5 Rekomendasi Smartphone Dual Kamera dengan Harga Terjangkau – Sekarang, smartphone dan kamera seperti sudah seperti dua sisi mata uang. Hampir bisa dipastikan bahwa produk yang menyebut dirinya sebagai smartphone pasti memiliki kamera. Bahkan, sepertinya fitur unggulan yang kini paling dinanti-nantikan pada sebuah smartphone keluaran terbaru adalah kameranya.

Pada tahun 2017, muncul tren smartphone dengan dua kamera belakang dan tren ini masih berlangsung hingga kini. Bahkan, kini mulai ada smartphone yang memiliki tiga buah kamera belakang. Belakangan ini, smartphone dengan dua kamera belakang seolah sudah menjadi standar umum bagi produsen smartphone saat hendak mengeluarkan produk baru mereka.

Berbagai jenis smartphone mulai dari yang murah hingga produk flagship minimal akan memiliki dua kamera belakang. Namun, tidak semua orang beruntung bisa membeli smartphone flagship atau mungkin jika mereka memiliki dana yang mencukupi, tidak semua orang juga bersedia membeli smartphone flagship. Fungsi menjadi hal yang lebih utama daripada gengsi, begitu kata mereka.

Nah, jika kamu termasuk ke dalam salah satu golongan di atas, kamu  tak perlu khawatir karena ada cukup banyak smartphone dual kamera yang harganya terjangkau.

Berikut ini saya berikan 5 rekomendasi smartphone dual kamera dengan harga terjangkau yang relatif mudah ditemukan di toko, termasuk toko online seperti Shopee

.

1. Asus Zenfone Max Pro M1

Zenfone Max Pro M1
Meskipun melabeli diri dengan smartphone gaming dengan tagline limitless gaming, namun Asus tetap menyematkan dua buah kamera pada Zenfone Max Pro M1. Kedua kamera belakang smartphone ini memiliki resolusi 13 MP dan 5 MP. Ada juga varian yang menggunakan kombinasi 16/5 MP.

Baca Juga
Hapus Aplikasi di Dalam Facebook Pake Mobile

Kamera yang beresolusi lebih kecil digunakan untuk menangkap kedalaman objek saat memotret sehingga dapat menghasilkan foto bokeh yang keren. Asus Zenfone Max Pro M1 hadir dalam tiga buah varian yang dibedakan oleh kapasitas RAM-nya, yaitu 3 GB, 4 GB, dan 6 GB. Varian yang memiliki RAM 3 GB memiliki ruang simpan 32 GB, sedangkan yang lain memiliki ruang simpan 64 GB.

Secara berturut-turut, harga dari smartphone ini adalah Rp 2.199.000, Rp 2.599.000, dan Rp 3.399.000. Harga ini adalah harga resmi saat diluncurkan dan kemungkinan besar saat ini sudah turun.

Khusus untuk varian yang memiliki RAM 6 GB, resolusi kameranya adalah 16 dan 5 MP.

Asus Zenfone Max Pro M1 menggunakan prosesor favorit di kelas menengah, yaitu Qualcomm Snapdragon 636.

 

2. Xiaomi Redmi 6

Redmi 6
Redmi 6 merupakan generasi terkini smartphone Xiaomi yang masuk ke Indonesia. Saat artikel ini ditulis, Xiaomi sedang mempersiapkan salah satu varian lain dari Redmi 6, yaitu Redmi Note 6 Pro, untuk diluncurkan di Indonesia. Di antara seluruh keluarga Redmi 6 yang resmi masuk ke Indonesia, Redmi 6A merupakan smartphone yang harganya paling terjangkau, namun sayang hanya memiliki satu kamera. Varian yang memiliki dua kamera adalah Redmi 6 yang memiliki harga resmi Rp 1.999.000.

Baca Juga
Aplikasi Go Mobile by CIMB Niaga

Dua kamera yang disematkan pada Xiaomi Redmi 6 memiliki resolusi 12 dan 5 MP. Seperti halnya dual kamera modern lainnya, kamera Redmi 6 ini sudah mendukung AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan. Sedikit menyimpang dari kebiasaan Xiaomi selama dua tahun terakhir yang selalu menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon, Redmi 6 ini menggunakan prosesor Helio P22. Prosesor ini cukup canggih dengan teknologi fabrikasi 12nm yang menjamin performa kencang namun tetap irit daya.

 

3. Honor 7A

Honor 7A
Honor sebenarnya merupakan sub brand dari Huawei, tetapi di Indonesia keduanya berada pada naungan perusahaan yang berbeda. Honor saat ini sedang giat-giatnya mencoba membanjiri pasar Indonesia dengan berbagai produk terbaiknya. Salah satu varian Honor yang masuk resmi ke Indonesia adalah Honor 7A. Honor 7A merupakan smartphone dual kamera termurah dari Honor. Harganya saat diluncurkan adalah Rp 1.899.000 dan dapat dengan mudah ditemui di berbagai toko online, termasuk Shopee.

Kombinasi kamera yang digunakan oleh Honor 7A memiliki resolusi 13 dan 2 MP. Dual kamera ini dilengkapi dengan fitur AI dan dapat mengambil foto bokeh dengan hasil yang ciamik. Sementara di bagian depan, Honor menyematkan kamera sudut lebar dengan resolusi 8 MP dan dilengkapi dengan toning light, cocok digunakan untuk selfie. Smartphone ini ditenagai dengan prosesor low end dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 430.

 

4. Evercoss U60

Evercoss U60
Evercoss U60 merupakan smartphone dual kamera termurah yang ada pada daftar ini karena harganya bahkan tidak mencapai 1 juta rupiah, yaitu Rp 899.000. Meskipun harganya tidak mencapai satu juta, namun jangan remehkan smartphone ini karena relatif cukup mumpuni. Kamera yang disematkan pada Evercoss U60 memiliki resolusi 8 dan 2 MP. Prosesornya tidak dengan jelas disebutkan dari brand apa, namun yang jelas spesifikasinya adalah Quad Core 1.3 GHz.

Baca Juga
Ada Apa Di Balik Update WhatsApp?

Dengan harga yang rendah, tentu Evercoss tidak bisa memberikan spesifikasi yang “mewah” pada U60. RAM-nya hanya 1 GB dan ruang simpannya hanya 8 GB. Namun, jika kebutuhannya hanya untuk mengakses media sosial dan browsing, smartphone ini sudah lebih dari cukup.

5. Oppo A3S

Oppo A3S
Oppo dikenal sebagai produsen smartphone yang menggebrak pasar dengan Oppo Find X, sebuah smartphone yang kamera depannya bisa disembunyikan. Namun, tentunya bukan smartphone tersebut yang masuk ke dalam pembahasan ini karena harganya sudah pasti mahal. Produk Oppo yang harganya relatif terjangkau adalah Oppo A3S yang dibanderol sekitar Rp 1.500.000. Meskipun merupakan produk yang harganya terjangkau, Oppo A3S tampil kekinian dengan poni dan dual kamera.

Kamera yang memiliki resolusi 13 MP dan 2 MP ini cukup mumpuni untuk membuat foto bokeh. Kamera ini juga sudah menggunakan teknologi AI, hanya saja lebih dioptimalkan untuk kamera depan. Maklum, Oppo memang terkenal sebagai smartphone yang dikhususkan untuk ber-selfie. Sebagai jantung komputasi, Oppo A3S menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 450.

Follow me on social media:

1 Comment

Dwi Wahyudi · 11/11/2018 at 12:30 pm

Sekarang memang lagi eranya dual camera, jadi masing2 merek smartphone berlomba untuk membuat model2 terbarunya sesuai keinginan pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.