Banyak orang yang bertanya apakah pesan tiket pesawat di sini lebih murah? Pada dasarnya ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah daripada harga tiket standar pada umumnya.

Nah, jika kamu ingin tahu bagaimana caranya, maka simaklah penjelasan singkatnya yang saya uraikan di bawah ini: 

Photo by Ethan McArthur on Unsplash

Memilih Waktu Pemesanan Tiket 

Ada beberapa waktu khusus yang dapat memberikan kamu harga tiket pesawat menjadi murah dibandingkan waktu lain.

Waktu khusus tersebut umumnya terjadi pada pukul 11.00 atau 23.00.

Hal ini dimungkinkan karena terkait dengan proses cancel yang dilakukan oleh orang-orang yang telah memesan tiket atau telah memesan tetapi belum membayarnya. Dengan demikian, pesanan para pelanggan yang tidak aktif tersebut akan secara otomatis dibatalkan oleh pihak maskapai.

Nah, pembatalan tersebut dilakukan pada pukul 23.00, sehingga harga kursi yang ditawarkan pun dapat dijual dengan tarif lebih rendah. 

Memanfaatkan Low Season 

High season atau masa liburan tentunya akan menjadikan harga tiket pesawat lebih mahal dari sebelumnya, karena pada saat itu orang akan “berebut” tiket.

Jadi jika memungkinkan, sebaikanya kamu menghindari pembelian tiket pada waktu-waktu tersebut.

Namun, jika kamu tetap ingin menikmati waktu liburan dengan pembelian tiket yang lebih murah, maka pastikanlah untuk membeli tiket jauh hari sebelumnya atau ketika masih masuk pada masa low season. Hal ini tentunya akan membuat tiket ke tujuan yang kamu incar bakal hadir dengan tarif lebih murah. 

Membandingkan Harga Tiket

Cara lainnya yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan harga tiket pesawat murah adalah dengan membandingkan harga tiket yang ditawarkan pada situs yang satu dengan situs lainnya.

Cara ini cukup efektif, hanya memang kamu perlu meluangkan waktu lebih untuk membandingkan harga tiket dari setiap aplikasi pembelian tiket online. 

Pemilihan Tiket Pesawat Dengan Transit 

Tips ini tidak selalu cocok diterapkan, tapi tak ada salahnya dicoba. Untuk mendapatkan harga tiket murah, cobalah memilih perjalanan pesawat yang melakukan transit.

Logikanya, tiket pesawat dengan sistem transit umumnya dijual lebih murah dibandingkan dengan harga tiket pesawat yang terbang sekali jalan.

Mengapa begitu? Karena waktu perjalanan yang harus ditempuh jika pesawatnya transit pasti lebih lama, sehingga wajar jika ditawarkan lebih rendah.

Gunakan Lebih Daripada Satu Jenis Alat Transportasi 

Jika kamu sedang tidak diburu waktu dan murni ingin mencari harga tiket pesawat yang lebih murah, tak ada salahnya menggunakan kombinasi alat transportasi.

Misalnya kamu hendak terbang ke pulau berbeda, ambil contoh saja dari Jawa ke Sulawesi, kamu bisa memilih penerbangan dari Surabaya karena kemungkinan besar harganya akan lebih murah. Sedangkan dari kota asal menuju ke Surabaya, kamu bisa menggunakan alat tranportasi lain seperti bus atau kereta api.

Menggunakan Jasa Agen Wisata

Menggunakan jasa agen perjalanan wisata bisa jadi memberikan keuntungan berupa tiket pesawat yang lebih murah, sekaligus langsung mendapatkan akomodasi ke destinasi yang dituju.

Jika tidak sedang memiliki acara khusus, malahan kamu bisa ikut bergabung ke program acara yang disediakan oleh agen wisata tersebut.

Menjadi Anggota Milis Maskapai Penerbangan 

Untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah, Anda juga dapat melakukannya dengan menjadi anggota milis dari suatu maskapai penerbangan terlebih dahulu.

Dengan menjadi anggota layanan online suatu maskapai, kamu akan sering mendapatkan informasi berupa email dan seringkali informasi tersebut berisi tentang info diskon harga tiket atau promo-promo lainnya.

Pemilihan Hari Pemesanan Tiket Serta Keberangkatan 

Berdasarkan pengalaman banyak orang, ternyata ada “hari baik” dalam melakukan pembelian tiket pesawat.

Misalnya pembelian tiket pada hari Minggu untuk keberangkatan hari Selasa atau Rabu, umumnya memiliki tarif lebih murah dibandingkan hari lainnya.

Photo by Josue Isai Ramos Figueroa on Unsplash

Nah, jika kamu hendak bepergian dengan pesawat, tak ada salahnya mencoba beberapa tips di atas untuk mendapatkan tiket yang lebih murah.

Follow me on social media:
Categories: Seputar Kita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *