Pandemi yang sekarang ini sedang melanda dunia ini membuat cukup banyak perubahan yang drastis dalam kehidupan manusia. Meskipun berat, mau tidak mau, suka tidak suka, perubahan tersebut harus dijalani, demi upaya untuk menjaga kesehatan.

Salah satu perubahan yang paling nampak nyata adalah kegiatan bekerja dan sekolah yang dulu dilakukan dengan meninggalkan rumah, menuju kantor atau sekolah, sekarang harus dilakukan dari rumah.

Untungnya (nah, inilah salah satu kehebatan manusia, masih bisa mengatakan “untung” meskipun berada di tengah keadaan yang buruk sekalipun) sarana dan prasaran untuk bekerja atau sekolah dari rumah telah tersedia dengan memadai.

Salah satunya adalah koneksi internet. Koneksi internet ini selain disediakan oleh penyedia jasa layanan internet, juga disediakan oleh operator telekomunikasi seluler. Ada beberapa operator telekomunikasi seluler yang beroperasi di Indonesia.

Umumnya, orang memilih operator telekomunikasi berdasarkan kriteria berikut: skema harga, stabilitas jaringan, dan luas jaringan. Ada juga yang memilih bukan berdasarkan kualitas sebuah provider, melainkan karena nomor cantik yang didapatkan. Nah kalau soal emosional begini memang sulit dinalar dengan akal sehat, jadi bisa diabaikan.

Sejak adanya pandemi dan banyak yang bekerja atau sekolah dari rumah, salah satu skema paket data internet yang paling diminati adalah UNLIMITED.

UNLIMITED berarti tanpa batas, artinya pengguna bisa terus menerus berinternet sepanjang masa aktif paketnya masih berlaku. Masa aktif paket ini biasanya berlaku selama 1 bulan, jadi konsepnya kira-kira mirip seperti berlangganan bulanan lah.

Seperti tulisan saya sebelumnya, salah satu operator seluler yang cukup populer di Indonesia adalah smartfren.

Sebagai operator yang popular dan memiliki cukup banyak pengguna, tentu smartfren juga memiliki paket-paket data yang memenuhi kebutuhan penggunanya, termasuk UNLIMITED yang sedang kita bahas sekarang ini.

Beberapa operator lain tentu juga memiliki skema UNLIMITED. Seperti apakah skema UNLIMITED milik smartfren jika dibandingkan dengan operator lain?

Berikut tabel perbandingan keuntungan yang ditawarkan masing-masing paket UNLIMITED tersebut. Sebagai perbandingan, dipilih paket yang harganya berdekatan satu dengan yang lain.

Jika tabel di atas menyajikan perbandingan soal benefit yang didapatkan melalui paket UNLIMITED, sekarang akan ditampilkan perbandingan dari sisi fiturnya.

Pada tabel kedua ini, terlihat bahwa satu-satunya operator yang bernilai YA pada semua item yang disebutkan hanyalah smartfren.

Nah, dari kedua tabel di atas terlihat bahwa yang benar-benar unlimited dan serba bisa adalah smartfren UNLIMITED.

Memang kampanye yang sedang dilakukan oleh smartfren UNLIMITED menyiratkan hal tersebut, yaitu #UnlimitedBisaSemua. Oh iya lagi ada kesempatan buat dapetin CASHBACK 100% setiap beli pulsa atau paket data smartfren loh dimana saja! Jangan sampe ketinggalan.

Dengan adanya berbagai kemudahan serta paket UNLIMITED tanpa tapi yang sangat menarik dari smartfren UNLIMITED, kita akan dimudahkan untuk bekerja atau sekolah dari rumah.

Salah satu kekhawatiran yang mungkin timbul pada penggunaan paket UNLIMITED ini adalah adanya pengguna yang memanfaatkan bandwidth secara berlebihan karena mentang-mentang UNLIMITED. Kebetulan pula oknum ini memiliki gadget yang relatif mumpuni.

Keadaan yang seperti ini akan mengganggu keseimbangan paket data dengan pengguna lain, karena itu semua operator pastilah menerapkan kebijakan FUP (Fair Usage Policy) atau dengan kata lain batas penggunaan wajar.

Ketika batas FUP tercapai, maka kecepatan internet yang didapat oleh seorang pengguna akan turun. Kecepatan tersebut akan kembali ke nilai semula pada periode berikutnya.

Pengguna smartfren UNLIMITED cukup diuntungkan karena FUP yang diterapkan memiliki periode harian, jadi jika hari ini FUP telah tercapai, tak perlu menunggu terlalu lama, besok juga sudah balik lagi.

Berbeda jika FUP diterapkan secara bulanan (atau per masa aktif paket). Jika pada hari ke-20 batas FUP telah tercapai, maka pengguna harus menunggu selama 10 hari untuk mendapatkan kembali kecepatan normal.

Dari kelebihan-kelebihan smartfren inilah membuat smartfren lebih unggul dari pada yang lain dan benar-benar memberikan kesan UNLIMITED sesungguhnya. Sehingga kita sebagai para pengguna diberikan kemudahan dalam beraktivitas.

Follow me on social media:

2 Comments

deddyhuang.com · 03/01/2021 at 8:51 am

unlimited the best yak om!

Mikhail · 08/01/2021 at 11:03 am

unlimited memang selalu menarik yah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *