BCA Gelar Roadshow Finhacks 2018 #DataChallenge di Yogyakarta – Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat belakangan ini, khususnya teknologi digital dan internet, perilaku masyarakat juga turut berubah, khususnya dalam hal menerima dan mengolah informasi.

Perubahan perilaku tersebut nyaris terjadi pada segala bidang kehidupan, termasuk di antaranya dalam hal perbankan.

Sebagai nasabah, kita dimanjakan dengan banyak feature baru seperti adanya mesin ATM, internet banking, mobile banking, dan lain-lain.

Jenis kartu yang bisa digunakan sebagai “dompet” juga makin banyak ragamnya.

Adanya berbagai macam feature baru ini tentu mengubah cara kita menabung dan juga cara kita berbelanja.

Data-data digital yang terkumpul dari adanya berbagai aktivitas perbankan dan belanja tersebut tentu bisa diolah menjadi sesuatu yang berharga, khususnya dari pihak bank.

Bank bisa menciptakan berbagai solusi terkait dengan fitur-fitur perbankan, termasuk barangkali solusi untuk menangkal adanya pihak-pihak yang bermaksud jahat, misalnya phising yang berujung pada pembajakan akun, dan lain-lain.

Terkait dengan hal tersebut, pada tanggal 8 September 2018 yang lalu BCA mengadakan Finhacks dengan konsep “Data Challenge” dengan di dukung oleh DailySocial.id, Algoritma, dan Kaskus dalam penyelenggaraannya.

Baca Juga
Cara Menampilkan Karakter é Saat Mengetik Pokémon

Event Finhacks 2018 #DataChallenge tersebut diadakan dalam bentuk kompetisi dengan peserta para talenta big data di Indonesia, dan harapannya dapat mengembangkan solusi inovatif berdasarkan olah data tersebut.

Kompetisi ini merupakan wujud dukungan BCA terhadap potensi anak bangsa di bidang data science, dan juga kontribusi BCA sebagai bank swasta terbesar se-Indonesia untuk mengembangkan solusi perbankan melalui kolaborasi dengan komunitas data science.

Dalam rangka mempromosikan event Finhacks 2018 #DataChallenge tersebut, BCA menggelar roadshow Finhacks 2018 #DataChallenge di tiga kota besar, yaitu Jakarta (1 September 2018), Yogyakarta (8 September 2018) dan Bandung (15 September 2018).

Pada setiap acara roadshow tersebut, BCA mendatangkan para pakar untuk berbagi informasi dan pengetahuan, serta workshop data science bagi para peserta supaya mereka bisa meningkatkan pemahaman, wawasan, dan kemampuan di bidang data science.

Baca Juga
Ampuh! Multimedia ASUS Vivobook S200

Saya diundang untuk hadir pada roadshow kedua yang diadakan di Hotel Tentrem, Yogyakarta.

Pada roadshow yang diberi judul “Why Effective Data Science Needs Customer-Centric Mindset” ini akan dibahas tentang pengolahan data yang berpusat pada sudut pandang konsumen, yang diharapkan akan membawa pada keberlanjutan bisnis.

Acara dibuka oleh Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono sembari menjelaskan bahwa BCA melihat meningkatnya antusiasme masyarakat, terutama komunitas data science untuk menghadiri dan mengikuti rangkaian kegiatan Finhacks dari tahun ke tahun dan antusiasme tersebut melecut semangat BCA untuk kembali menyelenggarakan event tahunan ini.

Melalui ajang ini, BCA berharap dapat mewadahi potensi bakat anak bangsa di bidang data science dan mendorong talenta-talenta terbaik anak bangsa.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan para narasumber dan diskusi.

Narasumber yang didatangkan untuk membahas hal tersebut adalah Adhitya Bhaswara (Data Scientist BCA), Doan Siscus (Head of Data Analytics Traveloka), dan Marsya Juwita Aderizal (Product Marketing Manager Data and AI Microsoft).

Baca Juga
Dropbox, Simpan File-mu di Awan

Adhitya Bhaswara berbagi tentang Customer Experience dan Machine Learning, yang intinya menjelaskan bahwa mesin juga bisa “belajar” dari data untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi konsumen.

Doan Siscus berbagi tentang bagaimana Traveloka menggunakan Data Science untuk memaksimalkan kenyamanan konsumen dan pada akhirnya memiliki keunggulan dalam persaingan bisnis.

Marsya Juwita Aderizal membeberkan bagaimana data perilaku konsumen dapat diolah untuk kemudian dapat mengerti kebutuhan pengguna tanpa mereka harus merasa bahwa perilaku mereka di internet sedang diintip.

Setelah istirahat makan siang, acara kemudian dilanjutkan dengan kompetisi. Dalam rangkaian Finhacks 2018 #DataChallenge ini, peserta dituntut untuk dapat mengembangkan model matematika (mathematical methods) yang mampu memberikan solusi untuk tiga kategori permasalahan utama yaitu Credit Scoring, Fraud Detection, dan ATM Cash Optimization.

Pada masing-masing kategori akan dipilih lima tim terbaik untuk kemudian berkompetisi kembali di Jakarta. Hadiah total yang diperebutkan bernilai Rp480.000.000.

Follow me on social media:

2 Comments

KAFFAH · 16/09/2018 at 1:31 pm

Kayaknya seru nih acaranya, sayang tidak diadakan dikotaku ….

Putu Julianta · 30/09/2018 at 9:30 am

Thanks info gan…

Comments are closed.