Jika Bumi Bulat Mengapa Kita Merasa Datar?

Jika Bumi Bulat Mengapa Kita Merasa Datar? Pertanyaan itu sering dipertanyakan oleh orang yang masih ragu-ragu kalau bumi bulat. Saya akan coba jelaskan mengapa kita tetap merasa datar walaupun bumi itu bulat. Untuk mempermudah penjelasan, lihat gambar ilustrasi berikut ini.

Jika Bumi Bulat Mengapa Kita Merasa Datar?

Anggap gambar lingkaran tersebut adalah bumi dan bayangkan kita berada di antara titik A dan titik B. Sekarang mari kita hitung jarak antara titik A dan titik B, baik untuk garis lengkungnya (busur) maupun garis lurusnya.

Rumus untuk menghitung busur AB adalah sebagai berikut:

Jika Bumi Bulat Mengapa Kita Merasa Datar?

Sedangkan rumus untuk menghitung garis AB adalah sebagai berikut:

Jika Bumi Bulat Mengapa Kita Merasa Datar?

Huruf d melambangkan diameter bumi, yaitu 12.742 km.

Nah, sekarang, mari kita ganti nilai sudut ∝ dengan angka 1º. Mengapa 1º? Karena daya jelajah manusia tanpa alat bantu apapun itu terbatas, angka 1º saja pasti sudah meliputi bagian bumi yang sangat luas melampaui kemampuan jelajah manusia.

Jika dimasukkan angka 1º, panjang busur AB adalah 111,1949 km dan panjang garis AB adalah 111,1935 km. Coba perhatikan, untuk sudut 1º saja, panjang busur dan panjang garis AB mendekati sama. Dan angka 111 km tentu masih terlalu luas untuk dijangkau oleh manusia tanpa alat bantu apapun.

Baik, sekarang kita turunkan menjadi 0.25º. Jika dimasukkan angka 0.25º, panjang busur AB adalah 27,7987 km dan panjang garis AB adalah 27,7987 km. Nah, dengan pembulatan hingga empat angka di belakang koma, hasilnya sama. Itupun, angka 27 km masih terlalu luas untuk daya pandang manusia tanpa bantuan alat apapun.

Jika panjang busur AB dan garis AB amat sangat mendekati sama, tentu wajarlah bila kita tidak merasa bumi itu bulat, melainkan rasanya ya datar-datar saja.

Begitu. (biyayakan)

Follow me on social media:

Similar Posts

10 Comments

    1. Karena bukaan hatimu sudutnya cuma 0.25°, jadi terasa datar. Coba bukaannya dibuat 60°

Leave a Reply

Your email address will not be published.