM.

ASUS ExpertBook B5 Series juga memiliki fitur khusus untuk pengamanan tambahan, misalnya USB flash yang tidak bisa dibaca isinya meskipun sudah ditancapkan ke laptop, kecuali diberi izin khusus. Fitur ini sangat bermanfaat untuk menghindari penyebaran virus ke laptop yang seringkali ngendon di USB flash drive.

Fitur Pendukung Produktivitas

Salah satu bentuk “komunikasi” antara laptop dengan penggunanya dilakukan dengan perantaraan layar laptop. Laptop ASUS ExpertBook B5 Series ini mampu berkomunikasi dengan sangat baik kepada penggunanya berkat layar ASUS OLED yang dimilikinya.

Layar ASUS OLED ini memiliki fitur yang mampu mereduksi pancaran radiasi warna biru yang selama ini dikenal bisa mengganggu kesehatan mata. Hebatnya, meskipun radiasi warna biru direduksi, tapi layar ASUS OLED tetap bisa menampilkan warna dengan akurasi tinggi, dengan color gamut mencapai 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

Keunggulan layar ASUS OLED ini diakui oleh TÜV Rheinland dengan terbitnya sertifikasi low-blue light dan anti-flicker.

Berkat layar yang menyenangkan sekelas ASUS OLED ini, pengguna ExpertBook B5 Series bisa lebih betah berlama-lama di depan laptop karena matanya tidak cepat lelah, sehingga diharapkan produktivitasnya meningkat.

Jika layar ASUS OLED memanjakan mata, maka ExpertBook B5 Series juga memiliki fitur yang memanjakan telinga, two way AI noise-canceling. Saat butuh berkomunikasi dengan rekan kerja melalui aplikasi meeting, fitur two way AI noise-canceling akan sangat membantu untuk menghilangkan suara berisik yang ada di latar belakang, sehingga lawan bicara akan mendengar dengan jelas. Pun sebaliknya, pengguna ExpertBook B5 Series juga mendengar suara lawan bicara dengan jelas.

Percakapan yang diterima dengan jelas tentu akan menaikkan produktivitas kerja karena peserta rapat tidak perlu mengulang-ulang pembicaraan.

ASUS juga memperhatikan berbagai detail lain yang bisa meningkatkan produktivitas. Fitur NumberPad 2.0 misalnya, pasti akan disukai oleh para pekerja yang sering menginputkan angka ke dalam aplikasi kantoran.

NumberPad 2.0 akan muncul pada area touch pad dan bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan dengan sangat mudah melalui satu sentuhan saja. Saat NumberPad 2.0 aktif, area touch pad tetap dapat difungsikan sebagai pengendali mouse pointer.

Laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics.

Butuh koneksi dengan peralatan lain saat bekerja? Tenang, ExpertBook B5 Series punya port yang komplit, yaitu 1 port USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2 port Thunderbolt™ 4, 1 port HDMI 2.0b, 1 port micro HDMI (RJ45 LAN), dan 1 port 3.5mm Combo Audio Jack.

Port Thunderbolt™ 4 yang dimiliki mendukung koneksi dengan layar eksternal dan juga mendukung power delivery, sehingga baterai laptop ini bisa diisi ulang dengan power bank.

Sedangkan untuk koneksi nirkabel, tersedia Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2.

Performa Yang Bisa Diandalkan

Berbagai keunggulan yang telah disebutkan di atas tentu bakal terasa hambar apabila laptopnya lemot saat digunakan untuk bekerja. Ini tidak bakal terjadi pada ExpertBook B5 Series karena laptop bisnis ini sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 dan pengolah grafis Intel® Iris® Xᵉ graphics, tepatnya Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz.

Prosesor tersebut merupakan salah satu prosesor terkini yang memastikan laptop ExpertBook B5 Series tidak lemot, bahkan memiliki performa yang tinggi, sanggup untuk diajak bekerja menggunakan aplikasi bisnis paling modern sekalipun.

Validasi sebagai laptop Intel® EVO Platform membuktikan bahwa ExpertBook B5 Series berhasil memenuhi standar yang ditetapkan oleh Intel® dalam hal performa.

Sebagai pendukung, ExpertBook B5 Series memiliki RAM 3200 Hz DDR4 berkapasitas 16 GB, yang jika dibutuhkan, bisa diupgrade hingga kapasitas 48 GB. Sedangkan ruang simpannya berjenis M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 x4 SSD dengan kapasitas maksimal hingga 2 TB (dua keping SSD dengan kapasitas masing-masing 1 TB).

Jika diibaratkan komponen-komponen yang disebutkan di atas adalah anggota tim estafet yang berlomba lari di olimpiade, maka jaminan kemenangan sudah nampak di pelupuk mata karena semua anggota tim tersebut sama cepatnya.

Saat pengguna laptop bisnis ini memasang dua buah SSD, tersedia dukungan teknologi RAID (Redundant Array of Independent Disks) untuk memaksimalkan potensi kedua storage tersebut. Mode RAID yang didukung oleh laptop ini adalah RAID 0 dan RAID 1.

RAID 0 akan menggabungkan kapasitas kedua SSD yang dipasang dan akan menyimpan data secara merata diantara keduanya, sehingga kecepatan pengoperasian SSD meningkat dua kali lipat.

RAID 1 akan membuat salinan secara otomatis pada masing-masing SSD atau dikenal dengan istilah mirroring, jadi isi kedua SSD akan menjadi sama persis, bermanfaat untuk jadi backup jika salah satu mengalami kegagalan fungsi.

Layanan Garansi Khusus

Sebagai produsen laptop, tentu ASUS memberikan garansi untuk seluruh laptop baru yang diproduksinya. Nah, karena ExpertBook B5 Series ini merupakan laptop spesial yang ditujukan untuk bisnis, maka tersedia layanan garansi khusus untuknya.

Garansi standar yang diberikan memiliki masa 2 tahun, tetapi ASUS juga memberikan penawaran bagi perusahaan untuk bisa mengajukan perpanjangan masa garansi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, masih ada lagi layanan ADP (Accidental Damage Protection) yang berlaku selama satu tahun.

ADP ini adalah garansi spesial yang bisa diklaim oleh pengguna ASUS ExpertBook B5 series jika laptop mengalami kerusakan akibat kecelakaan atau sesuatu yang tidak diduga, intinya akibat kesalahan pengguna. Dengan adanya program ADP, ASUS akan memperbaiki laptop tanpa memungut biaya tambahan. Layanan ADP ini bisa diklaim sebanyak 1 kali selama masa layanan berlaku.

Sudah? Belum ternyata. Masih ada lagi. ASUS juga menyediakan layanan premium untuk menjemput laptop yang akan diperbaiki jika mengalami kerusakan, serta mengantarkannya kembali jika sudah selesai diperbaiki.

Saat laptop dijemput untuk diperbaiki, pengguna ExpertBook B5 Series bisa meminta agar ruang simpan SSD dilepas dan ditinggal saja, sehingga lebih aman.

Penutup

Untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja, diperlukan penunjang yang tepat dan ASUS ExpertBook B5 Series laptop yang sanggup memainkan peran itu, sehingga ASUS ExpertBook B5 Series cocok menjadi teman kerja bagi para pebisnis atau pekerja kantor.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ExpertBook B5 Blog Competition bersama techijau.com.

Spesifikasi ASUS ExpertBook B5 Series

Main Spec.ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA)
CPUIntel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating SystemWindows 11 Pro
MemoryUp to 48GB DDR4 3200MHz RAM
StorageUp to 2TB PCIe SSD with RAID Support
Display13,3″ (16:10) OLED Full-HD (1920×1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display PANTONE Validated Display VESA TrueBlack HDR TÜV Rheinland eye care certified 92% screen to body ratio
GraphicsIntel Iris X Graphics
Input/Output1x USB 3.2 Gen 2 Type-A 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery 1x HDMI 2.0b 1x micro HDMI (RJ45 LAN) 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera720p HD camera
ConnectivityWi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
AudioBuilt-in speaker, Built-in array microphone, Cortana supported
Battery66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm
Weight1.11kg
ColorsBlack
PriceMulai dari kisaran Rp22 jutaan
Warranty2 tahun garansi global with optional warranty upgrades
Main Spec.ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA)
CPUIntel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Operating SystemWindows 11 Pro
MemoryUp to 48GB DDR4 3200MHz RAM
StorageUp to 2TB PCIe SSD with RAID Support
Display13,3″ (16:10) OLED Full-HD (1920×1080) 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display PANTONE Validated Display VESA TrueBlack HDR TÜV Rheinland eye care certified 92% screen to body ratio touchscreen with pen support
GraphicsIntel Iris X Graphics
Input/Output1x USB 3.2 Gen 2 Type-A 2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery 1x HDMI 2.0b 1x micro HDMI (RJ45 LAN) 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera720p HD camera
ConnectivityWi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
AudioBuilt-in speaker, Built-in array microphone, Cortana supported
Battery66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm
Weight1.11kg
ColorsBlack
PriceMulai dari kisaran Rp21 jutaan
Warranty2 tahun garansi global with optional warranty upgrades
Follow me on social media:

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.