NRG2ISO dan ISODisk

Nero Burning ROM adalah salah satu perangkat lunak favorit dalam hal bakar-membakar CD/DVD. Karena itu tidak heran jika salah satu format CD/DVD image yang terkenal adalah NRG.

Namun hari ini saya sedikit mengalami problem dengan file NRG tersebut. Ada beberapa file video hasil rekaman handycam saya yang tersimpan dalam file NRG. Karena merupakan satu rangkaian, video-video tersebut hendak saya sunting terlebih dahulu sebelum akhirnya disimpan lagi dalam format VCD.

Nah, tentunya sangat tidak bijaksana jika file-file NRG tadi dibakar ke DVD dulu, diimpor ke penyunting video, disunting, trus hasilnya dibakar lagi ke DVD. Tentunya hal seperti itu akan memboroskan keping DVD kosong. Pakai DVD-RW memang bisa sih, tapi yang tidak bisa diakali adalah waktu yang terbuang.

Sebagai alternatif, saya mencari perangkat lunak yang sekiranya bisa digunakan untuk mengekstrak isi file NRG ke harddisk. Jadi tidak perlu di-burn terlebih dahulu.

Hasil pencarian ternyata sedikit mengecewakan karena sekalipun cukup banyak perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menyunting dan mengekstrak file NRG, tidak satupun yang bersifat freeware.

Akhirnya muncul ide untuk melakukan konversi ke file NRG ke ISO dengan pertimbangan ada beberapa perangkat lunak penyunting ISO yang bersifat freeware. Salah satunya adalah ISODisk.

Dan untunglah, ternyata tersedia juga perangkat lunak converter NRG ke ISO yang bersifat free, yaitu NRG2ISO.

NRG2ISO relatif sangat mudah digunakan. Anda tinggal mengklik tombol Browse untuk mencari file NRG dan kemudian klik tombol Convert untuk melakukan konversi ke ISO. File yang semula bernama namafile.nrg akan diubah menjadi namafile.nrg.iso. Ya, sayangnya akhiran .nrg tidak dihilangkan, melainkan langsung ditambah dengan akhiran .iso.

Setelah berubah format menjadi ISO, Anda tinggal menjalankan ISODisk lalu melakukan mount file ISO tadi ke virtual drive, misalnya A:. (Screenshotnya bisa dilihat di www.isodisk.com). Virtual drive A: tadi bisa diakses dengan Windows Explorer. Disarankan untuk menyalin file-file yang ada di virtual drive ke folder yang ada di harddisk sesungguhnya sebelum file-file tadi disunting lebih lanjut.

Sebagai tambahan informasi, file ISO juga dapat diekstrak ke harddisk menggunakan WinRAR.

Follow me on social media:

Similar Posts

9 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.